Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Maskot Pasarpolis

Tanya Jawab

Tanya Jawab



Halaman ini berisikan pertanyaan yang sering ditanyakan serta jawabannya. Anda dapat mencari pertanyaan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan serta jawabannya.

Kenapa saya harus membeli asuransi?

Karena tinggal di kota memiliki banyak resiko. Tahukah Anda, di Indonesia rata-rata 120 orang meninggal dunia setiap minggu karena kecelakaan jalan raya. 120 orang sama dengan jumlah penumpang pesawat jumbo jet! (Sumber: di sini) Kita pasti takut dan cemas ketika sebuah pesawat mengalami kecelakaan, bayangkan jumlah yang sama tetapi disebabkan oleh kecelakaan jalan raya setiap minggunya!

Selain itu, gaya hidup kita juga semakin beresiko terhadap berbagai macam penyakit. Makanan tinggi kolesterol dan dipenuhi berbagai bahan kimia berbahaya menyebabkan semakin tingginya resiko kita terkena berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, gagal ginjal, diabetes, dan lainnya. Resiko ini tidak hanya menghantui orang-orang tua, tetapi semakin banyak anak muda terkena berbagai resiko penyakit akibat gaya hidup tidak sehat.

Bagaimana asuransi dapat membantu?

Meskipun Anda tak dapat terhindar dari resiko, Anda dapat melindungi dari kerugian finansial yang diakibatkan oleh beragam resiko dengan bantuan dari perusahaan asuransi yang ahli dalam pengelolaan resiko.

Kami di Pasar Polis® sangat berharap bahwa Anda dan keluarga Anda selalu sehat dan dalam keadaan aman tentram, namun kita bersama dapat merancang rencana untuk melindungi Anda dari beragam resiko.

Perusahaan asuransi mengumpulkan uang nasabah sedikit demi sedikit, disebut dengan Premi, dan membayar sejumlah uang bagi nasabah yang terkena resiko (disebut dengan Klaim).Mengapa Anda membeli asuransi? Karena yang Anda beli adalah perlindungan bagi keluarga dari kehilangan finansial yang diakibatkan dari beragam resiko yang dapat menimpa.

Misalnya, Anda memiliki suami/istri, dua anak yang masih di bawah umur, kredit pinjaman rumah dan kredit pinjaman kendaraan. Jika Anda meninggal beberapa tahun ke depan, berapa banyak uang yang dibutuhkan suami/istri Anda untuk membayar hutang, berbagai pengeluaran, termasuk biaya pendidikan anak-anak? Atau, bagaimana jika orang tua Anda tiba-tiba terserang stroke sehingga membutuhkan perawatan intensif di rumah? Bagaimana Anda membayarnya?

Perlindungan Asuransi dapat melindungi Anda, usaha Anda dan orang-orang tercinta Anda dari kerugian finansial yang terkait dengan berbagai resiko yang mungkin datang. Banyak sekali beragam tipe asuransi yang dapat dipertimbangkan, termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan, asuransi kepemilikan rumah/properti, dan lain sebagainya.

Dapatkah saya hanya mengandalkan keberuntungan agar terhindar dari resiko?

Kadang keberuntungan tidak selalu bersama kita, tetapi kita harus selalu dapat mengendalikan hidup kita kini dan masa depan. Kita selalu dihadapkan oleh beragam resiko setiap hari, begitu pula dengan orang-orang yang kita cintai. Mengandalkan keberuntungan untuk melindungi mereka tidaklah cukup.

Setiap resiko hadir dengan beragam kerugian dan kehilangan. Resiko bukan hanya kematian. Kesulitan dan kerugian finansial kerap hadir dalam setiap resiko.

Perusahaan tempat saya bekerja sudah memberikan perlindungan. Cukupkah itu?

Sebagian dari Anda mungkin cukup beruntung mendapatkan manfaat dari asuransi yang diberikan oleh kantor Anda.

Tapi itu hanya terjamin selama Anda bekerja untuk perusahaan tersebut. Asuransi akan lebih murah jika dibeli di usia muda.

Alangkah bijaksananya memiliki rencana asuransi untuk masa depan ketika Anda tak lagi bekerja untuk perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Selain itu, Anda perlu perlindungan tambahan karena sebagian besar perusahaan melindungi resiko-resiko dasar sehingga lebih baik Anda memiliki perlindungan tambahan yang lebih besar dari yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Bukankah keluarga besar bisa membantu saya jika saya membutuhkan uang?

Keluarga inti dan keluarga besar adalah sumber dukungan terpenting ketika kita sedang mengalami masa-masa sulit.

Tetapi kita tahu bahwa biaya sehari-hari mahal dan tentunya kita enggan membebani orang lain, bukan? Lagi pula bukan hal mudah untuk mengutarakan kondisi finansial kita ketika sedang mengalami masa-masa sulit.

Kita harus bisa mengendalikan biaya yang mungkin muncul dari kejadian yang merugikan.

Itulah yang dilakukan asuransi untuk Anda dengan biaya yang terjangkau.

Biarkan keluarga Anda memberikan dukungan moril ketika Anda mengalami kemalangan dan biarkan perusahaan asuransi memberikan perlindungan finansial berupa klaim.

Biaya sehari-hari sangat mahal, bagaimana saya bisa menyisihkan uang untuk membayar premi?

Kita seringkali menunda membeli asuransi, sementara untuk membeli gadget baru tak perlu menunda-nunda.

Padahal, memiliki rencana asuransi untuk melindungi Anda dan keluarga adalah yang terpenting karena kita tak pernah tahu kapan musibah datang.

Bagaimana saya membuat rencana asuransi yang dapat melindungi dari berbagai resiko?

Setiap jenis asuransi menawarkan perlindungan yang berbeda dari resiko yang berbeda, ada juga jenis asuransi yang melindungi semua resiko.

Anda hanya memerlukan perencanaan yang baik.

Di bawah ini adalah contoh perencanaan asuransi untuk perlindungan keluarga Anda:


Perencanaan Asuransi


Dasar, Langkah Pertama: Pendapatan dan Asuransi Ketidakmampuan

Mimpi dan masa depan keluarga Anda tergantung pada pendapatan keluarga. Bayangkan apa yang bisa terjadi jika pendapatan rutin bulanan berhenti karena salah satu dari pencari nafkah meninggal dunia atau mengalami kecelakaan hingga cacat berat yang mengakibatkan ketidakmampuan mencari nafkah. Masa depan keluarga Anda seharusnya tidak turut dikorbankan karena hal ini.

  1. Asuransi Kecelakaan

    Seringkali biaya yang muncul akibat dari resiko kecelakaan bukan hanya dari biaya perawatan di rumah sakit.

    Banyak biaya tak terduga yang muncul seperti 'terpaksa' membiayai ongkos perjalanan anggota keluarga untuk menemani anak-anak selama Anda dirawat, atau biaya merenovasi rumah karena harus disesuaikan dengan kondisi pemulihan Anda pasca kecelakaan.

    Sebagian besar biaya-biaya tersebut tidak ditanggung oleh asuransi.

    Tetapi, Asuransi Kecelakaan bisa membayar biaya secara langsung atau lump sum, sehingga Anda bisa lebih leluasa mengelola uang klaim.

    Premi yang Anda keluarkan biasanya sangat kecil tetapi menanggung cukup besar.

    Anda membayar premi untuk menanggung resiko dan biaya yang sudah dibayarkan tak dapat kembali jika kecelakaan tidak terjadi.

    Sehingga Anda benar-benar ‘membeli’ tanggungan untuk resiko kecelakaan.

    Kecelakaan juga dapat mengakibatkan cacat total dan tetap yang menyebabkan hilangnya pekerjaan.

    Asuransi Kecelakaan biasanya memiliki manfaat berupa memberikan tanggungan yang besar ketika kecelakaan terjadi.

  2. Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis

    Biaya perawatan untuk penyakit kritis seperti jantung, stroke dan kanker sangatlah besar.

    Terlebih, Anda pasti menginginkan perawatan yang terbaik, dengan dokter ahli terbaik, rumah sakit terbaik, bahkan jika perlu, mendapatkan perawatan dari rumah sakit di luar negeri.

    Asuransi Kesehatan untuk Penyakit Kritis secara spesifik untuk melindungi Anda dan keluarga dari resiko yang mungkin muncul ketika terkena penyakit kritis.

Langkah Kedua

  1. Asuransi Kedaraan

    Kendaraan merupakan bagian penting dalam hidup Anda dan kendaraan pun bisa terkena berbagai resiko.

    Biaya perbaikan akibat resiko kecelakaan bisa sangat mahal sehingga penting memiliki perlindungan bagi kendaraan Anda.

    Ada dua tipe asuransi kendaraan yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan:

    • Perlindungan Menyeluruh:

      melindungi dari segala resiko yang diakibatkan oleh kecelakaan, kehilangan, pencurian dan sebagian kebijakan juga menyertakan perlindungan bagi pengendara dan penumpang dari kecelakaan lalu lintas dan biaya rumah sakit yang mungkin muncul karenanya.

      Banyak sekali manfaat yang diberikan dari asuransi kendaraan.

      Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut.

    • Perlindungan Total:

      melindungi kendaraan Anda dari kehilangan total akibat kebakaran, pencurian dan kerusakaan berat.

  2. Pure Term Plan

    Term Plan adalah asuransi dengan premi rendah yang memberikan Anda perlindungan hidup lebih besar.

    Sebagai contoh, jika Anda berusia 30 tahun dan Anda memilih perlindungan berjangka senilai Rp 100.000.000, maka premi tahunan yang Anda keluarkan hanya sebesar Rp xxxxx.

    Premi yang Anda bayarkan tak akan kembali jika tak ada klaim.

    Seringkali orang bertanya pada kami, kenapa memilih asuransi yang tidak mengembalikan uang premi jika tidak ada klaim? Cara terbaik untuk melihat ini adalah bahwa Anda membeli perlindungan resiko.

    Premi yang Anda bayarkan melindungi resiko yang muncul ketika Anda meninggal dunia.

    Anda membayar sedikit untuk perlindungan yang besar.

    Ini seharusnya menjadi dasar dan menjadi langkah awal dalam merencanakan asuransi.

    Jangka waktu jenis asuransi ini harus mencakupi waktu kerja Anda.

    Jadi, jika Anda berusia 30 tahun dan berencana bekerja hingga usia 60 tahun, maka jangka waktu asuransi Anda harus untuk 30 tahun dan Anda harus membayar premi setiap tahunnya.

    Semakin muda usia Anda ketika memutuskan untuk membeli asuransi, semakin murah premi yang harus Anda bayar.


    Setidaknya Anda mengambil asuransi berjangka yang dapat melindungi dua hal berikut:

    • Seluruh pinjaman yang Anda terima. Misalnya, Anda telah menerima pinjaman rumah sebesar Rp 50 Juta. Maka asuransi berjangka Anda harus bisa melindunginya.

    • Perlindungan pendapatan hingga sebesar paling tidak 8 kali pendapatan pertahun Anda. Misalnya pendapatan pertahun Anda sebesar Rp 100 Juta, maka asuransi berjangka Anda harus senilai Rp 800 Juta. Premi perkiraan tergantung pada perusahaan asuransi.

  3. Term Plans with Returns of Premiums (TROP)

    Term Plans with Returns of Premiums mengembalikan seluruh premium Anda jika Anda tidak mengajukan klaim dalam kurun periode asuransi.

  4. Asuransi Kesehatan

    Kesehatan Anda dan keluarga adalah aset terpenting yang Anda miliki.

    Sebaiknya tidak periu berkompromi jika menyangkut urusan kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

    Jika Anda atau salah satu anggota keluarga tiba-tiba jatuh sakit, Anda pasti menginginkan perawatan medis yang terbaik – dari dokter ahli terbaik hingga rumah sakit terbaik.

    Pada masa sulit seperti itu, biaya rumah sakit dan obat-obatan seharusnya tidak menjadi hal yang Anda khawatirkan.

    Ada banyak sekali Perlindungan Kesehatan yang tersedia di www.pasarpolis.com.

    Bandingkan masing-masing asuransi kesehatan yang tersedia dan pilih yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga.

  5. Asuransi Rumah

    Rumah Anda adalah bukti nyata kerja keras Anda selama ini.

    Dengan premi yang rendah, Anda dapat melindungi rumah Anda dari beragam resiko seperti banjir, kebakaran, gempa bumi , hingga perampokan.

    Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh beragam perusahaan asuransi untuk perlindungan bagi rumah.

    Bandingkan lalu pilih yang paling sesuai dengan Anda di www.pasarpolis.com.

Bagaimana saya mengajukan klaim jika terjadi sesuatu pada saya?

Perusahaan asuransi berdasarkan hukum yang berlaku bertanggung jawab membayar sebagaimana yang telah disetujui oleh kedua belah pihak di dalam polis.

Keberhasilan dan kesuksesan sebuah perusahaan asuransi tergantung pada seberapa cepat mereka merespon klaim nasabah.

Sebagian besar perusahaan asuransi memiliki pelayanan pelanggan yang dapat memandu Anda dalam mengajukan klaim.

Secara umum, inilah yang harus Anda lakukan jika ingin mengajukan klaim:

  1. Pahami seluruh manfaat yang terdapat dalam polis sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

    Ajukanlah pertanyaan relevan sebanyak mungkin.

    Bagian help desk di www.pasarpolis.com akan membantu Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

  2. Simpan polis di tempat yang aman dan mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga.

    Buatlah catatan atas nomor-nomor polis Anda serta nomor telpon perusahaan asuransi Anda dan simpan di tempat yang mudah dijangkau seperti di pintu kulkas.

  3. Segera hubungi helpline perusahaan asuransi Anda dan ajukan klaim.

    Sebagian besar perusahaan asuransi memiliki helpline yang dapat dihubungi 24 jam.

  4. Tanyakan kepada helpline dokumen apa saja yang diperlukan.

    Siapkan salinan asli.

    Pastikan Anda telah memiliki salinan dokumen sebelum menyerahkannya kepada perusahaan asuransi.

  5. Pastikan Anda memiliki nomor komplain atau nomor klaim dari perusahaan asuransi.

    Anda akan yakin bahwa Anda bisa mengecek pembayaran.




Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda