Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Yuk, Kenali dan Pahami Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan! | Pasarpolis Blog

Yuk, Kenali dan Pahami Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan!

 by pasarpolis |  2015-12-14 03:28:16

Untuk lebih mengenali perbedaannya, simak informasi berikut:

Pengertian asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang menjamin biaya kesehatan, perawatan, serta tindakan medis lainnya yang dialami oleh pemilik premi asuransi. Ada banyak kondisi yang bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan, misalnya saja kecelakaan, bencana alam, maupun penyakit mematikan.

Di Indonesia, produk asuransi kesehatan dibagi menjadi 2, yaitu milik swasta dan miliki pemerintah. Asuransi kesehatan swasta disediakan oleh perusahaan-perusahaan asuransi, sementara asuransi kesehatan pemerintah diberikan melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). 

Masyarakat bebas memilih ingin menggunakan produk asuransi yang mana, disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi finansial. Kabar baiknya, asuransi kesehatan swasta dan BPJS bisa digunakan bersamaan dan saling melengkapi.

Pengertian asuransi kesehatan karyawan

Nah, lalu apa itu asuransi kesehatan karyawan? Sama halnya seperti asuransi kesehatan, asuransi kesehatan karyawan berfungsi untuk melindungi dan menjamin biaya kesehatan, perawatan, serta tindakan medis lainnya yang dialami oleh karyawan di suatu perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kerja kepada para karyawan dalam suatu perusahaan. Selain itu, asuransi kesehatan karyawan juga bisa membantu oerusahaan untuk memastikan kesehatan karyawan yang berujung pada maksimalnya kinerja suatu perusahaan.

Ada beberapa metode dalam pengelolaan asuransi kesehatan karyawan, salah satunya dengan menyerahkan kepada perusahaan ausransi. Hal ini merupakan pilihan terbaik karena suatu perusahaan bisa lebih fokus menjalani usaha tanpa perlu direpotkan dengan urusan kesejahteraan karyawan.

Manfaat menyerahkan asuransi kesehatan karyawan kepada perusahaan asuransi

Ada beberapa hal positif yang bisa dirasakan suatu lembaga jika menyerahkan urusan asuransi kesehatan karyawan kepada perusahaan asuransi, antara lain:

  • Tidak ada risiko finansial yang akan merugikan lembaga atau perusahaan
  • Terbebas dari anggaran tiba-tiba karena harus membayar biayan pengobatan dan perawatan karyawan yang sakit mendadak.
  • Terganggunya kinerja perusahaan karena kesulitan menemukan solusi untuk mengobati karyawan yang ada dalam kondisi sakit atau terluka.
  • Lembaga atau perusahaan tidak perlu mengurusi klaim yang diajukan oleh karyawannya karena sepenuhnya sudah diurus oleh perusahaan asuransi.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih perusahaan asuransi kesehatan karyawan

Sama halnya seperti memilih perusahaan asuransi biasa, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti berikut ini:

  • Lingkup jaminan asuransi

Pilih perusahaan asuransi yang menyediakan jaminan asuransi luas untuk karyawan, meliputi rawat inap, rawat jalan, biaya persalinan, biaya perawatan gigi serta perawatan mata, dan lain-lain. Dengan memilih jaminan asuransi yang menyeluruh, maka karyawan akan lebih nyaman dan perusahaan pun bisa memberikan perlindungan yang lebih sempurna.

  • Plafon dan benefit jelas

Sebelum memilih produk asuransi kesehatan karyawan, pastikan perusahaan mengerti dengan baik plafon dan benefit yang akan didapatkan di kemudian hari. Jika tak memiliki dasar untuk menentukan dan memilih hal ini, mintalah bantuan pada konsultan asuransi. Sesuaikan produk asuransi yang akan dipilih dengan kebutuhan perusahaan.

  • Memberikan perlindungan dari berbagi penyakit/ cedera

Jangan sampai mengutamakan biaya premi murah namun mengorbankan luasnya perlindunga kepada para karyawan. Pilih penyedia asuransi kesehatan yang mampu memberikan klaim terhadap berbagai penyakit dan cedera.

  • Perhatikan luasnya jaringan rumah sakit

Salah satu hal utama dalam memilih produk asuransi kesehatan karyawan adalah memperhatikan kemudahan akses berobat. Tentu tak ada gunanya kan, mengikutsertakan karyawan dalam asuransi jika ternyata tak bisa mendapatka perawatan cepat ketika membutuhkan? Maka dari itu, pastikan perusahaan asuransi bekerja sama dengan banyak rumah sakit di seluruh Indonesia.

(Baca juga : Pengertian Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya )

  • Profesionalitas perusahaan asuransi

Coba perhatikan, apakah perusahaan asuransi yang Anda pilih sudah mengedepankan sistem kerja berbasis teknologi informasi terbaru? Hal ini sangat berguna saat karyawan mengajukan suatu klaim pada perusahaan asuransi. Semakin profesional perusahaan asuransi tersebut, maka makin cepat pula karyawan bisa mencairkan klaimnya.

  • Kecepatan pembayaran klaim

Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan bisa mencairkan klaim dengan cepat, maksimal 7 hari kerja untuk rawat jalan dan 14 hari kerja untuk rawat inap.

  • Ada fasilitas system payroll untuk membayar klaim

Perusahaan asuransi yang baik tidak akan merepotkan kliennya dalam urusan membayar klaim. Tentu akan lebih praktis jika kliam dicairkan dan dibayarkan melalui system payroll langsung kepada karyawan yang bersangkutan.

  • Adanya laporan periodik

Perusaahaan tentu membutuhkan laporan berkala mengenai klaim apa saja yang sudah dicairkan oleh para karyawannya. Dalam hal ini, perusahaan berhak meminta laporan lengkap dan mendetail kepada penyedia layanan asuransi kesehatan karyawan. Melalui laporan ini, perusahaan bisa tetap memantau aktivitas antara karyawan dengan penyedia asuransi.

  • Jaminan layanan 24 jam

Anda tak pernah tahu kapan para karyawan akan membutuhkan bantuan dari penyedia asuransi kesehatan. Maka dari itu, yang terbaik adalah memilih penyedia asuransi kesehatan karyawan yang mampu melayani selama 24 jam penuh, minimal melalui fasilitas telepon.

Cakupan asuransi kesehatan karyawan

Ada beberapa jaminan yang masuk ke dalam cakupan asuransi kesehatan karyawan, antara lain:

  • Jaminan rawat inap

Memberikan perlindungan penuh terhadap biaya rawat inap sesuai dengan kondisi yang sudah ditetapkan dalam perjanjian polis asuransi. Penyedia asuransi akan mengganti sebagian atau seluruh biaya rawat inap sesuai dengan yang telah disepakati.

  • Jaminan rawat jalan

Memberikan perlindungan penuh terhadap biaya rawat jalan, termasuk pengobatannya sesuai dengan yang telah disepakati. Besarnya biaya klaim tergantung pada kondisi kesehatan karyawan dan juga besarnya premi yang disepakati.

  • Jaminan biaya persalinan

Memberikan perlindungan penuh terhadap biaya bersalin yang meliputi biaya operasi, rawat inap atau rawat jalan, serta biaya perawatan pasca melahirkan.

  • Jaminan pengobatan gigi

Memberikan perlindungan penuh terhadap biaya perawatan gigi melalui berbagai prosedur medis, seperti cabut, tambal, hingga tindakan bedah.

  • Jaminan pengobatan mata

Memberikan perlindungan penuh terhadap biaya perawatan mata termasuk juga biaya untuk mendapatkan kaca mata.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kesehatan karyawan dengan jaminan menyeluruh. Salah satu cara untuk mendapatkan penyedia asuransi terbaik adalah dengan membandingkan layanan dan produknya dengan cermat. Sesuaikan pula dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan Anda.

Semakin banyak jaminan yang diberikan, maka akan semakin baik pula layanan yang diterima oleh para karyawan. Dan hal ini tentu saja akan meningkatkan kinerja serta rasa aman dari karyawan, karena merasa kesehatannya telah dilindungi oleh perusahaan. Di sisi lain, hal ini akan meningkatkan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda