Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Asuransi Kesehatan Perorangan | Pasarpolis Blog

Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Asuransi Kesehatan Perorangan

 by pasarpolis |  2015-12-14 03:12:27

Ada begitu banyak produk asuransi kesehatan peorangan yang ditawarkan. Namun sebelum memilihnya, pastikan jika penyedia asuransi kesehatan tersebut memberikan manfaat menyeluruh.

Manfaat yang bisa diperoleh dari asuransi kesehatan perorangan

  • Pertanggungan biaya menyeluruh

Mulai dari jasa dokter, obat-obatan, biaya rawat inap, hingga biaya tindakan bedah, seharusnya ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi kesehatan.

  • Pertanggungan untuk rawat inap

Pemegang polis asuransi kesehatan akan menerima biaya pertanggungan untuk pembayawan rawat inap, termasuk juga di dalamnya biaya cek laboratorium dan biaya emergency service.

  • Pertanggungan untuk rawat jalan

Anda seharusnya mendapatkan biaya pertanggungan untuk membayar jasa konsultasi dokter, pembelian obat dengan resep, serta pembelian alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya, ada batasan maksimal dalam biaya pertanggungan untuk rawat jalan yang telah ditetapkan oleh penyedia asuransi kesehatan.

#1. Jenis asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan sendiri terdiri dari banyak ragam, seperti berikut ini:

  • Asuransi kesehatan pemerintah

Jenis asuransi kesehatan perorangan ini dibiayai oleh pemerintah. Keunggulannya, biaya premi yang relatif terjangkau dan mampu dibayar oleh masyarakat menengah ke bawah.

  • Asuransi kesehatan swasta

Asuransi ini disediakan oleh perusahaan swasta yang memberikan lebih banyak pilihan produk asuransi. Umumnya, pelayanan yang diberikan lebih cepat dibandingkan dengan asuransi kesehatan pemerintah. Namun, tentu saja biaya preminyan juga lebih mahal.

  • Asuransi dengan penanggungan secara keseluruhan

Jenis asuransi kesehatan satu ini membebankan seluruh biaya perawatan kepada perusahaan penyedia asuransi. Sehingga Anda tak lagi dipusingkan dengan tambahan biaya pada saat menjalani rawat inap maupun tindakan bedah. Namun, premi yang harus dibayarkan setiap bulannya juga lebih tinggi mengingat cakupan pertanggungannya yang cukup luas.

  • Asuransi dengan penanggungan sebagian

Asuransi kesehatan ini hanya akan mengganti biaya perawatan yang besar saja, misalnya biaya operasi atau rawat inap. Sementara biaya yang terhitung rendah seperti pembelian obat maupun biaya ambulans, ditanggung oleh pemegang polis asuransi.

#2. Kiat memilih asuransi kesehatan perorangan yang terpercaya

Pastikan perusahaan asuransi ada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Jangan tergiur dengan biaya premi rendah dan manfaat yang tinggi. Yang terpenting, patikan perusahaan asuransi pilihan Anda terjamin legalitasnya, ada dalam pengawasan lembaga yang berwenang, serta memiliki sertifikat dari OJK.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Tak sedikit orang yang buta asuransi dan menyerahkan segala urusan kepada agen asuransi. Hal ini memang lebih praktis di awal, namun akan memberatkan Anda di kemudian hari. Jangan samapi nantinya Anda harus membayar premi yang sangat tinggi lantaran memilih layanan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Solusinya, selalu cermati layanan apa saja yang sekiranya Anda butuhkan dan sesuai dengan kondisi finansial.

  • Cari yang menyediakan layanan cashless

Saat mengalami kecelakaan dan harus menjalani sejumlah tindakan medis, Anda tentu tak ingin direpotkan dengan masalah pembayaran, bukan? Maka dari itu, pilih perusahaan asuransi yang menyediakan layanan cashless pada saat mengajukan klaim. Jadi, semua biaya akan langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi dan Anda tak perlu mengeluarkan uang pribadi lalu mengurus reimbursement.

  • Hindari produk dengan limit perawatan

Berhati-hatilah dengan limit atau plafond biaya perawatan asuransi. Jangan sampai Anda kesulitan berobat karena terbatasi oleh biaya maksimum perawatan kesehatan. Sebaiknya, pilih limit gabungan yang akan memudahkan Anda untuk memilih jenis perawatan yang dibutuhkan tanpa harus terbebani masalah batas biaya.

  • Cermati keuntungan yang akan diterima

Perusahaan penyedia asuransi kesehatan akan berlomba-lomba menawarkan benefit menggiurkan untuk para pelanggannya. Maka dari itu, Anda harus cermat dan membandingkan setiap manfaat yang akan diterima dari perusahaan penyedia asuransi. Semakin banyak manfaat yang ditawarkan, maka akan mempermudah Anda untuk mengajukan klaim di kemudian hari. Tapi tentu saja tetap perhatikan pula besarnya premi yang harus dibayarkan.

(Baca juga : Tapak Pasti Asuransi Kesehatan di Indonesia )

  • Mencermati pertanggungan rawat inap

Pastikan Anda memahami dengan baik pertanggungan apa saja yang akan diperoleh pada saat menjalani rawat inap. Akan lebih baik jika semua biaya yang dikeluarkan pada saat menjalani rawat inap bisa diklaim kepada perusahaan penyedia jasa asuransi. Tak ada salahnya menanyakan hal ini secara detail sebelum menyetujui untuk membeli produk asuransi. Sebab, rawat inap biasanya memakan biaya paling tinggi di antara jenis perawatan kesehatan lainnya.

  • Pilih penyedia asuransi yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit

Akan jauh lebih mudah dan menyenangkan jika Anda memiliki pilihan rumah sakit yang luas. Maka dari itu, carilah perusahaan penyedia asuransi kesehatan perorangan yang bekerja sama dengan banyak rumah sakit ternama di seluruh Indonesia.

  • Pilih asuransi kesehatan murni

Asuransi kesehatan murni bukanlah bagian dari asuransi jiwa. Penting bagi Anda untuk memilih asuransi kesehatan murni agar tak perlu membayar biaya tambahan yang lebih besar di kemudian hari.

#3. Dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus asuransi kesehatan perorangan

Agar proses pengajuan asuransi kesehatan perorangan lebih mudah diterima, lengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti berikut ini:

  • Formulir pengajuan asuransi yang telah diisi
  • Fotocopy/Scan KTP
  • Akte Kelahiran
  • Kartu Keluarga
  • Pembayaran premi pertama

#4. Pahami hal ini pada saat pembelian asuransi kesehatan

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum membeli asuransi kesehatan perorangan, antara lain:

  • Asuransi bukanlah investasi

Jangan berharap Anda akan mendapatkan kembali uang yang telah dibayarkan selama ini. Sebab, asuransi tidaklah sama dengan investasi. Uang premi setiap bulannya akan hilang jika Anda tak mengalami kondisi apapun yang memungkinkan untuk mengajukan klaim kepada perusahaan penyedia jasa asuransi kesehatan.

  • Jangan malu bertanya

Tak perlu malu dan ragu untuk menanyakan hal sekecil apapun pada saat pembelian produk asuransi kesehatan perorangan. Anda berhak untuk mengetahui segala sesuatu mengenai polis asuransi yang akan dibeli agar tak terjadi kerugian di kemudian hari. Perusahaan asuransi yang baik tentu akan dengan senang hati menjelaskan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui mengenai produk asuransi yang mereka tawarkan.

  • Cari second opinion

Selain dengan bertanya kepada agen asuransi, Anda juga perlu meminta pendapat dari orang lain yang lebih paham mengenai asuransi. Akan jauh lebih baik jika orang ini memiliki hubungan personal dengan Anda, misalnya saja keluarga yang membeli produk asuransi di suatu perusahaan. Mereka tentu akan memberikan penilaian yang jujur dan apa adanya sehingga bisa dijadikan pegangan dalam memilih perusahaan asuransi terbaik.

Kalau sudah memahami seluk-beluk asuransi kesehatan perorangan dengan baik, tentu akan lebih mudah bagi Anda mencari produk dan perusahaan asuransi yang tepat. Jangan lupa, selalu bandingkan besarnya premi dan benefit yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan penyedia jasa asuransi supaya Anda tak menyesal di kemudian hari.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda