Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Women on Wheels: Komunitas Bikers Indonesia Khusus Wanita | Pasarpolis Blog

Women on Wheels: Komunitas Bikers Indonesia Khusus Wanita

 by pasarpolis |  2016-06-30 07:19:22

Senang berpetualang mengendarai sepeda motor? Mengapa tidak bergabung dengan Women on Wheels, komunitas bikers “cantik” di Indonesia?

Selena (31) menikmati belaian angin pada wajah dan rambutnya saat mengendarai sepeda motornya. Deru lembut mesin Kawasaki ER-6N kesayangannya terasa bagai musik yang memanjakan telinga di sepanjang perjalanan. Pagi ini, beberapa meter di depan dan belakang sepeda motor miliknya, tampak teman-teman wanita sesama penyuka kendaraan roda dua yang tergabung dalam komunitas bikers Indonesia. Bersepuluh, mereka sedang melakukan konvoi  dalam rangka memperingati hari Kartini.

            Meski selama ini identik dengan kegiatan maskulin, kegemaran mengendarai sepeda motor bukan lagi “permainan” yang didominasi kaum adam. Di seluruh dunia—termasuk Indonesia, sudah banyak wanita yang menekuni hobi tersebut. Bukan sekadar membonceng, mereka duduk di belakang kemudi dan tak sedikit pula yang terampil mengutak-atik mesin kendaraan roda dua ini. Makanya, tak perlu heran bila suatu saat Anda berpapasan dengan motor besar (moge) yang dikendarai seorang pengemudi cantik.

WOW Chapter Indonesia

Salah satu komunitas yang mewadahi pengendara sepeda motor wanita adalah Women on Wheels (WOW). Sejak didirikan pada tahun 1982 di California, Amerika, organisasi tersebut kini telah memiliki 69 “chapters” alias cabang di seluruh dunia. Pada tahun 2013, Women on Wheels chapter Indonesia—yang merupakan cabang keempat WOW di kawasan Asia Tenggara, resmi berdiri. Sebelum berganti nama menjadi WOW, komunitas bikers Indonesiaini sudah ada sejak tahun 2012 dengan nama Ladies Bikers Indonesia.

            Siapa saja yang bisa menjadi anggota WOW? Pengendara sepeda motor wanita, tentunya! Spesifikasi kendaraan milik anggota yang ditetapkan saat ini adalah sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas. Selain itu tidak ada lagi persyaratan khusus dari segi usia, profesi, maupun latar belakang sosial. Ada bikers anggota WOW yang sehari-harinya berprofesi sebagai dokter, penyanyi, ibu rumah tangga, dan profesional muda. Ada yang mulai bergabung sejak usia belasan tahun, namun tak sedikit pula yang sudah mendekati usia paruh baya.

Dari Touring Sampai Safety Riding Bersama Polwan

Sebagai komunitas bikers Indonesiayang didirikan berdasarkan kesamaan minat, WOW bergerak atas dasar semangat kekeluargaan. Kegiatan touring yang sudah beberapa kali dilakukan membuat semangat “sisterhood” di antara para anggota kian erat dari waktu ke waktu. Berseberangan dengan image tentang konvoi kendaraan roda dua yang pengemudinya rata-rata berpenampilan sangar dan urakan, konvoi WOW terdiri atas kendaraan roda dua berbagai jenis yang berada di bawah kendali pengemudi  berpenampilan chic dan apik.

            Tidak semata-mata memanjakan hobi mengendarai sepeda motor,para anggota WOW juga aktif melakukan kegiatan yang memberikan kontribusi positif kepada lingkungan, seperti bakti sosial di sejumlah lokasi, buka puasa bersama anak yatim, dan juga acara safety riding bersama korps polisi wanita. Selain menjalin silaturahmi dengan sesama bikers wanita se-Indonesia, mensosialisasikan panduan aman berkendara memang menjadi salah satu poin yang giat dilakukan oleh para anggota komunitas ini.

            Bukan hanya di kalangan WOW, isu mengenai keamanan dan keselamatan dalam berkendara—khususnya kendaraan roda dua, memang patut disoroti oleh setiap pengguna jalan raya. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memastikan kondisi fisik dan mental yang prima di kala berkendara, serta membekali diri dengan polis asuransi jiwa dan kendaraan, adalah beberapa hal yang perlu dipenuhi untuk memastikan keselamatan Anda selama berkendara. Tertarik bergabung?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda