Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Waspada, Kenali Gejala Penyakit Jantung Sekarang Juga | Pasarpolis Blog

Waspada, Kenali Gejala Penyakit Jantung Sekarang Juga

 by pasarpolis |  2016-07-26 03:42:55

Menurut Wikipedia jantung merupakan sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah melewati pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang. Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme. Oleh karena fungsi jantung yang sangat vital bagi tubuh maka kita harus menjaga jantung kita agar selalu sehat, tapi taukah Anda jantung kita bisa terserang penyakit yang sangat berbahaya, yaitu sakit jantung, pada kesempatan kali ini Pasarpolis akan memberikan informasi tentang penyebab, gejala penyakit jantung, dan cara mengobatinya.                   

                       

Penyebab Penyakit Jantung

Penting untuk kita mengetahui penyebab penyakit yang satu ini, agar kita bisa mengantisipasi resiko sejak dini, yuk kita simak penyebab penyakit jantung berikut ini :

Tidak Mengontrol Berat Badan

Salah satu faktor penyebab sakit jantung adalah obesitas atau kegemukan. Obesitas tak hanya memicu penyakit jantung, kelebihan berat badan juga dapat mengundang beberapa penyakit mematikan lainnya. Untuk itu disarankan untuk Anda untuk mengontrol berat badan ideal agar penyakit yang berbahaya menjauh dari Anda.

Kurangnya Konsumsi Sayur dan Buah

Konsumsi sayur dan buah ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. konsumsi buah dan sayur setiap hari dengan porsi yang pas dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 80 persen. Karena alasan itu, penyakit jantung dan stroke biasanya menyerang mereka yang jarang mengonsumsi buah tidak hanya dua penyakit mematikan tersebut yang menyerang, penyakit berbahaya lainnya juga dapat menyerang kita jika jarang mengonsumsi buah.

Tidak Menjaga Kesehatan Gigi

Percaya atau tidak ternyata penyakit jantung dan penyakit gigi memiliki hubungan yang sangat erat mengapa? Karena kesehatan gigi dan gusi yang buruk akan menimbulkan bakteri yang dapat masuk kedalam tubuh, dan bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Untuk itu, biasakan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar kesehatan jantung terjaga.

Suka makanan asin

Tidak dapat dipungkiri makanan asin atau makanan dengan kadar garam tinggi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal. Untuk itu, segera tingalkan kebiasaan buruk ini konsumsi garam secukupnya jangan terlalu berlebih.

Rokok dan alkohol

Sudah jelas tertera pada setiap bungkus rokok yang memberikan informasi tentang rokok dapat menyebabkan jantung, dan penyakit mematikan lainnya. Mereka yang kecanduan rokok dan alkohol sering mengabaikan bahaya yang ditimbulkan oleh zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Padahal, zat-zat dalam keduanya dapat merusak kesehatan jantung.

Selain penyebab diatas taukah Anda bahwa ada kebiasaan yang sangat sepele dan sering kita lakukan dirumah yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung, ingin tahu? Mari simak infromasi berikut :

Olahraga Berlebihan

Olahraga memang baik bagi tubuh, tapi jika dilakukan secara berlebihan juga sangat tidak baik untuk tubuh khususnya organ jantung kenapa? Karena ketika kita berolahraga jantung akan dipakasa untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya, jika kita melakukan olahraga dengan komposisi yang sesuai akan sangat baik bagi jantung, tapi jika terlalu berlebihan juga akan dapat merusak jantung.

Mendengkur

Mendengkur tidak hanya mengganggu orang yang tidur di samping Anda, mendengkur juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan akhirnya jadi pemicu penyakit jantung. Mendengkur yang keras juga merupakan pertanda bahwa tubuh Anda memiliki sleep apnea, yakni kesulitan bernafas saat tidur.

Terlalu Lama Menonton Televisi

Berdasarkan penelitian yang diunggah di Journal of Amerika tahun 2011, menonton televisi terlalu lama sangat bisa sangat berbahaya bagi kondisi jantung. Karena duduk yang terlalu lama dan sering diselingi ngemil yang tidak sehat. Oleh sebab itu, menonton tv sebaiknya dilakukan kurang dari 4 jam per harinya.

 

Gejala Penyakit Jantung

Penting untuk kita untuk mengetahui gejala penyakit jantung, agar kita dapat lebih waspada dan dapat mengurangi resiko terserang penyakit berbahaya ini. Berikut Pasarpolis berikan informasi tentang gejala penyakit jantung :

Terasa Nyeri Pada Dada

Bagi orang yang sering merasakan nyeri pada dada dan terkadang terasa panas di dada, maka waspadalah bisa jadi Anda terkena penyakit jantung, tapi untuk memastikan hal tersebut Anda disarankan untuk melakukan cek kesehatan secara rutin, agar kesehatan Anda terkontrol.

Sering Pusing

Pusing ketika tersengat sinar matahari bisa jadi sebuah indikasi bahwa Anda terkena penyakit jantung, tapi tidak perlu khawatir tanda ini bukan tanda mutlak dari penyakit jantung, pusing bisa juga diakibatkan karena lelah dan kurang tidur.

Merasa Mudah Lelah

Mudah lelah terjadi akibat sirkulasi darah yang kurang lancar, jika Anda merasa mudah lelah ada kemungkinan Anda mengalami penyakit jantung, karena sirkulasi darah yang kurang lancar bisa disebabkan oleh kurang optimalnya kinerja organ jantung.

Sesak Napas

Ini merupakan salah satu tanda yang lumayan dapat menunjukan bahwa seseorang terkena penyakit jantung, karena detak jantung yang tidak beraturan dapat menyebabkan sesak napas, tapi gejala ini tidak 100% akurat karena sesak napas juga bisa diakibatkan oleh penyakit lainnya.

Pembengkakan

Ciri yang sangat menunjukan bahwa seorang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

 

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Jika penyakit berbahay ini sudah terlanjur menghuni tubuh kita, jangan putus asa ada cara mengobati penyakit ini, Pasarpolis akan memberikan infromasinya untuk Anda simak informasi berikut :

Menggunakan Obat

Salah satu cara mengobati penyakit jantung tidak dapat dipungkiri dengan menggunakan obat yang diberikan oleh dokter yang ahli dalam bidang jantung.

Penanaman Stent

Menamankan alat yang disebut stent dapat membantu kinerja jantung yang sudah melemah, ini bisa menjadi solusi ketika kita masih menjalani proses pengobatan.

Penggunaan Obat Jangka Panjang

Penggunaan obat jangka panjang merupakan salah satu solusi untuk meringankan kinerja jantung dengan cara menggunakan obat-obatan, biasanya obat harus terus dikonsumsi dan tidak boleh berhenti hingga kondisi jantung membaik.

Operasi By Pass Jantung (Cangkok Jantung)

Ini merupakan solusi yang paling mahal diantara yang lainnya, tapi jika operasi by pass berhasil maka kemungkinan besar jantung akan berfungsi normal kembali, karena jantung yang fungsinya sudah melemah digantikan dengan jantung baru yang sehat.

Baca Juga Artikel Lainnya : Gejala Sepele Penyakit Diabetes yang Sering Terabaikan

Selain solusi medis diatas ada juga cara yang alami seperti melakukan olahraga secara teratur, dan mengontrol pola makan, biasanya penderita jantung disarankan mengonsumsi makanan rebusan dan mengurangi konsumsi garam, atau Anda juga bisa mencoba obat herbal yang sudah terbukti khasiatnya.

 

Taukah Anda Ada Banyak Mitos yang Beredar Tentang Penyakit Jantung?

Agar kita tidak salah memahami tentang penyakit ini, maka Pasarpolis akan memberikan informasi tentang mitos seputar penyakit Jantung yang harus Anda ketahui, mari simak informasi berikut :

Mitos yang Pertama Serangan Jantung Meupakan Penyakit Menurun

Benarkah mitos ini? Jawabannya tidak sesungguhnya penyakit ini tidak menular, tapi jika keluarga Anda mempunyai riwayat menderita penyakit ini, maka kemungkinan Anda memiliki jantung yang lebih lemah dari orang pada umummnya maka dari itu sebaiknya Anda waspada dan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah terkena serangan jantung.

Mitos yang Kedua Kita Bisa Mendeteksi Serangan Jantung

Faktanya adalah penyakit jantung sangat sulit untuk dideteksi untuk saat ini, kita hanya bisa mewaspadai gejala-gejalanya saja, sulit untuk memprediksi serangan jantung itulah mengapa serangan jantung disebut silent killer, dan datangnya sangat mendadak.

Mitos yang Ketiga Serangan Jantung Hanya Menyerang Orang Tua

SALAH BESAR, faktanya penyakit jantung menyerang siapa saja tidak memandang usia dan jenis kelamin semua orang beresiko terserang penyakit ini, apalagi untuk Anda yang mempunyai riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Mitos yang Keempat Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung

Ini hanya merupakan mitos belaka, tangan berkeringat lebih disebabkan oleh faktor cemas dan gugup, telapak tangan berkeringat diakibatkan oleh sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana sehingga menimbulkan cemas berlebih, biasanya telapak tangan berkeringat sering terjadi kepada orang yang prefeksionis dan merencanakan segala sesuatunya.

Mitos yang Kelima Begadang, dan Stres Bisa Memicu Serangan Jantung. 

Ini bukan sebuah mitos melainkan FAKTA kenapa? karena Begadang memang merupakan faktor yang meningkatkan risiko terkena serangan jantung. pola tidur yang tidak teratur, stres berlebih juga dapat menyebabkan serangan jantung.

 

Setalah membaca informsi tentang penyakit jantung, mulai dari penyebab, gejala penyakit jantung, dan ciri-cirinya apakah Anda setuju dengan point-point yang kami sampaikan?, semoga informasi dari Pasarpolis dapat membuat kita lebih paham dan lebih peduli terhadap kesehatan jantung kita.

Tapi pernahkan Anda berpikir bagaimana jika kita terserang penyakit ini, berapa biaya yang harus dikeluarkan, apakah nantinya kita akan membebani keluarga besar kita?, singkirkan kecemasan itu Anda berhak mendapatkan pengobatan yang layak tanpa harus membebani orang lain dengan cara menggunakan perlindungan asuransi kesehatan, jika Anda mencari asuransi kesehatan www.pasarpolis.com menyediakan berbagai macam produk-produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, yang bisa Anda bandingkan langsung preminya, agar Anda bisa memilih asuransi yang paling sesuai untuk Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda