Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Urutan Prosedur Ajukan Klaim untuk Asuransi Mobil | Pasarpolis Blog

Urutan Prosedur Ajukan Klaim untuk Asuransi Mobil

 by pasarpolis |  2015-05-26 00:13:37

 

Cara Klaim Asuransi

Jika mobil yang diasuransikan mengalami kecelakaan atau menjadi korban pencurian, upaya pemegang polis untuk meminta ganti rugi kepada perusahaan asuransi itulah yang disebut klaim. Lalu seperti apa prosedur pengajuan klaim yang benar? Inilah urutannya bagi pemegang polis:

#1: Menghubungi perusahaan asuransi

Jika mobil Anda mengalami kecelakaan atau dicuri, yang harus dilakukan pertama kali adalah melaporkan kepada pihak asuransi minimal dalam 3 x 24 jam. Anda bisa menggunakan telepon, SMS, lewat email atau datang langsung ke perusahaan. Ini agar tak terjadi penolakan klaim sebab dianggap melewati jangka waktu yang sudah ditentukan.

#2: Memberikan bukti foto

Jika mobil masih bisa jalan setelah mengalami kecelakaan, segera bawa ke bengkel yang merupakan rekanan asuransi. Namun jika mobil sudah rusak berat, foto terlebih dulu untuk membuat dokumentasi. Ini untuk bukti bahwa mobil memang mengalami kecelakaan.

#3: Mengisi formulir

Saat diberikan formulir oleh perusahaan asuransi, isilah dengan data yang sebenar-benarnya dan lengkap. Ini sebagai dokumen pelengkap agar klaim berhasil.

#4: Berikan informasi jelas

Selanjutnya Anda harus menjelaskan seluruh renteten kejadian dengan sejelas-jelasnya. Uraikan rentetan kejadian dengan rinci, karena ini menentukan apakah klaim Anda akan diterima atau ditolak. Perusahaan asuransi akan mempertimbangkan kebenaran dari cerita Anda, apakah itu masuk akal atau terkesan dibuat-buat.

(Baca Juga : 3 Langkah Tepat Tepat Jika Mobil Anda Dicuri)

#5: Mempersiapkan dokumen

Untuk klaim ada juga dokumen-dokumen dari perusahaan asuransi yang harus dilengkapi. Dokumen tersebut antara lain dokumen kecelakaan, yang berisi: formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi mobil, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan surat keterangan dari kepolisian.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda