Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tren Bermukim Masa Kini: Apartemen VS Rumah Tinggal | Pasarpolis Blog

Tren Bermukim Masa Kini: Apartemen VS Rumah Tinggal

 by pasarpolis |  2016-05-12 07:54:09

Tidak seperti dulu, keluarga masa kini bisa memilih hendak bermukim di rumah tinggal ataupun di apartemen.

Memilih untuk tinggal di rumah atau apartemen adalah dilema yang dihadapi oleh Karin (27) dan calon suaminya, Adit (30) sebelum mereka menikah. Di satu sisi, keduanya menyukai kepraktisan gaya hidup di apartemen. Namun sebuah rumah berhalaman asri kerap muncul dalam benak mereka kala membayangkan tempat untuk membina keluarga. Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan?

1. Lokasi

Jika jarak tempuh antara tempat tinggal dan kantor adalah pertimbangan utama, maka apartemen adalah pilihan yang tepat. Hunian vertikal ini biasanya dibangun di lokasi-lokasi strategis, demi memudahkan penghuninya mencapai tempat beraktivitas. Tetapi, memilih rumah yang berlokasi agak jauh dari tempat kerja namun dilintasi jalur KRL juga bisa menjadi solusi yang tepat karena Anda tak perlu “bertarung” dengan kemacetan di jalan raya setiap hari.

2. Harga & Nilai Investasi

Harga rumah dan apartemen bisa amat bervariasi, tergantung pada lokasi, kualitas bangunan, serta fasilitas yang dimiliki. Nilai jual rumah dan apartemen juga sama-sama bisa meroket dalam waktu singkat sehingga bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Namun perlu diingat, kepemilikan apartemen dibatasi oleh status Hak Guna Bangunan yang biasanya hanya berjangka waktu 20 tahun, tidak seperti rumah tinggal yang status kepemilikannya bisa sampai turun-temurun.

3. Fasilitas

Fasilitas umum seperti ruang pertemuan, sarana olahraga, dan taman bermain yang bisa digunakan secara cuma-cuma adalah nilai plus yang memikat banyak orang untuk tinggal di apartemen. Tapi jangan salah, semua itu datang bersama biaya perawatan bulanan yang jumlahnya tidak sedikit. Bukan hanya itu, kini banyak pula kompleks perumahan yang menyediakan fasilitas serupa bagi warganya. Jadi, Anda tetap bisa menikmati fasilitas ala apartemen meski memilih tinggal di landed house.

4. Fleksibilitas

Tinggal di apartemen bisa didibaratkan tinggal dalam sebuah kotak yang hanya bisa dimodifikasi secara terbatas. Beda dengan apartemen yang hanya bisa disiasati ruang interiornya, Anda bisa melakukan renovasi rumah tinggal secara jauh lebih leluasa. Menambah ruang di lantai dua seiring dengan pertambahan jumlah keluarga, berkebun secara horisontal maupun vertikal, dan menambah jumlah jendela yang menghadap ke ruang terbuka? Semuanya bisa Anda lakukan.

5. Privasi & Keamanan

Pintu keluar-masuk menuju unit apartemen yang dijaga oleh petugas keamanan di lantai dasar adalah jaminan keamanan dan privasi yang bisa dinikmati oleh para penghuni apartemen. Hanya saja, pintu keluar-masuk yang jumlahnya amat terbatas itu juga bisa menyulitkan kala terjadi musibah seperti gempa bumi ataupun kebakaran di apartemen, terutama bagi penghuni lantai atas.

Namun bukan hanya apartemen, rumah tinggal pun tak luput dari risiko terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Banjir, kebakaran, dan pencurian, adalah beberapa jenis risiko yang mesti diantisipasi secara bijak oleh para pemilik rumah. Untuk meminimalkan kerugian yang diderita, tak ada salahnya mempertimbangkan kepemilikan polis asuransi properti, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan perlindungan yang tepat, Anda bisa hidup lebih tenang, nyaman serta menikmati kehidupan yang lebih berkualitas, baik di dalam rumah maupun apartemen.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda