Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tol Cikapali, Jalur Alternatif Pengurai Kemacetan Pantura Siap Dioperasikan | Pasarpolis Blog

Tol Cikapali, Jalur Alternatif Pengurai Kemacetan Pantura Siap Dioperasikan

 by pasarpolis |  2015-06-03 15:30:58

 

Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali)

Selama ini, ketika Bulan Ramadan sampai Lebaran atau juga pada waktu arus mudik menjelang tiba, Jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa adalah salah satu jalur yang sangat ramai dan padat dilewati kendaraan bermotor.

Akan tetapi, dengan dibangunnya Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang memiliki panjang 116,75 kilometer diharapkan mampu mengurangi beban kemacetan Jalur Pantura di atas 50%. Dengan kata lain, kemacetan yang selama ini selalu terjadi setiap tahunnya dari Merak hingga Banyuwangi dapat dialihkan.(Baca Juga: Operasikan Tol Cikapali Sebelum Puasa Ramadan, Mustahil!)

Sebelum digunakan secara resmi, peresmian jalur ini dijadwalkan akan dilakukan oleh Presiden Jowo Widodo dan waktunya akan digelar sebelum bulan puasa, yakni sekitar tanggal 15 Juni 2015 mendatang.

“Jika Tol Cikapali mulai beroperasi maka beban Pantura dapat berkurang hingga 60% dan kemacetan pada saat mudik atau balik dapat terurai,” ungkap Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hediyanto W Husaini.

Tol Cikapali terbagi dalam enam seksi, yaitu;

  • Seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 km
  • Seksi II Kalijati-Subang sepanjang 9,56 km
  • Seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 km
  • Seksi IV Cikedung-Kertajati sepanjang 17,66 km
  • Seksi V Kertajati-Sumberjaya sepanjang 14,51 km
  • Seksi VI Sumberjaya-Palimanan sepanjang 14,53 km

Selain itu, terdapat juga ruas bebas hambatan panjang, 99 jembatan, 7 pintu masuk dan keluar, 4 rest area tipe A dengan SPBU dan 4 rest area tipe B tanpa SPBU di sepanjang Tol Cikapali.

Dengan akan dioperasikannya Tol Cikapali bukan berarti Jalur Pantura akan ditinggalkan. Menurut Hediyanto, perawatan tetap akan dilakukan di sepanjang Jalur Pantura setiap tahunnya yang memiliki panjang 1.316 kilometer dengan beban anggaran sekitar Rp 1,5 triliun.(Baca Juga: Tol Cikapali, Jalur Alternatif Pengurai Kemacetan Pantura Siap Dioperasikan)

Direncanakan, uji coba Tol Cikapali akan dilakukan minggu depan dan perkembangan konstruksinya secara keseluruhan sudah mencapai 99% dan sekarang sudah masuk dalam tahap perapihan dan finishing serta penambahan rambu-rambu dan marka jalan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda