Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Sederhana Pilih Produk Asuransi yang Murah dan Berkualitas | Pasarpolis Blog

Tips Sederhana Pilih Produk Asuransi yang Murah dan Berkualitas

 by pasarpolis |  2015-05-11 07:51:58


Secara garis besar, asuransi kesehatan adalah pengalihan pertanggungan dan penggantian biaya kesehatan dari pemegang polis kepada perusahaan asuransi. Penggantian biaya kesehatan yang dapat diterima oleh sang pemegang polis tergantung dari jenis asuransi kesehatan apa yang diambil sebelumnya.

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, selain asuransi properti, kendaraan dan jiwa. Banyak orang yang mulai memilih produk asuransi kesehatan karena mereka memiliki pemikiran juga sadar bahwa sakit itu sangat mahal dan tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan akan sakit atau bahkan meninggal.
(Baca Juga : Melek Asuransi Sama Dengan Langkah Awal Cintai Diri Sendiri)

Namun bagi orang yang belum memiliki pengetahuan terkait asuransi, tentunya akan menjadi sebuah hal yang sulit ketika harus memilih dan memutuskan perusahaan asuransi terbaik. Tidak hanya itu saja, banyak orang yang sudah mengerti tentang asuransi kesehatan, namun ternyata belum memahami cara mendapatkan asuransi kesehatan yang murah.

Asuransi Kesehatan Murah Serta Tipsnya

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan informasi luas sebelum benar-benar memutuskan perusahaan asuransi mana yang harus Anda pilih. Berikut ada beberapa tips menarik dalam memilih produk asuransi yang murah:

Tips#1: Asuransi kesehatan murni

Asuransi kesehatan murni adalah jenis asuransi yang berdiri sendiri dan tidak dalam satu paket dengan jenis asuransi lainnya. Dikarenakan tidak dalam satu paket, maka tentu saja jenis premi yang harus dibayarkan juga tidak terlalu tinggi dan hanya difokuskan pada jenis pertanggungan biaya kesehatan saja.

Ada kalanya agen asuransi menawarkan jenis asuransi kesehatan yang sudah dalam satu bundle atau satu paket dengan jenis asuransi lain. Walaupun memiliki berbagai manfaat karena sudah dalam satu paket, namun tentunya premi yang harus dibayarkan juga tinggi karena biaya yang ditanggung mencakup semua jenis asuransi yang ada dalam paket tersebut.

Tips#2: Sistem cashless

Seperti halnya kartu BPJS, Anda hanya perlu menggunakan kartu khusus ketika akan membayar tagihan perawatan di rumah sakit (yang memiliki jaringan dengan sistem cashless). Jadi dengan sistem ini, Anda tidak perlu lagi membawa persyaratan macam-macam atau juga membawa uang dalam jumlah lebih untuk membayar tagihan rumah sakit.

Selain memilih perusahaan asuransi yang menyediakan sistem cashless, Anda juga wajib memeriksa rumah sakit mana saja yang memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda ikuti agar di depannya, Anda tidak dibingungkan untuk pergi ke rumah sakit mana saja yang menerima sistem cashless.

Tips#3: Sistem reimburse

Selain memilih perusahaan asuransi dan rumah sait yang menyediakan sistem cashless, Anda juga perlu memilih produk asuransi kesehatan reimburse. Jenis asuransi ini memiliki artian bahwa ketika Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit, maka Anda yang harus membayar tagihan pertama dan kemudian Anda dapat mengirimkan berkas-berkas pembayaran kepada perusahaan asuransi dalam bentuk klaim dan Anda akan mendapatkan ganti rugi berupa uang yang telah Anda bayarkan sebelumnya.
(Baca Juga : Kenali Dulu dengan Baik, Sebelum Miliki Produk Asuransi)

Selain memilih produk asuransi yang murah, Anda juga patut memperhatikan sisi kualitas dan layanannya. Berikut adalah tips dalam memilih asuransi kesehatan terbaik.

Tips#4: Check dan rawat inap

Memang terdengar sepele, namun Anda juga wajib memperhatikan apakah produk asuransi yang ditawarkan seorang agen sudah mencakup ‘fasilitas’ check up dan rawat inap atau tidak. Hal ini dipandang perlu karena dengan 

Tips#5: Pemilihan premi yang tepat

Tentunya apabila premi yang dibayarkan berlebih atau Anda memilih coverage perlindungan asuransi yang luas, maka benefit yang akan didapatkan juga akan luas. Maka sebelum memilih dan memutuskan membeli suatu produk asuransi kesehatan dengan atau yang tanpa paket, Anda perlu memperhatikan budget dan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda akan merasa kecewa karena memilih paket murah dan masih harus membayar dengan uang sendiri ketika sakit dan harus rawat inap.
(Baca Juga : Ini Dia 4 Keuntungan Periksa Premi Secara Online)

Tips#6: Survei kamar

Sedikit terdengar aneh dan berlebihan, namun dengan melakukan survei secara individu ke setiap rumah sakit yang memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi kesehatan yang produknya ingin Anda beli, maka setidaknya Anda akan mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila menggunakan uang sendiri dan dikalkulasikan dengan penghitungan premi.

Tips#7: Klaim mudah

Tentunya tidak ada orang yang menginginkan untuk ribet dalam proses klaim. Untuk itu, Anda harus benar-benar mengetahui dan mengerti akan syarat atau Term and Conditions dari produk yang akan dibeli agar ketika melakukan klaim tidak menjadi repot. Apabila ada sesuatu yang mengganjal, disarankan untuk sesegera mungkin menanyakan kepada perusahaan asuransi kesehatan atau agen asuransi yang bersangkutan.

Tips#8: Masa tunggu

Anda juga perlu memperhatikan masalah klausal Masa Tunggu Penyakit, karena ada perusahaan-perusahaan asuransi tertentu yang memiliki proses lama bahkan ada yang tidak dapat diklaim dengan alasan tidak tercover produknya.
(Baca Juga : Ingin Daftar Asuransi Mudah dan Cepat? Online Saja!)

Tips#9: Langsung ke perusahaan asuransi yang bersangkutan

Disarankan untuk datang langsung ke perusahaan asuransi agar semua informasi terkait produk yang akan dibeli dapat dijelaskan secara jelas dan detail.

So, jangan tunggu sampai penyakit memiskinkan Anda, punyai produk asuransi kesehatan sebelum terlambat!

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda