Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Sederhana Agar Mobil Dalam Kondisi Prima Saat Mudik Lebaran | Pasarpolis Blog

Tips Sederhana Agar Mobil Dalam Kondisi Prima Saat Mudik Lebaran

 by pasarpolis |  2015-06-08 10:14:31

Mungkin tidak hanya di Indonesia saja, setiap tahunnya pasti ada agenda mudik ke kampung halaman. Tidak sedikit dari para pemudik di Tanah Air yang menggunakan kendaraan sendiri daripada memanfaatkan jasa transportasi umum. Hal tersebut dikarenakan, dengan kendaraan sendiri maka dapat memperirit biaya dan jangkauan tempat yang akan dituju juga lebih luas.

Namun, agar kendaraan yang digunakan mudik tetap dalam kondisi prima, tentunya dibutuhkan tips khusus juga perawatan yang optimal. Untuk itu, perlu pengetahuan sekaligus aksi konkrit untuk merawat sampai dengan memeriksa kondisi mobil sebelum digunakan untuk perjalanan jauh atau ketika mudik.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan dalam melakukan pemeriksaan sampai dengan perawatan kendaraan bermotor, khususnya mobil, sebelum dibawa mudik lebaran.

Tips#1: Mesin

Hal yang paling penting dan pertama untuk diperksa serta dirawat adalah mesin mobil. Hal ini dikarenakan mesin ibaratnya sebagai organ-organ dalam tubuh manusia yang apabila dalam kondisi tidak maksimal, pasti akan merembet dan berimbas kepada sisi lainnya.

Pemeriksaan akan seluruh komponen baik yang besar atau kecil, seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, minyak power steering, air radiator sampai dengan karburator dan lainnya harus benar-benar dilakukan secara maksimal.

Bagi Anda yang memiliki keahlian dan pengetahuan khusus mengenai mesin mobil, mungkin Anda dapat melakukannya sendiri, namun apabila Anda hanya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memeriksa dan merawat mesin, maka tidak ada salahnya untuk memanggil jasa montir atau juga menyerahkannya ke dealer mobil terdekat.

Selain mesin dan berbagao komponen di dalamnya, head lamp, fog lamp, lampu sein, lampu belakang sampai dengan rem dan juga kampasnya atau juga minyak remnya juga patut menjadi perhatian. Walaupun terkesan sepele, namun akan menjadi masalah besar bagi Anda pribadi ketika salah satu dari komponen tersebut tidak berfungsi.

Setelah komponen-komponen di atas, Anda pun masih harus memperhatikan sisi kelistrikan mobil sampai dengan hal terkecil seperti speedometer dan sejenisnya.

Tips#2: Kaki-kaki

Selain mesin, kaki-kaki pada mobil juga merupakan salah satu komponen penting yang tidak boleh disepelekan begitu saja. Pemeriksaan tersebut didasarkan pada kepekaan Anda sendiri sebagai pemilik atau pengguna mobil yang akan digunakan, seperti kencang tidaknya baut atau mur yang terpasang, muncul atau tidaknya bunyi-bunyi aneh, handling yang pas dan nyaman dan lain sebagainya. Apabila terjadi hal-hal yang menurut Anda tidak baik, maka disarankan untuk membawa mobil ke pusat servis mobil yang sudah terpercaya.

Tips#3: Air Wiper

Pastikan untuk selalu memeriksa air di dalam tangki wiper agar tidak habis atau kering. Disarankan untuk tidak menggunakan wiper apabila air di dalam tangkinya mengering atau habis. Hal ini disebabkan akan menyebabkan kaca menjadi baret dan tentunya mengganggu pandangan.

Tips#4: Aki

Anda juga perlu untuk memeriksa ketinggian air dan ‘kesehatan’ aki yang digunakan dalam mobil. Hal ini berfungsi agar sistem baterai dan kelistrikan yang ada di mobil tetap dalam kondisi prima.

Tips#5: Ban

Ban juga termasuk hal yang patut diperhatikan. Anda perlu memeriksa tingkat dalaman garis ukir (batikan) yang ada di permukaan ban. Apabila sudah tipis maka itu tandanya, Anda perlu mengganti ban tersebut. Sediakan pula ban cadangan apabila akan melakukan perjalanan jauh.

Tekanan angin dalam ban juga patut menjadi perhatian karena dengan tekanan angin yang sesuai, maka kenyamanan dalam berkendara juga akan didapatkan, serta hal tersebut memiliki pengaruh dalam konsumsi bahan bakar.

Tips#6: Eksterior dan interior

Walaupun terkadang pemilik mobil tidak begitu peduli dengan apa yang terjadi pada eksterior atau interior kendaraan mereka, namun dengan merawat dan menjaga dua sisi tersebut, maka kenyamanan dalam berkendara dan selama perjalanan akan didapatkan maksimal.

Untuk bagian eksterior, khususnya pada bagian kaca, Anda harus benar-benar memerhatikan munculnya jamur yang dapat mengganggu pandangan ketika berkendara. Setelah mencuci dan memoles kaca mobil, gunakan kain repellent yang lembut dan bersih untuk menyeka air yang masih menempel. Selain kaca, Anda juga perlu mencuci dan juga memoles bodi kendaraan agar mobil yang akan Anda gunakan terlihat lebih keren dari sebelumnya.

Untuk bagian interior, Anda perlu melakukan perawatan untuk bagian dashboard, semua jok termasuk pada lipatan bagian dalamnya, karpet dan bagian-bagian lainnya. Gunakanlah kain lembut dan cleaner khusus untuk membersihkan jok yang materialnya terbuat dari sintetis atau kulit atau gunakanlah vacum cleaner untuk menyedot debu.

Setelah semua hal dilakukan, maka perjalanan jauh untuk mudik Lebaran dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Selamat mencoba.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda