Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Mudik Agar Hemat Bensin Saat Memakai Mobil Pribadi | Pasarpolis Blog

Tips Mudik Agar Hemat Bensin Saat Memakai Mobil Pribadi

 by pasarpolis |  2015-06-09 11:42:27

 

Mudik bisa jadi salah satu hal yang paling dinanti saat lebaran. Saat tiba waktunya mudik, kendaraan pribadi sering dijadikan alternatif. Menggunakan mobil pribadi terasa lebih nyaman sebab Anda bisa berhenti kapan saja dan di mana saja untuk beristirahat, selain itu Anda pun jadi lebih dekat dengan keluarga.

Tetapi pemakaian kendaraan pribadi juga membutuhkan persiapan khusus dan perencanaan matang, terutama pemakaian bahan bakar. Agar anggaran mudik Anda tidak boros di bahan bakar, hindari lima kesalahan yang sering terjadi berikut:

Memacu kendaraan semakin cepat berarti semakin cepat pula bahan bakar terbuang. Nikmatilah waktu bersama keluarga sambil melihat-lihat pemandangan di kanan-kiri jalan, dan jika memang tidak terburu-buru, usahakan berkendara di bawah 96 km/jam terutama saat berada di jalan raya.

Saat AC dinyalakan, mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan udara dingin dari AC. Ini pun membutuhkan banyak bahan bakar, karenanya saat Anda mengemudi dengan kecepatan rendah, sebaiknya matikan AC untuk menghemat bensin. Saat AC menyala, jangan membuka jendela agar AC awet dan tak cepat rusak.

Menaruh barang terlalu banyak di atas mobil dapat meningkatkan tekanan angin, sehingga mengurangi aerodinamik pada mobil yang akhirnya mengikis bahan bakar hingga 5%. Sama halnya jika barang bawaan yang terlalu banyak ditaruh di dalam mobil akan membuat mobil lebih berat saat melaju, ini juga menghabiskan bahan bakar.

Anda bisa menghemat bensin untuk perjalanan jauh dengan tidak memanasi mobil terlalu lama. Idealnya, memanaskan mobil paling lama adalah 30 detik sebelum berangkat. Dan hindari menyalakan AC saat mobil sedang dipanasi.

(Baca Juga : Mau Mudik Nyaman? Andalkan 3 Aplikasi Google Ini)

Berkendara sendiri memang membuat Anda bebas berhenti dan istirahat kapan saja. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering, sebab mesin mobil yang terlalu sering dihidupkan-dimatikan juga dapat membuat bensin cepat habis. Lebih baik beristirahatlah lebih lama agar tak terlalu sering berhenti.

Untuk keamanan penuh, Anda bisa gunakan jasa asuransi mobil agar mendapat perlindungan menyeluruh.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda