Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan  | Pasarpolis Blog

Tips Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan

 by pasarpolis |  2015-06-05 07:54:58

 

Seperti halnya motor, ada kalanya seseorang memanaskan mesin mobilnya terlebih dahulu sebelum mereka gunakan atau ketika mobil sudah berhenti dalam waktu lama atau lebih dari 6 jam. Hal ini banyak dilakukan oleh para pemilik mobil dengan tujuan perawatan mesin agar tetap terjaga dan dalam kondisi ‘siap tempur’ ketika akan digunakan.

Banyak orang menganggap penting untuk memanaskan kendaraannya, khususnya mobil jenis injeksi dan matic, terlebih dahulu sebelum digunakan karena dengan proses pemanasan tersebut maka oli pelumas yang sebelumnya turun dan dingin akan kembali naik dan dapat melumuri seluruh sisi ruang komponen mesin di dalam kendaraan yang bersangkutan.

Akan tetapi benarkah pemilik mobil harus memanaskan terlebih dahulu mobil mereka sebelum digunakan?

Ternyata menurut penelitian, memanaskan mobil sebelum digunakan itu tidak dianjurkan. Hal itu dikarenakan dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, teknologi injeksi membuat mesin mobil siap digunakan kapanpun walaupun sudah berhenti dalam jangka waktu lama.

Di dalam sebuah mobil ada komponen yang dinamakan Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi sebagai pengatur proses pembakaran bahan bakar. Jadi dengan keberadaan ECU, maka untuk mendapatkan suhu optimal, maka memanaskan mobil dirasa hanya buang-buang waktu saja.

Bahkan pemahaman akan oli pelumas tidak naik apabila mobil atau motor tidak dipanaskan terlebih dahulu itu hanyalah mitos belaka. Dengan kemajuan teknologi, maka perusahaan pemroduksi pelumas juga sudah menciptakan produk oli-nya yang material dan partikelnya tidak langsung turun ketika mesin dalam keadaan mati. Bahkan oli pelumas tersebut masih menempel untuk menjaga mesin tetap dalam keadaan baik.

Hal seperti ini sudah diterapkan oleh orang-orang di negara lain, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat. Mereka mengetahui bahwa memanaskan mobil adalah hal yang tidak perlu dilakukan karena perusahaan mobil sudah membuat kendaraan tersebut dengan sedetail mungkin dan agar tidak membuat pemiliknya repot lagi.

(Baca Juga : 4 Hal Penting sebelum Perpanjang Asuransi Mobil Secara Otomatis)

Apabila merasa kurang yakin dan terbiasa melakukan pemanasan mesin, maka dianjurkan untuk melakukannya tidak lebih dari 1 menit saja karena dengan memanaskan mesin, maka selain hanya akan membuang-buang bensin, kadar emisi hasil pembakaran bahan bakar juga berbahaya dan beracun.

Walaupun tanpa dipanaskan, pengendara tidak dianjurkan untuk langsung menggeber mesin dengan kencang. Disarankan untuk memacu kendaraan perlahan terlebih dahulu sembari menunggu indikator mesin naik pada suhu normal.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda