Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Cerdas Sebelum Memilih dan Membeli Produk Asuransi Terbaik | Pasarpolis Blog

Tips Cerdas Sebelum Memilih dan Membeli Produk Asuransi Terbaik

 by pasarpolis |  2015-05-25 08:15:29

 

Walaupun sekarang term asuransi sudah sangat dikenal di masyarakat luas, namun tidak semua orang mengerti bahkan memahami apa itu asuransi dan bagaimana cara memilih produk asuransi yang benar.

Secara garis besar, asuransi merupakan istilah yang merujuk pada tindakan perlindungan dan pelimpahan pertanggungan dari satu pihak ke pihak lain dan melibatkan pembayaran untuk layanan jasanya.

(Baca Juga : Financial Plans Bisa Cegah Kantong Jebol Akibat Pengobatan Penyakit)

Jenis-jensi asuransi sangat beragam, seperti asuransi kendaraan, properti, banjir sampai dengan jiwa. Bahkan dari setiap jenis asuransi tersebut, ada juga sub-sub kategori yang termasuk di dalamnya, seperti di dalam asuransi kendaraan atau mobil terdapat sub kategori jenis perlindungan Comprehensive atau All Risk dan Total Lost Only atau TLO.

Memilih Jenis Asuransi Terbaik

Dari banyaknya jenis asuransi beserta sub-sub kategori perlindungannya, maka akan membuat seseorang yang masih awam akan asuransi kebingungan ketika harus berhadapan dengan agen asuransi saat ingin membeli suatu produk perlindungan.

Oleh karenanya, dibutuhkan informasi terkait masalah bagaimana cara mengetahui dan memilih produk asuransi yang baik dan tepat, seperti berikut ini:

Tips#1: Pilih produk asuransi yang cocok

Dengan banyaknya jenis dan sub kategori perlindungan asuransi, tidak semuanya cocok dengan Anda. Maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang Anda butuhkan sebagai pelindung. Selain itu, sesuaikan pula budget yang Anda miliki sebelum Anda memilih dan membeli suatu produk asuransi. Jika Anda asal beli, maka di kemudian hari Anda akan merasa kecewa karena semua hal tidak sesuai dengan keinginan.

Tips#2: Cermati perusahaan asuransi yang terpercaya

Usahakan untuk membeli produk asuransi dari agen atau perusahaan yang sudah memiliki lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Hal ini untuk menghindari tindak penipuan seseorang atau badan lain yang mengatasnamakan dirinya sebagai agen atau perusahaan asuransi.

Tips#3: Bandingkan produk asuransi

Melihat dan membandingkan produk asuransi yang ditawarkan oleh satu perusahaan asuransi dengan lainnya adalah langkah yang sangat tepat. Hal ini sangat disarankan karena dengan mengetahui perbandingan semua produk sejenis dari berbagai perusahaan, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran mengenai produk mana yang lebih baik dan juga yang memiliki tambahan layanan yang lebih lengkap atau yang memiliki premi terjangkau.

Tips#4: Periksa track record perusahaan

Anda juga wajib memeriksa track record perusahaan asuransi yang bersangkutan untuk mengetahui apakah perusahaan yang bersangkutan benar-benar layak dan berkategori baik ataukah buruk. Untuk mendapatkan informasinya, Anda dapat mencarinya di internet atau juga menanyakan kepada siapa saja yang mengetahui atau pernah menjadi klien dari perusahaan tersebut.

Tips#5: Kenali RBC

Tidak hanya itu saja, Anda juga wajib mengetahui sisi finansial perusahaan atau disebut juga dengan istilah Risk Based Capital (RBC). Menjadi satu hal yang tidak lucu ketika Anda sudah setengah jalan dan tiba-tiba perusahaan dinyatakan pailit.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda