Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Aman Tinggalkan Kendaraan Selama Mudik Lebaran | Pasarpolis Blog

Tips Aman Tinggalkan Kendaraan Selama Mudik Lebaran

 by pasarpolis |  2016-06-07 07:33:53

Mudik dengan transportasi umum memang menghemat waktu dan tenaga. Tapi jangan lupa, pastikan Anda meninggalkan kendaraan pribadi dalam kondisi aman di rumah.

Sambil menanti giliran memasuki pesawat yang akan membawanya terbang menuju kampung halamannya di Yogyakarta, Kintan (32) mengingat-ingat kembali kondisi rumah yang ditinggalkannya tadi pagi. Untuk memastikan tak ada yang terlupa, Kintan dan suaminya secara bergantian memeriksa kompor, kenop lampu, dan kunci-kunci pada setiap pintu, sebelum mereka ke bandara. Berhubung akan mudik dengan pesawat, Kintan juga mengecek kembali kunci pengaman ekstra dalam kendaraan yang mereka tinggalkan di garasi.

            Bukan tanpa alasan bila Kintan dan suaminya menunjukkan sikap ekstra hati-hati. Pasalnya, menurut data statistik, kasus pencurian motor dan pencurian mobil cenderung meningkat jumlahnya pada minggu-minggu menjelang hari raya. Tentunya mereka tak mau jika sepulang dari mudik nanti disambut oleh kondisi garasi yang kosong melompong. Untuk menghindari tindak pidana pencurian itulah mereka melakukan sejumlah langkah antisipasi berikut sebelum pergi mudik:

1. Kosongkan bahan bakar

Sedapat mungkin, kosongkan atau setidaknya sisakan sedikit saja bahan bakar kendaraan Anda. Tindakan ini berguna untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan seperti pencurian dan kebakaran. Bahan bakar yang minim tentu akan menyulitkan pencuri membawa pergi kendaraan Anda. Sedangkan jika terjadi musibah kebakaran dan kendaraan Anda luput terselamatkan, kondisi tangki bahan bakar yang kosong akan mencegah kendaraan Anda ikut menjadi bahan bakar kebakaran.

2. Cabut kabel aki dari terminal

Kabel aki yang tidak tersambung secara benar akan memutus aliran arus listrik di kendaraan Anda. Selain berguna mempersulit pencuri membawa kabur kendaraan, pencabutan kabel aki juga berguna menghemat daya yang tersimpan di dalam aki. Pasalnya, meski kondisi mesin kendaraan mati, tetapi terkadang masih tetap ada arus listrik yang mengalir keluar sehingga memboroskan daya aki.

3. Pastikan kunci terpasang sempurna

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kendaraan Anda telah terkunci secara sempurna. Pastikan pula alarm kendaraan berfungsi dengan baik. Jika perlu, berikan pengamanan ekstra berupa gembok, kunci stir, kunci ban, ataupun kunci pedal (gas, rem atau kopling) untuk menghalangi niat jahat pencuri kendaraan. Jika menyimpan kendaraan di dalam garasi, jangan lupa pula memastikan bahwa pintu garasi telah terkunci dengan baik.

4. Ganti perangkat pengaman kendaraan second hand

Jika membeli kendaraan dari tangan kedua alias kendaraan second hand, gantilah semua kunci yang tersedia seperti kunci stir, kunci pedal ataupun kunci (switch) rahasia untuk mengantisipasi niat buruk orang yang memiliki duplikat kunci kendaraan tersebut.

5. Pilih penyedia jasa terpercaya

Cara mengatasi pencurian lainnya adalah dengan memilih bengkel dan salon mobil terpercaya untuk menghindari penggandaan kunci pengaman kendaraan, pendataan alamat rumah untuk tujuan negatif, dan hal-hal sejenisnya. Jangan pula meninggalkan STNK di dalam dompet kunci kendaraan ataupun menitipkan STNK ke tangan orang-orang yang belum Anda pastikan kredibilitasnya.

6. Titipkan rumah dan kendaraan pada petugas keamanan

Jika Anda tinggal di dalam kompleks perumahan yang dijaga oleh petugas keamanan, jangan lupa menitipkan pesan kepada petugas untuk sesekali mengecek kondisi tempat tinggal Anda selama mudik. Kehadiran petugas keamanan biasanya ampuh mengurungkan niat jahat dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

7. Miliki asuransi kendaraan

Tameng pamungkas untuk melindungi kendaraan Anda di kala mudik adalah kepemilikan polis asuransi kendaraan. Dengan perlindungan asuransi kendaraan, Anda bisa mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti kebakaran, pencurian, serta kerusakan kendaraan yang bisa terjadi karena berbagai sebab.

Setelah memastikan perlindungan terbaik bagi kendaraan, Anda pun bisa lebih leluasa menikmati perjalanan mudik di kampung halaman. Selamat mudik lebaran! 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda