Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tips Aman Berpuasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes | Pasarpolis Blog

Tips Aman Berpuasa Ramadhan Bagi Penderita Diabetes

 by pasarpolis |  2015-06-04 07:43:59


#Tips Aman Berpuasa

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan akan segera tiba. Pastinya sudah banyak hal yang telah Anda persiapkan untuk menyambut kedatangannya. Namun, Anda yang selama ini memiliki penyakit diabetes, akan ada persiapan ekstra yang perlu Anda lakukan sebelum mengikuti ibadah puasa.

Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD,-KEMD. Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI mengatakan bahwa penyandang diabetes harus mewaspadai kedatangan bulan puasa. Bukan berarti bahwa penderita tak boleh melakukan ibadah puasa, namun pengaturan pola makan dan jam minum obat sudah harus diatur sejak kini.

(Baca Juga: 4 Menu Berbuka Puasa yang Pulihkan Stamina Tubuh Maksimal)

Menurut dr. Pradana, penderita diabetes setidaknya harus melaukan persiapan tiga bulan sebelum puasa atau minimal dimulai dari sekarang. Hal ini karena bila sebelumnya penderita dapat mengonsumsi obat selama tiga kali dalam sehari, maka di bulan puasa nanti Anda hanya bisa mengonsumsinya sebanyak dua kali, yakni pada saat sahur dan berbuka.

Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter sejak kini sangat diperlukan guna mengetahui bagaimanakah pengaruh perubahan jadwal tersebut terhadap kadar gula pasien. Selain jadwal minum obat, dosis serta asupan makanan pun harus diperhatikan guna menghindari komplikasi yang berisiko memperparah penyakit diabetes.

Umumnya, penderita diabetes yang sedang berpuasa rawan terkena Hiperglikemia dan hipoglikemia. Perbedaan jadwal makan dan minum obat membuat gula darah rentan naik dan turun secara tiba-tiba yang berbahaya bagi pasien.

Selain itu, penyakit lain yang juga kerap terjadi pada saat bulan puasa adalah dehidrasi, rasa lelah, dan pusing. Jika tak ditangani dengan baik, maka besar kemungkinan bagi pasien diabetes untuk terserang komplikasi berat seperti stroke.

Selain itu, berikanlah perlindungan aman pada diri Anda dengan bergabung dalam asuransi kesehatan. Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengikuti asuransi kesehatan mengingat biaya rawat inap dan penanganan medis seperti suntik insulin atau hemodialisis tergolong mahal.

(Baca Juga: Tips Agar Pencernaan Tetap Terjaga Selama Berpuasa)

Dalam hal ini, asuransi kesehatan akan berperan untuk memberikan pertanggungan bila sewaktu-waktu Anda harus masuk rumah sakit. Segera investasikan dana Anda untuk kesehatan diri di masa depan. Anda juga bisa mendapatkan informasi tarif terbaik dengan melihat sejumlah penawaran yang ada di situs PasarPolis.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda