Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Wajib Anda Waspadai | Pasarpolis Blog

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Wajib Anda Waspadai

 by pasarpolis |  2016-04-23 02:58:08

 

Apa Bahaya Pengroposan Tulang ?

Seiring bertambahnya usia, tanpa Anda sadari tubuh pun turut mengalami penurunan fungsi. Mulai dari kendurnya sel otot dan kulit hingga muncul tanda-tanda pengeroposan tulang. Osteoarthritis atau yang akrab disebut dengan pengapuran tulang dan sendi yang seringkali menyerang lansia, ternyata dapat pula menjangkit Anda yang masih usia muda.

Pengeroposan tulang sering disalahartikan dengan penyakit kelebihan kalsium pada tulang. Padahal penyebab pengeroposan tulang tidak ada hubungannya dengan kelebihan kalsium. Justru pengeroposan tulang terjadi karena beban dan aktivitas tubuh yang berat sehingga tulang dan sendi harus bekerja lebih.

Parahnya, penyakit pengeroposan tulang ini susah untuk dihindari karena memang aktivitas zaman sekarang memang dituntut untuk aktif bergerak. Baik Anda yang aktif berolahraga maupun yang duduk lama, pengeroposan tulang akan menghantui Anda di masa depan. Namun, untuk mengurangi risiko pengeroposan tulang di masa depan, Anda dapat membaca tanda-tanda pengeroposan tulang seperti berikut:

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Pertama: Sendi Terasa Sakit di Malam Hari

Pernahkah Anda merasakan tulang dan sendi di bagian punggung Anda sakit begitu dahsyat setelah seharian beraktivitas? Anda mungkin hanya duduk diam di dalam ruangan selama berjam-jam, namun tulang dan sendi Anda ternyata harus bekerja ekstra keras untuk menjaga tubuh Anda tetap tegak. Rasa sakit yang teramat sangat apalagi saat menjelang tidur merupakan tanda awal tulang dan sendi Anda mengalami pengapuran.

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Kedua: Nyeri Tulang

Pengapuran tulang biasanya diakibatkan aktivitas fisik yang berlebihan hingga kelebihan berat badan. Tulang Anda pun memiliki batas maksimal mampu menopang Anda. Bila tulang sering digunakan maka persendian akan mengalami pengikisan sehingga membuat tulang antar tulang bergesekan. Gesekan antar tulang ini membuat nyeri ketika Anda bergerak. Biasanya Anda akan merasakan nyeri di bagian lutut dan tulang punggung.

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Ketiga: Terjadi Pembengkakan atau Benjolan

Pengapuran tulang yang terjadi dalam tubuh memaksa tulang Anda bergeser sedikit demi sedikit dari posisi aslinya. Pergeseran tulang ini menyebabkan beberapa bagian tulang, seperti jari tangan dan jari kaki, menonjol ke luar. Tonjolan ini cukup terlihat dan mudah untuk Anda kenali karena secara langsung turut memaksa kulit Anda untuk tertarik ke luar mengikuti pergerakan tulang yang keropos tersebut. Biasanya diikuti dengan ruam merah dan rasa sakit di bagian pangkal ibu jari.

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Keempat: Gesekan Antar tulang Terasa Jelas

Anda pernah merasakan ketika berdiri dari duduk merasakan tulang lutut Anda seperti bergesekan atau tulang punggung Anda mengeluarkan suara seperti patahan. Sensasi gesekan tulang maupun suara tulang yang Anda dengarkan itulah tanda awal dari pengeroposan tulang yang terjadi pada tubuh Anda. Bila dibiarkan terus berlangsung tanpa adanya penanganan, Anda akan merasakan susah bergerak karena rasa sakit pada tulang dan persendian Anda.

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Kelima: Benjolan Payudara

Pada wanita biasanya benjolan pada payudara diidentifikasi sebagai kanker payudara yang kerap kali ditakuti oleh sebagian besar kaum hawa. Namun, benjolan pada dada tidak hanya kanker payudara yang menjadi sebabnya. Pengeroposan tulang yang terjadi pada tulang belakang Anda memaksa tulang untuk maju ke depan sehingga membuat benjolan yang dapat Anda rasakan bila dipegang secara langsung.

Tanda-Tanda Pengeroposan Tulang yang Keenam: Gangguan Pendengaran dan Penglihatan

Bila pengeroposan tulang pada tubuh Anda semakin parah, biasanya Anda akan mulai merasakan dampak jelasnya melalui mata dan telinga. Pengeroposan tulang akan membuat gangguan yang signifikan pada fungsi penglihatan dan pendengaran Anda. Mata Anda akan sering terasa lelah hingga terjadi iritasi mata. Pendengaran pun perlahan memudar sedikit demi sedikit.

Apabila Anda sudah merasakan tanda-tanda pengeroposan tulang tersebut, Anda harus segera melakukan beragam pencegahan. Selain berobat ke dokter, Anda juga harus segera merencanakan asuransi kesehatan untuk menunjang kondisi yang tidak stabil sewaktu-waktu. Untuk layanan asuransi di Indonesia yang mudah dan terpercaya, PasarPolis hadir untuk memberikan pelayanan terbaik. Anda cukup mengakses websitenya di www.pasarpolis.com untuk jaminan kesehatan Anda di masa depan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda