Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Takut Bau Mulut Saat Berpuasa? Lakukan 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini! | Pasarpolis Blog

Takut Bau Mulut Saat Berpuasa? Lakukan 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini!

 by pasarpolis |  2016-06-14 02:48:39

Saat puasa, biasanya bau mulut menjadi masalah sebagian orang. Bau mulut yang tidak sedap ini biasanya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Aroma atau bau mullut tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Kondisi ini disebut sebagai mulut keringat atau xerostomia. Pada saat puasa, air liur menjadi berkurang ketika Anda tidak mengunyah dalam waktu lama. Ini menyebabkan bakteri berkembang dan membuat bau mulut. Anda takut mengalami bau mulut saat puasa? Jangan takut! Lakukan 7 cara menghilangkan bau mulut ini!

1. Menjaga Mulut Tetap Lembab

Mulut yang kering seringkali menjadi sumber bau mulut. Air liur membantu agar mulut Anda tetap lembab dan berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Lalu, bagaimana menjaga agar mulut tetap lembab? Cobalah untuk mengonsumsi permen karet dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Permen karet ini berfungsi tidak hanya menyegarkan napas dengan aroma segarnya tetapi juga merangsang produksi air liur. Sedangkan air putih berfungsi untuk membersihkan mulut, meningkatkan produksi air liur serta menjaganya agar tetap lembab.

2. Berkumur

Berkumur dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada mulut Anda. Anda juga bisa memilih obat kumur yang higienis dan berkualitas yang dapat Anda beli di toko. Dengan sering berkumur, tentu akan membantu Anda menghilangkan bau mulut. Saat berpuasa, Anda bisa berkumur secara teratur dengan air putih.

(Baca Juga : Atasi Bau Mulut dan Masalah Kecantikan Lainnya Saat Puasa )

3. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Kebersihan mulut dan gigi harus selalu dijaga dengan baik. Ini karena mulut dan gigi yang kotor akan menimbulkan bau tidak sedap. Jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi secara teratur. Dengan menyikat gigi secara teratur akan menghilangkan bau mulut Anda. Cobalah untuk menyikat gigi secara teratur setelah sahur dan berbuka puasa serta sebelum tidur.

4. Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut. Mengapa? Karena merokok mengandung berbagai zat kimia yang tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga membuat bau mulut. Jadi, berhentilah merokok jika ingin menghilangkan bau mulut Anda.

5. Hindari Konsumsi Makanan yang Menimbulkan Bau Mulut

Ada beberapa makanan yang menimbulkan bau mulut. Misalnya saja jengkol dan petai. Jika Anda mengonsumsi makanan tersebut apalagi dalam jumlah banyak tentu akan menimbulkan bau mulut. Jadi, hindarilah berbagai makanan yang menimbulkan bau mulut.

6. Banyak Mengonsumsi Buah-Buahan

Mengonsumsi buah-buahan dapat membantu menghilangkan bau mulut. Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel dan pisang. Anda bisa mengonsumsinya saat sahur maupun saat berbuka puasa.

7. Konsumsi Jus

Mengonsumsi jus jeruk dan jus nanas sebelum tidur atau saat berbuka dapat membantu menghilangkan bau mulut. Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan sedikit kayu manis untuk menambah rasa yang nikmat.

Dengan melakukan 7 cara menghilangkan bau mulut di atas, Anda akan merasa lebih percaya diri  dan tidak terganggu karena bau mulut. Kesehatan gigi dan mulut pun juga lebih terjaga.

( Baca Juga : Awas, Hindari Makanan Ini Ketika Berbuka! )

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda