Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Tahu singkatan dari SWDKLLJ? | Pasarpolis Blog

Tahu singkatan dari SWDKLLJ?

 by pasarpolis |  2016-01-04 11:10:05

Sahabat Polis, tahu SWDKLLJ? Coba deh lihat STNK kamu. Ketika kita membayar pajak kendaraan, secara tidak langsung kita akan dikenai biaya SWDKLLJ. Item itu singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. 

Jadi, dengan membayar SWDKLLJ setiap bayar pajak kendaraan, secara tidak langsung, kita terdaftar ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja.

Tarif SWDKLLJ sendiri tergantung dari jenis kendaraannya. Untuk kategori  kendaraan roda dua dari 50 cc sampai 250 cc akan dikenakan tarif Rp 35 ribu. Sedangkan untuk jenis sedan, jip dan lainnya, sebesar Rp 143 ribu.

Nah, apa hak pengendara terhadap biaya yang telah dikeluarkan pada saat bayar STNK itu? Ternyata, kita mendapat perlindungan asuransi jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Besarnya santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26 Februari 2008 yakni:

- Meninggal Dunia, sebesar Rp 25 juta

- Cacat Tetap (Maksimal), sebesar Rp 25 juta

- Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp 10 juta

- Biaya Penguburan, sebesar Rp 2 juta

Santunan tersebut juga tidak hanya diberikan pada pengemudi saja, tetapi juga berlaku kepada para penumpang yang ikut menjadi korban kecelakaan. Nah, cara mendapatkan santunannya sebagai berikut:

1. Hubungi kantor Jasa Raharja terdekat.

2. Mengisi formulir pengajuan berikut lampiran (laporan kecelakaan dari pihak kepolisian atau pihak berwenang, surat keterangan kesehatan dari dokter yang merawat/RS, KTP/identitas korban/ahli waris korban).

3. Jika korban luka-luka, maka dilampirkan kwitansi biaya perawatan dan pengobatan yang asli. Sedangkan jika meninggal dunia, maka diperlukan Kartu Keluarga atau Surat Nikah.

4. Hak santunan menjadi gugur jika pengajuan lebih dari 6 bulan sejak terjadinya musibah atau tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan, sejak hak santunan disetujui oleh Jasa Raharja.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda