Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Servis Rutin Kendaraan, Pangkal Selamat di Jalan Raya | Pasarpolis Blog

Servis Rutin Kendaraan, Pangkal Selamat di Jalan Raya

 by pasarpolis |  2016-05-17 04:18:29

Sama seperti tubuh kita, kendaraan juga perlu dirawat agar senantiasa “sehat”. Menepati jadwal servis rutin kendaraan adalah salah satu poin yang pantang diabaikan.

Memiliki kendaraan pribadi memang menyenangkan karena bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mobilitas sehari-hari. Hanya saja, terkadang ada di antara kita yang mengabaikan pentingnya perawatan rutin kendaraan karena berbagai sebab. Padahal, lalai menepati jadwal servis rutin berisiko membuat kendaraan rentan mengalami kerusakan sehingga kenyamanan berkendara tak lagi bisa dinikmati. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan menepati jadwal servis kendaraan secara berkala? Berikut beberapa di antaranya:

1. Performa kendaraan optimal

Meski kendaraan tampak baik-baik saja, usahakan selalu menepati jadwal servis rutin kendaraan berdasarkan jarak tempuh dan waktu. Pasalnya, seiring pemakaian akan ada komponen kendaraan yang mengalami penurunan fungsi, seperti saringan udara yang kotor, oli kendaraan yang harus diganti, kanvas rem yang menipis, dan sebagainya. Hal-hal tersebut bisa diperbaiki lewat perawatan rutin sehingga performa kendaraan bisa dioptimalkan kembali.

2. Terhindar dari lonjakan biaya perawatan kendaraan

Perawatan berkala adalah salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mendeteksi adanya kerusakan sedini mungkin. Ini penting, karena kerusakan yang masih berada dalam tahap awal bisa diatasi dengan cara diperbaiki. Anda pun tak perlu melakukan penggantian komponen ataupun suku cadang yang harganya bisa berkali lipat lebih mahal.

3. Kendaraan tetap “awet muda”

Servis rutin kendaraan juga berguna untuk sebisa mungkin memelihara kendaraan tetap dalam kondisi sebagaimana saat keluar dari showroom. Dengan kata lain, kendaraan tetap berada dalam kondisi orisinal, tanpa adanya penggantian suku cadang yang berarti. Kendaraan yang terpelihara dengan baik seperti ini biasanya lebih “tahan banting” ketika meluncur di jalan raya. Anda pun terhindar dari risiko mogok dan jenis gangguan lainnya saat berkendara.

4. Nilai jual kendaraan tetap stabil

Data mengenai riwayat servis rutin kendaraan yang lengkap juga bisa meningkatkan nilai jual kendaraan jika suatu saat hendak dipindahtangankan. Ketelatenan merawat kendaraan—yang dibuktikan lewat riwayat perawatan kendaraan rutin, merupakan salah satu nilai plus yang dicari oleh mayoritas calon pembeli.

5. Syarat mengajukan klaim asuransi kendaraan

Kendaraan baru yang masih berada dalam masa jaminan asuransi kendaraan purna jual berhak mendapatkan layanan penggantian suku cadang secara cuma-cuma jika diperlukan. Namun, layanan tersebut biasanya diberlakukan dengan sejumlah syarat, seperti kondisi pemakaian normal, kendaraan bebas modifikasi, dan wajib melakukan servis rutin. Inilah pentingnya melakukan perawatan secara berkala.

            Lalu bagaimana dengan kendaraan yang masih belum terlindungi oleh jaminan asuransi kendaraan? Jika demikian, maka ada baiknya jika Anda mulai mempertimbangkan kepemilikan polis asuransi kendaraan sesegera mungkin. Pasalnya, penggantian suku cadang dan jenis servis besar lain yang bisa diakibatkan oleh terjadinya musibah seperti kecelakaan, bisa memakan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Berkendara tentu akan terasa lebih nyaman apabila keselamatan diri dan kendaraan sudah terjamin dengan baik, bukan?

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda