Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Sebelum Mudik, Pastikan Rumah Anda Aman | Pasarpolis Blog

Sebelum Mudik, Pastikan Rumah Anda Aman

 by pasarpolis |  2015-06-08 09:50:13

 

Menjelang libur puasa dan lebaran, masyarakat Indonesia berbondong-bondong mempersiapkan mudik agar dapat berkumpul dengan keluarga besar ketika hari raya. Namun, mudik juga menjadi ladang bagi pelaku pencurian. Rumah yang ditinggalkan pemiliknya merupakan kesempatan besar bagi pencuri untuk menguras harta benda di dalamnya.

Tapi jangan khawatir, berikut tips mudik aman saat meninggalkan rumah tanpa pengawasan.

Tips#1: Amankan barang berharga

Sebelum mudik, pastikan tidak ada barang berharga yang ditinggal di rumah. Jika ada, pastikan Anda sudah menyimpannya dengan aman. Anda juga bisa menitipkan kepada tetangga atau kerabat yang tidak mudik.

Tips#2: Kunci semua jalan masuk

Rumah biasanya memiliki beberapa jalan masuk sekaligus, seperti pintu rumah, pagar, ataupun jendela. Sebelum berangkat pastikan semua jalan masuk tersebut terkunci agar tidak memudahkan pencuri membobol rumah Anda.

Tips#3: Pasang CCTV dirumah Anda

Jika memungkinkan, pasang CCTV di rumah Anda. CCTV dapat membantu Anda memantau kondisi rumah ketika ditinggal mudik. Sebaiknya pasang CCTV online yang tersambung dengan smartphone Anda. Namun, jika dana tidak memadai Anda cukup memasang CCTV yang terhubung dengan alat perekam.

Tips#4: Letakkan alas kaki di depan rumah

Hal ini bertujuan untuk mengecoh pencuri. Dengan adanya sandal atau sepatu yang terletak di depan rumah, rumah seakan-akan berpenghuni dan dapat membuat pencuri ragu untuk membobol rumah Anda.

Tips#5: Menyalakan radio

Anda bisa menyalakan radio atau memutar rekaman lagu agar pencuri menduga rumah yang Anda tinggalkan berpenghuni.

Tips#6: Titipkan rumah ke orang terdekat

Jika ada tetangga atau kerabat yang tidak mudik, titipkanlah rumah Anda pada mereka sebelum mudik. Hal ini agar kondisi rumah Anda terpantau dengan baik. Selain itu, mereka juga dapat membantu mengurus masalah penerangan yang harus menyala ketika petang dan mati ketika pagi.

Tips#7: Jangan menaruh kunci sembarangan

Anda mungkin memiliki kebiasaan menaruh kunci cadangan di pot atau di bawah keset. Saat mudik, hilangkan kebiasaan ini dan pastikan Anda menaruh kunci di tempat yang aman.

Jika Anda merasa masih belum cukup dengan tips tersebut, Anda mungkin membutuhkan asuransi rumah. Asuransi rumah akan melindungi rumah Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan dan memastikan Anda memiliki dana untuk merawatnya.

(Baca Juga : Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran)

PasarPolis menawarkan berbagai asuransi rumah yang dapat Anda pilih sendiri. Dengan harga murah dan klaim mudah, PasarPolis membantu mengamankan rumah Anda saat mudik.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda