Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan, Apa yang Harus Diperhatikan? | Pasarpolis Blog

Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan, Apa yang Harus Diperhatikan?

 by pasarpolis |  2015-12-14 02:20:41

selain menjaga tubuh untuk tetap sehat, bugar dan fit, kurang rasanya apabila tidak mengimbanginya dengan memberikan proteksi karena walaupun dari luar tidak terlihat apa-apa, bukan berarti penyakit tidak dapat menyerang, bukan? Oleh karenanya, perlu kiranya untuk melindungi sisi finansial Anda dengan menggunakan produk asuransi kesehatan.

Dengan memiliki produk asuransi kesehatan, khususnya bagi yang masih dalam taraf mengembangkan aset, tentunya akan terkendala jika terjadi risiko dalam hidup, seperti terserang penyakit, cacat atau bahkan meninggal dunia. Uang yang Anda tabung untuk modal pun akhirnya terpakai guna mengobati penyakit yang mendera. Akan tetapi dengan memiliki produk asuransi kesehatan, maka segala hal dapat tercover dengan baik, sehingga Anda tidak perlu repot menggunan uang sendiri.

Memiliki sebuah produk asuransi kesehatan merupakan hal yang sangat wajib bagi orang-orang yang berada di negara berkembang atau juga maju karena dengan memiliki polis perlindungan tersebut, maka yang bersangkutan dapat berobat dan mendapatkan pelayanan terbaik secara murah.

#1. Manakah yang harus dipilih?

Tentunya Anda sebagai warga negara Indonesia juga sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan, bukan? Nah, pertanyaannya jika sudah memiliki BPJS Kesehatan, apakah masih perlu memiliki produk asuransi kesehatan swasta?

(Baca juga : Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan Terbaik )

Jawabnya adalah masih perlu. Kenapa? Karena pada dasarnya memang kedua produk kesehatan ini memiliki orientasi untuk memberikan pelayanan guna menjamin sisi finansial ketika sang tertanggung sakit. Akan tetapi baik BPJS Kesehatan atau juga produk asuransi kesehatan swasta memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Keduanya dapat dimiliki untuk saling melengkapi antara satu dengan lainnya.

#2. Kualitas vs kuantitas

Yang pasti, akan ada banyak orang yang memilih produk asuransi kesehatan yang ditawarkan dengan harga miring atau terjangkau. Akan tetapi dianjurkan untuk tidak melihat atau memilih bukan semata dari sisi murahnya saja, akan tetapi lebih kepada manfaat yang diberikan, apakah sudah sesuai dengan kondisi keuangan dan ketika musibah datang, produk tersebut dapat diandalkan karena memberikan perlindungan maksimal.

Berarti dapat dikatakan bahwa premi besar sudah pasti bagus? Jawabannya juga bisa iya dan juga bisa tidak. Dikatakan “iya” karena pastinya seperti ungkapan dalam hukum dagang yang tak tertulis, “Besarnya jumlah uang tidak dapat menipu kualitas,” maka dengan pembayaran premi dalam jumlah besar, tentu saja yang didapatkan juga lebih baik dan besar.

Namun dikatakan “tidak,” karena jika kondisi keuangan Anda tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran premi dalam jumlah besar, maka di kemudian hari justru akan menimbulkan masalah baru. Dan lagi, belum tentu dengan membayar premi dalam jumlah besar, maka ketika Anda sakit dan harus menjalani rawat inap atau InPatient, keadaan akan baik-baik saja. Hal tersebut dikarenakan setiap Rumah Sakit juga memiliki tingkat kenyamanan sendiri-sendiri.

#3. Besaran premi

Tentunya, semua produk asuransi dijalankan berdasarkan premi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung ke pihak penanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Dan semua perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung juga memiliki kebijakan juga aturan khusus yang telah mereka buat dalam menentukan berapa besara premi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung atau pemegang polis.

Pada umumnya, besaran premi akan didasari dari jenis kelamin, usia, merokok atau tidak dan juga berapa jumlah anggota keluarga yang harus menyingkir dari rumah tersebut. Tidak hanya itu saja, penyakit bawaan sampai dengan tingkat keparahannya juga menjadi salah satu pemikiran akan besaran premi yang harus dibayarkan.

Berikut ini adalah simulasi besaran premi dari beberapa perusahaan asuransi terkenal di Indonesia.

  • Asuransi Kesehatan Allianz

Untuk mendapatkan layanan rawat inap dengan durasi 180 hari dan menempati kamar seharga Rp 750 ribu, maka Anda membutuhkan dana dalam setahun membayar total premi sebesar Rp 11 juta. Walaupun dapat dikatakan memiliki besaran premi yang cukup tinggi dibandingkan lainnya, akan tetapi fasilitas yang diberikan juga tergolong bagus.

  • Asuransi Kesehatan AXA

Dalam hal kesehatan, AXA tidak menetapkan limit khusus untuk setiap perawatan dan akan dibayarkan sesuai dengan kuitansi yang dibatasi dengan limit gabungan perawatan sebesar Rp 80 juta per tahunnya. Dengan rawat inap yang memiliki durasi waktu selama 60 hari setahun dan kamar seharga Rp 750 ribu, maka total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 126 jutaan.

(Baca juga : 4 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi )

  • Asuransi Kesehatan Cigna

Dengan menggunakan produk asuransi kesehatan bernama Family EazyCare, maka besaran premi ditentukan dari berapa jumlah santunan per hari dan juga didasarkan dari usia. Contohnya saja adalah santunan per hari adalah Rp 80 ribu dan usianya adalah 41 tahun, maka premi perbulan yang harus dibayar adalah Rp 710 ribu atau setahun menjadi Rp 8.599.000 untuk maksimal 5 orang.

  • Asuransi Kesehatan Manulife

Dapat dikatakan bahwa besaran premi untuk produk asuransi kesehatan yang dimiliki Manulife lebih rendah dibandingkan dengan Allianz dan AXA. Dengan maksimum rawat inap selama 60 hari dan harga sewa kamar sebesar Rp 800.000, maka total premi setahunnya adalah sebesar Rp 9.854.000. Selain itu, produksi asuransi kesehatan di Manulife juga memiliki sisi manfaat, yaitu proteksi pada sisi finansial jika terjadi serangan penyakit dan satu lagi adalah berkaitan dengan kematian. Dan ketika sang tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia, maka Manulife akan memberikan santunan dalam jumlah yang lumayan besar.

#4. Mana yang harus dipilih?

Tentunya semua produk asuransi kesehatan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk menentukan mana yang harus dipilih, maka kembali ke tingkat kebutuhan dan juga kekuatan finansial Anda. Jika terlalu memaksakan dan tidak melihat sisi finansial, maka akan ada masalah di kemudian hari, contohnya saja molornya pembayaran premi bulanan.

 Namun apabila Anda menginginkan tarif premi yang murah, maka Cigna adalah pilihan yang dapat diambil karena selain preminya rendah, pertanggungannya dapat mencapai 5 orang anggota keluarga atau 2 orang tua dan 3 anak. Akan tetapi jika Anda membutuhkan plafond yang lebih baik walaupun harus membayar premi di atas besaran yang dimiliki Cigna, maka AXA adalah yang paling ideal dan disusul oleh Manulife dan Allianz.

Pentingnya harga sebuah kesehatan bagi seseorang maka mau tidak mau harus ada proteksi yang menjadi benteng terakhir agar sisi finansial tidak sampai kebobolan. Dan ketika pola hidup, pola makan dan juga sudah melakukan olahraga dengan baik, ditambah dengan proteksi dari produk asuransi kesehatan, maka berapa jumlah biaya yang dikeluarkan dirasa akan sepadan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda