Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Sebelum Kredit Mobil, Ketahui Hal-Hal Berikut Ini! | Pasarpolis Blog

Sebelum Kredit Mobil, Ketahui Hal-Hal Berikut Ini!

 by pasarpolis |  2015-12-02 03:14:39

Alat transportasi dulunya adalah masuk dalam kebutuhan sekunder, namun saat ini hampir semua jenis pekerjaan membutuhkan setidaknya sepeda motor untuk kelangsungan bekerja. Seperti contoh, Anda seorang penulis dalam sebuah kantor maka Anda membutuhkan setidaknya sepeda motor untuk berangkat ke kantor agar biaya pengeluaran bisa ditekan.

Akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang harus bekerja dengan melibatkan orang banyak? Pasti membutuhkan ruang lebih dalam kendaraan bukan? Ya, solusinya Anda harus memiliki sebuah mobil. Dengan mobil, Anda bisa jauh lebih menekan biaya dan tentunya kenyamanan serta keamanannya pun lebih terjamin.

Saat ini, sudah banyak perusahaan mobil yang menyediakan kemudahan dalam pembelian kendaraan roda empat ini. Salah satunya adalah via kredit yang dilengkapi dengan beragam macam bonus tambahan. Bagi Anda yang hendak membeli mobil dengan jalur kredit, berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan deal :

#1. Sesuaikan kebutuhan

Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Banyak orang yang bingung dan menyesal karena pada saat memilih kendaraan, mereka justru tergiur karena model dan iming-iming yang ditawarkan. Oleh karena itu, persiakan diri Anda sebelum berangkat ke show room dengan sebuah pilihan yang sudah pasti dari rumah agar kejadian seperti itu tidak menimpa Anda nantinya.

Selain itu sesuaikan juga dengan kondisi keuangan. Pilihlah yang secocok mungkin dengan kondisi keuangan Anda seperti mobil yang hemat bensin, atau onderdilnya tangguh sehingga tidak terlalu sering masuk ke bengkel.

#2. Budget besar untung besar

Jangan terburu-buru dalam hal yang satu ini. Perlu Anda tahu, semakin besar budget untuk DP, semakin besar keuntungan yang Anda dapat saat melakukan pembayaran bulanan. Mengapa bisa begitu? Karena, saat dana budget sudah dikurangkan pada jumlah total kendaraan dalam jumlah besar, maka bunga angsuran perbulannya tidak besar.

Bayangkan saja, saat Anda bisa membeli mobil dengan DP 50%, angsuran perbulannya hanya dikenai biaya 2-3% saja. Jadi Anda akan lebih untuk banyak dibandingkan dengan memberikan DP sebesar 30% saja.

(Baca juga : Cara Merawat Mobil Agar Terus Kinclong dan Awet Setiap Saat )

#3. Lengkapi persyaratan

Siapkan persyaratan penting tentang identitas Anda seperti fotocopy KTP Anda dan pasangan, fotocopy kartu keluarga, fotocopy pajak bumi bangunan, fotocopy slip gaji, dan fotocopy rekenening tabungan selama 3 bulan terakhir. Itu harus Anda miliki sebelum mengajukan kredit ke perusahaan mobil.

Selain itu, perbanyak juga relasi Anda dengan karyawan-karyawan pihak ketiga yang menawarkan jasa kredit. Sehingga Anda bisa mengetahui macam-macam harga pembayaran untuk kredit perbulannya.

#4. Survey harga

Sebelum membeli mobil yang diinginkan, alangkah baiknya Anda melakukan survey pada sejumlah show room atau teman-teman Anda. Jangan terpaku pada harga yang miring. Untuk urusan kredit, biasanya harga yang miring akan memberikan angsuran yang berbunga-bunga. Anda harus lebih jeli dan kalau perlu tanyakaan  formula pembayaranannya.

Apabila Anda sudah mengetahui formula pembayaran, langkah selanjutnya adalah pembandingan. Bandingkan beberapa formula tersebut dengan dealer lainnya. Pilih yang seaman dan seringan mungkin, agar kondisi finansial Anda terjamin sehingga dalam jangka panjang tidak akan memberatkan Anda.

#5. Cari event cashback

Cashback atau yang disebut juga dengan pengembalian uang dalam jumlah tertentu. Tiap dealer terkadang berbeda dalam upaya penawaran mobil kepada pembeli. Oleh karena itu, carilah dealer yang menawarkan cashback dalam jumlah besar, sehingga Anda bisa lebih untung saat membeli nanti.

Selain keuntungan pengembalian cashback yang besar, kualitas barang juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda terlena dengan jumlah cashback dan akhirnya rugi dari mobil yang Anda beli nantinya. Perhatikan dengan seksama spesifikasi mobil tersebut dan cek kondisnya sebelum deal.

#6. Bonus pembelian

Anda juga perlu memperhatikan kelengkapan bonus yang diberikan saat Anda membeli sebuah unit mobil. Biasanya bonus umum yang sering dibelikan saat membeli mobil adalah kaca filem, talang air, sensor parkir, body cover, karpet bawah, sarung jok, tempat sampah, dompet gantungan kunci, dan hupper optik. Periksa itu dalam selebaran promosi, apabila tidak ada lebih baik Anda mencari dealer lainnya.

#7. Formula pembayaran

Seperti yang disinggung pada poin empat, formula pembayaran sangatlah penting untuk dipertanyakan. Mungkin beberapa rupiah terlihat sepele di mata Anda, akan tetapi apabila rupiah-rupiah kecil ini diangsur selama 36 bulan bisa berbuah besar. Maka dari itu, mintalah formula pembayaran agar Anda tidak dikelabuhi dengan kata-kata nantinya.

( Baca juga : Ingin Selamat Saat Berkendara? Berikut Tipsnya )

#8. Garansi

Poin penting ini harus ada, dan Anda wajib mempertanyakan kebenarannya sebelum membeli. Banyak sekali saat ini marketing bermulut manis yang menawarkan beragam fitur dan kemudahan dalam pembelian. Namun, tak ada garansi yang diberikan. Untuk itulah mengapa Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih dealer.

Selain garansi, Anda juga harus memperhatikan pelayanan yang diberikan oleh pihak Dealer. Cari tau dari rekan Anda yang pernah menjalin bisnis dengan dealer yang sedang Anda kunjungi. Ini bertujuan agar Anda mendapat lebih banyak informasi.

#9. Asuransi

Segeralah Anda mendaftarkan kendaraan pribadi yang beru saja dibeli ke asuransi. Apabila beruntung, biasanya Anda akan diarahkan ke perusahaan asuransi rekanan dari dealer tadi. Sangat dianjurkan untuk membeli angsuran swasta, karena biasanya respon dari perusahaan asuransi swasta lebih cepat serta biaya pertangguan yang diberikan pun cukup besar.

Alasan kedua adalah, perusahaan asuransi swasta memiliki fasilitas layanan yang berpencar dimana-mana. Jadi, ketika Anda mengalami gangguan di tengah jalan Anda bisa dengan mudah melakukan klaim pada pihak asuransi. Sebelum itu, Anda bisa membandingkan harga dari asuransi dengan mengunjungi website Pasarpolis.com.

Di sini Anda akan bebas membandingkan harga premi di tiap asuransi yang ada. Sehingga Anda bisa jauh lebih untung nantinya. Selain itu, perusahaan asuransi yang terdaftar di pasarpolis juga sudah terjamin kualitasnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Untuk mengajukan asuransi, cukup kirimkan hasil scan dari beberapa identitas diri seperti KTP, KK, dan surat kendaraan kemudian tunggu beberapa hari untuk verifikasi.

Setelah selesai, Anda bisa menikmati layanan dari asuransi yang sudah di pilih tadi.

Itulah beberapa tips sebelum Anda melakukan pengajuan kredit pada dealer mobil. Sangat dianjurkan Anda untuk membeli mobil di dealer yang sudah dikenal banyak orang. Hal tersebut akan mempengaruhi tingkat keamanan diri Anda sendiri, mengingat saat ini sering terjadi penipuan.

Tanpa bukti yang kuat dan juga otentik, Anda akan kesulitan mengajukan gugatan kepada polisi. Kunci utamanya adalah hati-hati serta melakukan update setiap saat agar presentase Anda untuk tertipu lebih kecil.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda