Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Ragam Jenis Asuransi dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu | Pasarpolis Blog

Ragam Jenis Asuransi dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

 by pasarpolis |  2015-05-29 15:36:09

 

Suatu hal yang mustahil untuk dapat mengetahui apa yang akan terjadi dengan diri kita beberapa detik, menit, jam, hari, minggu, bulan atau tahun ke depan. Manusia memiliki keterbatasan untuk dapat melakukannya. Oleh karenanya, tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui risiko dan musibah apa yang siap menunggunya di depan.

Untuk itu, selain berhati-hati dalam melakukan segala macam aktivitas, melindungi diri sendiri dan keluarga yang dicintai juga merupakan salah satu langkah tepat untuk diterapkan dan dilakukan. Namun bagaimana cara melakukannya? Mudah! Asuransi jawabnya.

Kenapa asuransi? Memang secara garis besar asuransi tidak dapat melindungi siapa saja dari penyakit, musibah kecelakaan, kerugian sampai dengan kematian, namun asuransi diciptakan untuk melindungi diri sang tertanggung dari financial problems.

Dalam artian, apabila seseorang terkena musibah dan harus mengeluarkan biaya yang tidak tanggung-tanggung, maka dengan memiliki asuransi, biaya yang sudah dikeluarkan tersebut akan digantikan dengan istilah pencairan klaim.

Nah bagi yang masih belum begitu mengerti akan asuransi, di bawah ini ada beberapa informasi terkait asuransi yang dimulai dengan penjelasan jenis-jenis asuransi.

(Baca Juga : Berminat Beli Asuransi? Kenali Dulu Apa Itu Polis Asuransi)

Sejak dikeluarkannya Undang-Undang No 2 Tahun 1992 Tentang Usaha Perasuransian, industri asuransi di Tanah Air tumbuh pesar. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat di Indonesia yang sudah menjadi pemegang polis asuransi. Asuransi sendiri dibagi beberapa macam tergantung fungsi dan tujuannya.

Jenis#1: Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran ialah jenis produk asuransi yang mempertanggungkan kerugian terhadap properti akibat kebakaran yang terjadi di daratan dan bukan dengan faktor kesengajaan.

Jenis#2: Asuransi Pengangkutan

Asuransi pengangkutan adalah jenis produk asuransi yang mempertanggungkan kemungkinan resiko terhadap pengangkutan barang. Asuransi jenis ini dibagi menjadi 3, yaitu asuransi pengangkutan dengan menggunakan kendaraan darat  atau melalui sungai,  asuransi pengangkutan laut dengan menggunakan kapal dan asuransi pengangkutan udara dengan memakai pesawat terbang.

Jenis#3: Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap financial risks ketika sang tertanggung meninggal dunia. Apabila tertanggung meninggal dunia, maka perusahaan asuransi wajib memberikan santunan yang diberikan sampai masa tertentu. Hal ini berfungsi sebagai pengganti fungsi dari orang yang meninggal tersebut agar pihak keluarga yang ditinggalkan merasa aman dari sisi finansial.

Jenis#4: Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan adalah jenis produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan tertanggung dari berbagai macam musibah, seperti tabrakan, benturan, kerusakan sampai dengan kehilangan. Ada 2 macam perluasan pertanggungan dalam asuransi kendaraan, yaitu Comprehenssice (All Risk) dan Total Lost Only (TLO).

Jenis#5: Asuransi Pendidikan

Tentu saja karena judulnya saja adalah asuransi pendidikan, maka jenis produk asuransi satu ini adalah perlindungan finansial yang berfungsi sebagai cover biaya pendidikan tertanggung sampai batas waktu yang disepakati.

Jenis#6: Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident Insurance)

Asuransi kecelakaan diri adalah jenis produk asuransi yang menjamin atau memberikan perlindungan atas tisiko kematian, cacat tetap, cacat sementara, biaya perawatan dan pengobatan secara langsung karena musibah kecelakaan baik yang berupa kekerasan fisik atau karena reaksi kimia.

Jenis#7: Asuransi Rekayasa

Asuransi rekayasa adalah jenis asuransi yang menjamin kerugian selama kegiatan pembangunan atau kontruksi. Jenis asuransi satu ini dibagi menjadi beberapa macam, antara lain (suransi Konstruksi (Construction All Risks), Asuransi Pemasangan Mesin (Erection All Risks), Asuransi untuk Mesin-Mesin Industri (Machinery Breakdown) dan Asuransi peralatan Elektronik (Electronic Equipment Insurance).

Jenis#8: Asuransi Uang

Asuransi uang adalah jenis produk asuransi yang memberikan jaminan atas risiko hilangnya uang atau surat-surat berharga yang berada dalam tempat atau penyimpanan lemari besi, laci, mesin hitung atau juga ketika dikirimkan ke suatu tempat karena penggelapan, perampokan atau juga pencuran dengan kekerasan.

Jenis#9: Asuransi Syariah

Asuransi syariah adalah jenis produk asuransi yang pola dasarnya hampir sama dengan asuransi konvensional namun penerapannya lebih mengusung dan menggunakan dasar-dasar hukum Islam.

Jenis#10: Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis produk asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung selama dalam perjalanan atau berada di tempat, negara, kota lainnya.

Jenis#11: Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang memberikan jaminan dan perlindungan finansial kepada tertanggung akan pembayaran biaya rumah sakit, rawat inap, pengobatan sampai dengan biaya dokter.

Jenis#12: Asuransi Properti

Asuransi properti adalah jenis produk asuransi yang melindungi properti sang tertanggung dari berbagai macam risiko dan musibah, seperti bencana alam, kerusuhan masal, kebakaran, banjir dan sejenisnya.

Jenis#13: Asuransi Unit-Link

Asuransi unit-link adalah asuransi non tradisional dan memiliki konsep 2 tujuan, yaitu satu untuk melindungi dan satu lagi untuk tabungan.

Jenis#14: Asuransi Aset

Asuransiaset adalah jenis produk asuransi yang melindungi segala macam aset mulai dari yang banyak ditemui secara umum sampai dengan yang tidak lazim.

Jenis#15: Asuransi Anuitas

Asuransi anuitas adalah jenis produk asuransi yang menjamin aliran pendapatan seumur hidup yang dapat dibeli secara pribadi atau individu atau juga dapat dibeli oleh kelompok atau grup.

Sekarang ini, berbagai macam perusahaan asuransi menawarkan banyak produk dan jenis asuransi ke masyarakat. Tentunya bagi masyarakat yang masih awam, akan menjadi satu hal yang membingungkan, apalagi harus bertemu dengan hitung-hitungan premi.

Oleh karenanya, PasarPolis hadir menjadi ‘toko online’ yang menawarkan produk-produk asuransi dari banyak perusahaan asuransi yang telah menjadi mitranya. Selain dapat melihat penghitungan premi, Anda juga dapat membandingkan premi dan produk setiap perusahaan sampai dengan membaca tips atau informasi seputar asuransi di website tersebut.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda