Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Puasa Lancar dengan Cukup Air Putih | Pasarpolis Blog

Puasa Lancar dengan Cukup Air Putih

 by pasarpolis |  2016-06-01 10:04:37

Minum air putih dalam jumlah cukup adalah tips puasa lancar yang banyak disarankan oleh pakar kesehatan. Terapkan dalam keseharian Anda untuk menjamin kelancaran ibadah di bulan suci Ramadhan.

Kemana pun pergi, entah itu ke kantor, nge-gym, ataupun sekadar mengantar anak ke sekolah, Nadia (29) tak pernah lupa membawa botol air minum di dalam tasnya. Kapan saja merasa haus, ia bisa menenggak air dari dalam botol dan mengisinya kembali jika ada kesempatan.

Memasuki bulan Ramadhan, Nadia tetap setia dengan botol air minumnya. Tentu bukan untuk dinikmati isinya di siang hari, melainkan untuk dijadikan minuman buka puasa. Ia tetap senang menikmati takjil khas buka puasa seperti kolak, sop buah, dan lain-lain. Hanya saja, Nadia merasa kondisi tubuhnya lebih cepat pulih jika menu buka puasa didahului dengan beberapa teguk air putih.

Manfaat banyak minum air putih

Menurut para ilmuwan, 60-70% dari bobot tubuh manusia terdiri atas air. Tak heran, kondisi dehidrasi bisa amat mempengaruhi kemampuan organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Di bulan puasa, kecukupan konsumsi air putih tetap perlu dipelihara meski Anda tak leluasa minum di siang hari. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat air putih yang penting bagi tubuh kita. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mendukung aktivitas fisik

Meski sedang berpuasa, Anda tentu tetap wajib menjalankan tugas sehari-hari sebaik mungkin. Supaya aktivitas berjalan lancar, hindari kondisi dehidrasi yang bisa membuat tubuh tak berenergi. Asal Anda tahu, otot tubuh memerlukan cairan dan zat elektrolit dalam jumlah cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan sebanyak 2% dari kebutuhan saja bisa menimbulkan gejala kelelahan seperti sakit kepala, lemas, lesu, dan tak bertenaga.

2. Memelihara fungsi otak

Menurut penelitian, kondisi dehidrasi ringan atau kekurangan air sebanyak 1-3% dari bobot tubuh bisa berpengaruh negatif terhadap fungsi otak, khususnya terhadap keseimbangan mood dan kemampuan berkonsentrasi. Karenanya, mencukupi asupan air putih di antara waktu buka puasa dan sahur adalah kebiasaan yang pantang diabaikan di sepanjang bulan Ramadhan.

3. Mencegah sembelit

Konstipasi alias sembelit adalah keluhan yang biasa dialami oleh mereka yang menunaikan ibadah puasa. Salah satu faktor penyebabnya adalah kondisi kekurangan asupan cairan. Sambil memperbanyak asupan air putih, tambah pula konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran ke dalam menu buka puasa dan sahur untuk melancarkan sistem pencernaan Anda.

4. Menghaluskan kulit

Kala tubuh kekurangan cairan, kulit akan terasa lebih kering dan cenderung tampak lebih keriput dibandingkan biasanya. Karenanya, minum banyak air di saat sahur dan berbuka tidak hanya membuat Anda lebih bersemangat dalam berkegiatan, melainkan juga ampuh memelihara penampilan yang prima  sepanjang hari.

5. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat air putih juga termasuk melancarkan pembuangan zat-zat beracun yang tertimbun di dalam saluran pencernaan dan sel-sel tubuh. Pembersihan ini berguna membuat organ-organ tubuh bekerja secara lebih baik sehingga mampu memproduksi hormon yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Pola minum “242”

Dalam sehari, rata-rata manusia memerlukan asupan air putih sebanyak 2 liter. Untuk mempermudah pemantauan konsumsi air harian, Anda bisa menerapkan pola minum “242”, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas hingga menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur. Dengan asumsi satu gelas bisa menampung sekitar 250 ml air, maka kebutuhan air sehari-hari bisa tercukupi dengan sendirinya.

            Selain melancarkan puasa, mencukupi asupan air putih juga berguna memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika sampai jatuh sakit, tentunya selain merugi dari segi waktu, Anda juga dirugikan dari segi biaya. Untuk mengantisipasinya, pertimbangkan juga untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Menunaikan ibadah tentu akan terasa lebih lapang apabila Anda terbebas dari berbagai kekhawatiran, bukan?

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda