Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Produk Asuransi Kesehatan Allianz, Cigna, Manulife dan AXA, Mana yang Terbaik? | Pasarpolis Blog

Produk Asuransi Kesehatan Allianz, Cigna, Manulife dan AXA, Mana yang Terbaik?

 by pasarpolis |  2015-06-11 09:55:03

Satu hal yang pasti menjadikan pemikiran banyak orang ketika sudah memasuki usia pensiun atau ketika dia sudah tidak lagi produktif adalah bagaimana untuk mendapatkan penghasilan yang digunakan sebagai penopang keseharian dan juga masalah pembiayaan kesehatan.

Sesuai dengan prinsip ekonomi, semakin bertambah usia, seseorang akan mengalami penurunan performa dan juga kesehatan, sedangkan biaya hidup tidak akan turun dan terus menanjak. Oleh karenanya, tidak sedikit yang harus berhutang ke sana ke mari untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga untuk mengatasi serangan penyakit yang terus mendera atau juga harus menghabiskan dana yang dia kumpulkan semasa masih produktif untuk berobat.

Untuk mengatasi kesulitan biaya ketika sakit dan usia sudah mulai senja tanpa harus menguras tabungan pribadi, memiliki produk asuransi kesehatan merupakan salah satu solusi tepatnya. Akan tetapi, dengan banyaknya bermunculan perusahaan-perusahaan asuransi seperti sekarang ini, menjadi satu hal yang membingungkan bagi orang yang masih awam dan belum sepenuhnya paham dan mengerti akan seluk beluk asuransi. Lantas bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik?

Untuk mengetahui perusahaan asuransi kesehatan mana yang menawarkan produk terbaik, tidak ada salahnya untuk membandingkan setiap perusahaan yang ada di Tanah Air. Dan, agar tidak terlalu meluas, maka dipilih 4 perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang dijadikan obyek perbandingan. Empat perusahaan yang dimaksud adalah, perusahaan asuransi Allianz, perusahaan asuransi kesehatan AXA, perusahaan asuransi Manulife dan perusahaan asuransi Cigna.

Sebelum melangkah jauh untuk membandingkan ke-4 perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia tersebut, ada baiknya mengetahui apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan terlebih dahulu.

(Baca: Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Kehidupan Anda)

A. Pengertian umum asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk asuransi yang berfungsi sebagai pemberi proteksi atau pelimpahan risiko finansial kepada sang tertanggung atau pemegang polis dari pihak penanggung atau perusahaan asuransi.

Dalam hal ini, proteksi yang dimaksud adalah penggantian biaya kesehatan apabila sang tertanggung dirawat di rumah sakit karena terserang penyakit atau tertimpa musibah, contohnya kecelakaan. Cakupan proteksi atau besaran biaya penggantian yang didapatkan pihak tertanggung tergantung dari jenis perluasan asuransi kesehatan yang diambil dan disepakati oleh kedua belah pihak.

Dengan memiliki polis asuransi kesehatan, maka ketika terjadi musibah kecelakaan atau sakit yang terbilang kritis, maka seseorang tidak perlu lagi memikirkan biaya yang akan dikeluarkan dan cukup fokus pada upaya penyembuhannya saja, karena semua biaya akan dilimpahkan ke perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Akan tetapi wajib dipahami bahwa asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi penyakit kritis atau produk asuransi yang memberikan santunan uang tunai apabila sang tertanggung menderita penyakit kritis tertentu. Santunan tunia yang diberikan hanya satu kali secara lump-sum atau pembayaran tunggal dan dibayarkannya pada waktu tertentu.

B. Hal-hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan memilih asuransi kesehatan

Ada berbagai hal yang patut menjadi pemikiran dan pertimbangan sebelum benar-benar memutuskan untuk memilih dan membeli produk asuransi kesehatan dari suatu perusahaan asuransi.

Dibutuhkan pengetahuan dan informasi yang luas sebelum memilih, menentukan dan memutuskan membeli produk asuransi kesehatan dari suatu perusahaan asuransi. Berikut beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan untuk atau sebelum memilih dan memutuskan membeli produk asuransi kesehatan terbaik.

Hal#1: Cashless

Cashless adalah suatu kebijakan dari sebuah perusahaan asuransi untuk mengendapkan tagihan dari sanga tertanggung atau orang yang mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit yang bertujuan untuk mengurangi beban keuangan langsung dari sang tertanggung pada saat menjalani rawat inap.

Cashless memungkinkan penggantian klaim lebih mudah. Saat masuk rumah sakit, Anda cukup menggesek kartu asuransi untuk membayar tagihan Anda. Sehingga tidak perlu lagi membayar menggunakan dana pribadi, yang kemudian di reimburse ke pihak perusahaan asuransi.

Syarat yang berlaku untuk sistem cashless ini adalah rumah sakit yang dituju merupakan mitra dari perusahaan asuransi yang bersangkutan, karena sebagai mitra, maka pihak asuransi akan memberikan mesin untuk menggesek kartu asuransi kepada rumah sakit tersebut.

Cashless tidak akan berfungsi apabila suatu rumah sakit bukan merupakan mitra dari suatu perusahaan asuransi kesehatan dan Anda masih harus membayar semua tagihan dengan menggunakan uang sendiri.

Hal#2: Hospital links

Dikarenakan sistem Cashless harus digunakan di rumah sakit-rumah sakit yang menjadi mitra, dan ketika ketika terjadi suatu musibah atau kecelakaan, ternyata rumah sakit yang dituju tidak menerima kartu asuransi kesehatan yang dipunyai atau bukan menjadi mitra dari perusahaan asuransi yang produk asuransi kesehatannya Anda miliki, maka  Anda tetap saja harus membayar semua tagihan untuk layanan kesehatan yang diberikan.

Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi kesehatan, Anda wajib mencari informasi atau menanyakan kepada agen asuransi yang bersangkutan akan rumah sakit mana saja yang menjadi mitra perusahaan.

Hal#3: Plafond limitless

Memang, secara umum semua produk asuransi memiliki limit atau plafond untuk membatasi klaim maksimum. Dalam hal asuransi kesehatan, plafond tersebut juga berlaku. Namun perlu diketahui bahwa ada dua jenis batasan atau limit yang sering digunakan, yaitu limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan.

Untuk lebih memudahkan gerak dan segala hal, disarankan untuk mengambil dan memilih limit gabungan. Dengan limit gabungan, maka Anda tidak diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan ketika harus menutupi kekurangan biaya yang tidak tercover asuransi kesehatan. Tentunya, dengan limit gabungan ini, maka besaran premi yang akan diberlakukan juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan limit per perawatan.

Walaupun memiliki manfaat berlebih, namun disarankan untuk tetap melihat dulu sisi keuangan Anda sebelum memutuskan mengambil dan menggunakan limit gabungan atau limit per perawatan, karena ditakutkan pembayaran premi besar juga akan berdampak pada pemberatan sisi keuangan Anda.

Hal#4: Asuransi Kesehatan Murni

Secara umum, apa yang dimaksud dengan Asuransi Kesehatan Murni adalah asuransi kesehatan yang berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari asuransi jiwa. Memang ada kalanya, sebuah perusahaan asuransi akan menawarkan produk asuransi jiwa yang  sudah mencakup asuransi kesehatan di dalamnya atau disebut juga dengan istilah rider. Apabila tidak cermat dalam mengamati setiap produk yang ditawarkan dan asal pilih saja, maka premi yang harus dibayarkan juga jatuhnya akan tinggi.

Selain premi yang harus dibayarkan lebih mahal, pada umumnya dalam unit-link, juga terdapat unsur investasi. Dengan banyaknya hal yang terangkum dalam satu produk, maka porsi benefit untuk kesehatan menjadi mengecil. Hal tersebut belum ditambahkan dengan biaya unit-link lainnya.

Untuk itu, memilih Asuransi Kesehatan Murni lebih disarankan. Selain preminya tidak setinggi dari ‘asuransi gabungan’ tersebut, manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama.

Hal#5: Prioritas rawat inap

Selain menanggulangi biaya perawatan dokter dan obat-obatan yang digunakan, asuransi kesehatan juga memberikan penggantian biaya untuk rawat inap dan rawat jalan. Disarankan untuk lebih memilih produk asuransi kesehatan yang memiliki klausul untuk menanggung biaya rawat inap karena biaya yang dikeluarkan lebih besar. Selain itu, Anda juga patut mengetahui apakah klausul rawat inap tersebut juga mencantumkan klinik sebagai salah satu tempat medis di dalamnya atau tidak.

Hal#6: Hindari penawaran asuransi kesehatan via telepon

Tidak sedikit dari para agen asuransi sekarang ini yang mulai gencar mencari para calon klien dengan menawarkan produknya menggunakan berbagai macam media, salah satunya adalah melalui telepon.

Akan tetapi, disarankan untuk tidak menanggapi atau bahkan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk asuransi kesehatan via telepon. Dikarenakan keterbatasan dalam segala hal ketika harus menawarkan suatu produk asuransi melalui telepon, maka penjelasan detail dan hal-hal yang kadang dianggap sepele, namun penting, tidak disampaikan oleh agen. Tidak sedikit klien yang merasa tertipu setelah membeli produk asuransi kesehatan via telepon dan di kemudian hari, dia tidak mengetahui bahwa ada klausul atau peraturan dan syarat khusus atau juga batasan untuk produk yang dia beli.

Untuk itu, lebih disarankan untuk bertemu empat mata atau juga langsung datang ke perusahaan asuransi yang bersangkutan agar segala informasi dapat diketahui dan ditanyakan lebih detail.

Hal#7: Masa Tunggu Penyakit

Walaupun memberikan perlindungan kepada segala hal yang menyangkut kesehatan (bukan  penyakit kritis), akan tetapi ada beberapa penyakit yang tidak dapat diklaim sewaktu-waktu, karena membutuhkan jangka waktu tertentu untuk prosesnya. Untuk itu, disarankan untuk lebih proaktif menanyakan penyakit apa saja yang masuk dalam daftar tunggu klaim dan berapa lama klaim dapat cair setelah diajukan.

Hal#8: Perbandingan

Setelah mengetahui garis besar dari asuransi kesehatan, maka langkah selanjutnya adalah membandingkan produk asuransi kesehatan mana yang terbaik yang dimiliki AXA, Allianz, Cigna dan Manulife. Perlu diingat bahwa ke-4 perusahaan asuransi ini menggunakan sistem cashless.
(Baca: Tips Cerdas Sebelum Memilih dan Membeli Produk Asuransi Terbaik)

Dalam hal ini digunakan sebagai contoh kasus adalah sebuah keluarga dengan 3 orang anggota di dalamnya, yaitu suami yang berusia 41 tahun, istri berusia 41 tahun dan satu anak permpuan yang masih berusia 5 tahun. Biaya rawat inap dalam suatu rumah sakit per harinya rata-rata adalah Rp 750 ribu.

AXA

PT Asuransi AXA Indonesia (AXA General Insurance) adalah bagian dari AXA Group, yang merupakan salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia yang mempekerjakan 157.000 karyawan dan melayani 102 juta nasabah di 56 negara di seluruh dunia. 

Asuransi AXA Indonesia beroperasi dibidang asuransi umum dengan metode distribusi direct marketing, keagenan, broker, dan distribusi alternative. Asuransi AXA Indonesia didukung oleh lebih dari 500 tenaga penjualan, 8 kantor pemasaran dan melayani sekitar 51.000 nasabah di seluruh Indonesia.

Salah satu produk asuransi andalan AXA adalah asuransi kesehatan AXA, Asuransi kesehatan AXA menawarkan produk eksklusif dengan jaminan yang komprehensif dan didukung oleh service yang handal dalam hal perawatan kesehatan untuk kebutuhan nasabah perorangan atau perusahaan. Asuransi kesehatan AXA memberikan fasilitas rawat inap dengan kamar seharga Rp 750 ribu per hari dengan batasan sampai 60 hari, total premi yang harus dibayarkan adalah Rp 12,674,000 dengan sistem limitless per perawatan. Klaim akan dibayar sesuai nominal yang tertera dalam kuitansi dan membatasi limit gabungan perawatan sebesar Rp 80 juta dalam setahun. Terdapat total limit gabungan setahun senilai Rp 250 juta per orang. Begitulah perhitungan asuransi kesehatan AXA untuk contoh kasus diatas.

Allianz

Asuransi kesehatan Allianz untuk rawat inap dengan kamar seharga Rp 750 ribu per hari dengan batasan sampai 180 hari, total premi yang harus dibayarkan adalah Rp 11,250,000. Walaupun dirasa tinggi, namun Allianz menerapkan sistem limit per perawatan yang bervariasi tergantung dari jenis perawatannya. asuransi kesehatan Allianz tidak menerapkan batasan limit total setahun untuk limit gabungan. Begitulah perhitungan asuransi kesehatan Allianz untuk contoh kasus diatas.

Cigna

Asuransi kesehatan Cigna dengan menggunakan produk anyarnya, yaitu Family EaziCare, premi yang harus dibayarkan ditentukan dari berapa santunan per hari dan usia paling tua. Contohnya saja, apabila santunan per harinya adalah Rp 800 ribu dan usia tertuan adalah 41 tahun, maka premi bulanannnya adalah  Rp 716,600 atau setahun menjadi Rp 8,599,200 untuk maksimal lima orang anggota keluarga. Dengan asuransi kesehatan cigna FamiliEaziCare, maka selain dapat memberikan pertanggungan atau proteksi kepada 5 anggota keluarga, premi yang dibayarkan juga relatif murah.

Akan tetapi dari sisi manfaatnya ada sedikit perbedaan dengan benefit yang didapat dari produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi lainnya. Ketika dirawat, santunan per hari diberikan secara langsung, contohnya Rp 800 ribu selama 60 hari maksimal. Hal tersebut tidak melihat dari berapa biaya perawatan atau sewa kamar yang dibebankan. Begitulah perhitungan asuransi kesehatan Cigna untuk contoh kasus diatas.

Manulife

Pada asuransi kesehatan Manulife, produk asuransi kesehatan Manulife merupakan rider dari asuransi jiwa term-life. Walaupun bukan suatu produk asuransi kesehatan murni, namun manfaat yang dimilikinya cukup menarik dan tidak kalah dengan asuransi-asuransi murni lainnya. Begitulah perhitungan asuransi kesehatan Manulife untuk contoh kasus diatas.

Untuk rawat inap dengan kamar seharga Rp 800 ribu per hari dengan batasan sampai 60 hari, total premi yang harus dibayarkan adalah Rp 9,854,000. Walaupun menerapkan limit per perawatan yang biayanya relatif rendah, Manulife tidak menggunakan sistem limit gabungan setahun.

Dan lagi, walaupun bukan berupa produk unit-link karena tidak ada unsur investasinya, produk dari Manulife ini memberikan dua manfaat sekaligus, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Selain proteksi biaya kesehatan, Anda mendapatkan proteksi asuransi jiwa senilai Rp 600 juta.

C. Results

Plafond

Dalam hal plafond, asuransi kesehatan AXA dirasa paling ideal dari Cigna, Allianz, dan Manulife karena memiliki limit per perawatan yang cukup besar dengan satu limit, sedangkan Manulife, Cigna dan Allianz menerapkan limit yang berbeda-beda untuk tiap perawatan. Di Allianz dan Manulife juga tidak memiliki limit total per tahun namun membatasi limit per perawatan pertahunnya.

Premi

Dalam sisi preminya, Cigna dirasa paling murah dari AXA, Allianz, dan Manulife karena selain jumlah preminya relatif kecil, premi rendah yang ditetapkan untuk pertanggungan bagi 5 orang dalam satu keluarga. Di AXA, Manulife atau juga Allianz, tentunya untuk pertanggungan 5 orang tersebut, maka premi yang harus dibayarkan juga akan lebih tinggi karena penghitungannya secara satuan, adapun penghitungan premi gabungan, jumlahnya tidak lebih dari 3 orang anggota keluarga saja. Dengan kata lain, lebih banyak anggota keluarga yang dipertanggungkan, maka premi menjadi lebih tinggi lagi.

Hospital links

Selain menerapkan sistem cashless, AXA, Manulife, Cigna, dan Allianz sudah memiliki jaringan mitra rumah sakit dan tempat medis yang cukup luas. Jadi Anda tidak perlu khawatir atau bingung ketika harus mencari mitra perusahaan asuransi yang Anda ikuti ketika harus berobat.

Conclusion

Lantas, dari keempat perusahaan asuransi AXA, Cigna, Manulife, dan Allianz, kira-kira mana yang terbaik? Untuk menjawab mana yang terbaik adalah suatu hal yang sulit karena semuanya akan kembali ke individu masing-masing.

Namun apabila Anda belum memiliki polis asuransi kesehatan dan ingin memulai untuk memilikinya, disarankan untuk memilih Allianz, AXA Mandiri atau juga Manulife karena plafond yang dimiliki ketiga perusahaan asuransi ini sangat ideal.

Sementara apabila Anda sudah memiliki polis asuransi baik dari perusahaan lain atau juga yang merupakan ‘paket’ dari kantor dan ingin menambah dan mendapatkan perlindungan berlebih, Anda dapat memilih Cigna karena premi yang ditawarkan lebih ekonomis dan tidak memberatkan kantong, serta pertanggungan yang tidak mengecewakan.

Kesehatan adalah salah satu hal yang terpenting di dalam hidup karena dengan tubuh yang bugar dan prima, maka proses untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan menikmati indahnya hidup bersama pasangan, keluarga, anak dan semua teman akan lebih menyenangkan.

Dan apabila tubuh sudah terserang penyakit dan harus berbaring lemah tak berdara, selain tidak dapat bergerak leluasa dan terjadi penurunan performa tubuh, banyak hal penting lain yang terbuang dan terlewatkan begitu saja apabila sakit menyerang. Oleh karenanya, menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat adalah tips sempurna bagi siapa saja.

Berikut informasi yang bisa pasarpolis berikan untuk Anda, sebagai bahan referensi dalam memilih produk asuransi yang sesuai untuk Anda dari beberapa Perusahaan asuransi ternama seperti perusahaan asuransi AXA, prusahaan asuransi Cigna, perusahaan Manulife, dan perusahaan asuransi Allianz.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda