Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Prioritaskan Perlindungan Konsumen, OJK Buat Database Agen Asuransi di Indonesia  | Pasarpolis Blog

Prioritaskan Perlindungan Konsumen, OJK Buat Database Agen Asuransi di Indonesia

 by pasarpolis |  2015-05-27 15:33:07

 

Walaupun dikatakan bahwa asuransi bukan menjadi satu hal yang dianggap mewah lagi sekarang ini, namun masih banyak juga dari masyarakat yang belum mengerti atau memahami informasi terkait asuransi dan semua produk-produk yang dijualnya.

Bahkan hal tersebut semakin diperparah dengan banyaknya perusahaan-perusahaan asuransi beserta agen-agen nakal yang tidak menjelaskan dengan detail tentang produk yang mereka jual dan berusaha untuk mendulang keuntungan pribadi saja.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wacanakan untuk menyusun database para agen asuransi individual untuk memberikan dan meningkatkan sisi perlindungan terhadap calon konsumen dan para pemegang polis.

“Terkadang, (produk) apa yang ditawarkan dan dijual ke konsumen tidak sesuai dengan produk sebenarnya. Hal ini sangat merugikan konsumen,” jelas Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Ngalim Sawega.

Oleh karenanya, OJK bekerja sama dengan Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), akan meminta data-data para agen yang dimiliki oleh setiap perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dari data-data yang sudah dikirimkan tersebut, maka regulator dapat  mengatur dan mengambil tindakan tegas apabila terjadi masalah dan muncul kejanggalan.

(Baca Juga : PasarPolis, e-Commerce Asuransi Pertama di Tanah Air)

Sebenarnya, wacana seperti ini sudah pernah dibahas dan muncul pada tahun 2014 silam. Dengan pemikiran yang sama yaitu melindungi konsumen dan memangkas para agen nakal, OJK akan melakukan pengawasan ketat dan pendataan seluruh agen asuransi yang ada di Tanah Air.

“Apabila agen (asuransi) sudah terdata dan terbukti resmi, jika terjadi sesuatu, perusahaan tidak lepas atau saling lempar tanggung jawab sehingga  perlindungan terhadap pemegang polis atau konsumen dapat ditekan dan diminimalisir,” ujar Ngalim Sawega pada pertengahan Agustus 2014 lalu.

Menurut data yang dimiliki AAJI, sampai sekarang ini sudah ada kurang lebih 1 juta agen asuransi berlisensi, namun yang sudah aktif hanya sekitar 360 orang saja. Sedangkan berdasarkan data dari AAUI, ada 18 ribu agen asuransi di Indonesia yang sudah bersertifikat dan yang khusus untuk surety bind sebanyak 1.300 agen bersertifikat.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda