Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Persiapan Umroh di Bulan Ramadhan | Pasarpolis Blog

Persiapan Umroh di Bulan Ramadhan

 by pasarpolis |  2016-05-30 06:08:49

Melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan memerlukan ketahanan ekstra fisik dan mental. Ayo persiapkan sebaik mungkin agar proses ibadah Anda berjalan lancar.

Setelah menimbang selama beberapa waktu, Laila (33) akhirnya memantapkan diri untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan menunaikan ibadah umroh bersama dua adik perempuannya. Niat mereka beribadah telah bulat setelah berkonsultasi mengenai keutamaan umroh Ramadhan dengan ustadzah pemandu pengajian rutin bulanan. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Laila dan adik-adiknya mengambil paket umroh Ramadhan dari perusahaan travel terpercaya yang sudah lama menjadi mitra perjalanan keluarga besar mereka.

            Dua minggu menjelang keberangkatan, berbagai persiapan telah mereka lakukan. Perlengkapan sholat dan pakaian sudah rapi tersusun di dalam koper, manasik telah dilakukan sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan juga telah dijalani. Ibadah umroh di bulan Ramadhan memang bisa jauh lebih menantang dibandingkan yang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Proses adaptasi dengan iklim setempat ditambah keterbatasan waktu untuk makan dan minum bisa amat menguras energi jika tidak dipersiapkan secara seksama. Berikut beberapa langkah yang penting dilakukan untuk mempersiapkan diri menjelang ibadah umroh Ramadhan:

1. Disiplin melakukan ibadah wajib dan sunnah

Membiasakan diri untuk melakukan ibadah wajib dan sunnah seperti sholat lima waktu tepat waktu, sholat tahajud, sholat dhuha, sholat hajat, dan membaca Al Qur’an sesering mungkin akan membuat kita lebih ringan melakukan ibadah yang sama ketika berada di tanah suci.

2. Olahraga secukupnya

Sebulan menjelang keberangkatan, lakukan olahraga ringan seperti senam pagi, berjalan kaki, dan jogging, setiap hari. Rutin berolahraga amat penting untuk memelihara stamina selama beribadah, terutama saat melakukan jenis ibadah Tawaf (berjalan mengelilingi Ka’bah) dan Sa’i (lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwa).

3. Menerapkan pola makan sehat

Menghindari junk-food, menambah asupan sayur dan buah-buahan, serta memperbanyak minum air putih amat berguna untuk memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh. Itu semua amat penting untuk memelihara kestabilan energi guna menunaikan ibadah umroh sambil berpuasa.

3. Disiplin mengatur jadwal tidur

Beristirahat secara cukup akan membuat tubuh kita terasa lebih segar dan berenergi. Disiplin menepati jadwal tidur harian juga akan membuat kita terbiasa dengan jadwal ibadah dan kegiatan yang tetap setiap hari. Alih-alih tidur berlebihan, kita tentu ingin memanfaatkan momen umroh untuk beribadah sebanyak mungkin.

4. Singkirkan kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan

Merokok, begadang, serta menyantap gorengan dalam jumlah berlebihan, adalah beberapa contoh kebiasaan buruk yang perlu dihilangkan agar tidak mencederai kesehatan Anda selama menjalani ibadah umroh di bulan Ramadhan.

5. Persiapan multivitamin & obat-obatan

Pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan wajib menjelang ibadah umroh, konsultasikan kepada dokter mengenai jenis multivitamin dan persediaan obat-obatan yang baik untuk Anda konsumsi selama di perjalanan. Ini penting untuk memudahkan kita mengantisipasi gangguan kesehatan, karena tak semua merk obat yang biasa kita konsumsi akan mudah diperoleh di tanah suci nantinya.

6. Melakukan vaksinasi meningitis & influenza

Melakukan vaksinasi meningitis sudah menjadi poin wajib yang mesti dipenuhi oleh jutaan calon jamaah umroh dan haji yang hendak memasuki kawasan Arab Saudi. Selain meningitis, ada baiknya pula bila Anda melakukan vaksinasi influenza untuk mencegah penularan penyakit flu yang bisa menurunkan daya tahan tubuh dan mengganggu konsentrasi ibadah.

7. Memastikan kelengkapan administrasi

Persyaratan administrasi berupa paspor, buku vaksinasi, dan surat identitas lainnya amat penting untuk dilengkapi dan dibawa selama perjalanan. Pihak biro perjalanan biasanya akan membantu mengingatkan setiap calon jamaah untuk melengkapi berbagai dokumen tersebut demi kelancaran ibadah di tanah suci.

Pastikan juga Anda memiliki polis asuransi perjalanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dikehendaki, seperti penundaan waktu keberangkatan, pembatalan jadwal, ketidaktersediaan kamar hotel, musibah jatuh sakit, dan sebagainya, yang bisa menghambat proses ibadah. Apabila seluruh persiapan telah dipenuhi, kita tentu akan lebih tenang dan leluasa dalam menjawab panggilan-Nya. Labbaik Allahumma labbaik...

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda