Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Perlindungan yang Hanya Bisa Didapat dari Asuransi Syariah | Pasarpolis Blog

Perlindungan yang Hanya Bisa Didapat dari Asuransi Syariah

 by pasarpolis |  2015-05-28 09:55:37

Jika dipahami, sebenarnya pengertian asuransi syariah tidak berbeda dengan asuransi konvensional. Pada dasarnya, keduanya menyediakan berbagai layanan yang memberi manfaat sesuai kebutuhan nasabah. Kini semakin banyak masyarakat yang menaruh minat tinggi terhadap asuransi syariah, dengan perbedaan utama sistem bagi hasil yang hanya diterapkan dalam sistem asuransi syariah.

Tak hanya itu saja, ada beberapa poin tentang perbedaan proteksi menyeluruh yang hanya bisa Anda dapatkan lewat asuransi syariah, di antaranya:

Poin#1: Investasi berdasarkan instrumen syariah

Dalam sistem asuransi syariah, pengelolaan dana asuransi seperti investasi hanya boleh berpegang pada instrumen dengan basis syariah. Tak hanya bersih dari unsur haram, namun juga harus bersih dari unsur gharar (ketidakjelasan), maysir (judi) dan riba. Ada juga Dewan Pengawas Syariah (DPS) sebagai pengawas pemasaran produk dan pengelolaan investasi dana.

Poin#2: Mudharabah

Sistem bagi hasil menjadi manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dalam sistem asuransi syariah. Keuntungan dana pemegang polis menjadi sumber pembagian keuntungan perusahaan, ini sesuai prinsip bagi hasil yang diterapkan dalam asuransi syariah.

Poin#3: Rekening Tabarru

Dalam asuransi syariah, pemegang polis dianggap pemilik modal (shohibul mal), sementara pihak asuransi adalah pemegang amanah (mudharib). Setiap kali pemegang polis membayarkan premi maka akan dimasukkan ke rekening Tabarru, yakni dana yang dikumpulkan peserta dengan niat sebagai iuran dan tujuannya untuk saling tolong-menolong. Hasilnya nanti akan dikurangi klaim dan premi, barulah dibagi antara pemegang polis dan perusahaan asuransi dengan prinsip al-mudharabah.

Poin#4: Dana takkan hangus

Tidak ada dana yang akan hangus seperti pada asuransi konvensional. Seandainya peserta tak bisa melanjutkan pembayaran premi pada masa kontrak dan mengundurkan diri sebelum akhir periode, dana yang sudah dibayarkan bisa diambil kembali, kecuali dana yang sudah diniatkan untuk Tabarru. Selain itu, resiko dikelola berdasarkan sharing of risk, bukan transfer of risk.

Ingin tahu lebih lengkap tentang asuransi? Tak hanya asuransi syariah, Anda bisa mengetahui seputar asuransi apapun dan membandingkan berbagai produk asuransi di PasarPolis, portal digital yang menawarkan berbagai jenis asuransi terlengkap dan termurah.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda