Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Periksa Kendaraan Jelang Mudik Lebaran | Pasarpolis Blog

Periksa Kendaraan Jelang Mudik Lebaran

 by pasarpolis |  2016-05-31 04:37:45

Punya rencana mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi? Pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kendaraan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sekar (39) dan keluarganya berniat merayakan Idul Fitri tahun ini di Banyuwangi. Kebetulan, ia dan suaminya memang berasal dari kampung halaman yang sama, sehingga mereka tak pernah absen menempuh perjalanan mudik Lebaran ke kota tersebut. Selain bersilaturahmi dengan keluarga besar, Sekar juga rindu mengajak ketiga putranya menelusuri garis pantai Banyuwangi yang elok.

Seminggu menjelang mudik, berbagai persiapan sudah dilakukan. Pekerjaan di kantor sudah diselesaikan, cuti tambahan sudah disetujui, oleh-oleh untuk keluarga sudah dibeli, dan—yang paling penting, kendaraan sudah diperiksa secara menyeluruh untuk memastikan sedang berada dalam kondisi prima. Memang ada banyak hal yang tak boleh luput dari perhatian kala melakukan persiapan mudik dengan mobil pribadi. Ini beberapa poin yang wajib masuk ke dalam daftar:

1. Mesin dan suku cadang

Tips mudik lebaran yang terpenting adalah memastikan bahwa Anda menepati jadwal servis rutin dan general check up untuk memeriksa kondisi mesin, rangka internal (sasis), rangkaian penggerak (drive train), dan kelistrikan mobil. Petugas bengkel akan memastikan bahwa komponen vital kendaraan seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, dan minyak power steering, berada dalam kondisi baik. Periksa pula kondisi tali kipas, motor kipas, busi, dan filter oli. Jika sudah tidak layak pakai, lakukan penggantian selekasnya.

2. Rem dan kaki-kaki

Selain mesin, rem dan kaki-kaki kendaraan juga penting masuk ke dalam daftar pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan rem untuk memastikan komponen tersebut masih bisa berfungsi secara optimal. Rem yang tidak berfungsi dengan baik tentunya amat mengancam keselamatan keluarga selama perjalanan mudik. Sama pentingnya, periksa pula kondisi kaki-kaki kendaraan. Untuk mendeteksi kerusakan, cobalah membawa kendaraan melalui jalan rusak. Jika terdengar bunyi yang tak biasa, berarti ada sesuatu yang perlu dibenahi.

3. Ban

Ibarat sepatu yang kita kenakan, ban kendaraan akan menentukan kenyamanan pemakainya selama berada di perjalanan. Untuk itu, pastikan ban kendaraan tidak dalam kondisi kempis, “botak”, ataupun memiliki tonjolan tak rata pada permukaannya. Jika kendaraan akan membawa beban yang lebih berat daripada biasanya, barangkali Anda perlu menambah tekanan ban sesuai yang disarankan oleh petugas bengkel. Pastikan pula ban cadangan berada dalam kondisi prima.

4. Lampu dan peralatan luar lainnya

Periksa fungsi semua lampu yang berada di kendaraan—lampu depan & belakang, lampu kabut, lampu rem, lampu sein, termasuk lampu interior. Pastikan pula bahwa klakson, wiper, kaca spion, dan AC bisa berfungsi dengan baik. Jika sudah kotor, ganti filter udara kabin untuk menjamin kualitas udara yang dihirup oleh penumpang. Jika karet wiper sudah usang, jangan ragu menggantinya agar pandangan Anda tak terganggu oleh derasnya curah hujan di perjalanan.

5. Interior kendaraan

Perjalanan mudik Lebaran akan terasa lebih nyaman bila kabin berada dalam kondisi bersih. Jika biasanya Anda membersihkan kabin sendiri, kali ini tak ada salahnya meminta petugas salon mobil untuk membersihkan interior kendaraan secara menyeluruh sebelum mudik. Sebelum membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai, petugas bisa mengangkat semua jok di mobil agar  pembersihan bisa dilakukan secara lebih efektif.

6. Eksterior

Pembersihan interior juga perlu diikuti dengan pembersihan eksterior kendaraan. Komponen yang paling penting dibersihkan adalah kaca mobil. Pasalnya, kaca yang kotor oleh debu dan jamur bisa mengurangi kualitas pandangan ke luar. Selain membersihkan kaca dengan cairan antijamur, ada baiknya pula melapisi kaca mobil dengan rain repellent yang efektif menyingkirkan air di saat hujan deras. Poles bodi mobil pun layak dipertimbangkan untuk memudahkan Anda menyingkirkan kotoran dari permukaan kendaraan.

7. Kelengkapan pendukung

Setelah memastikan kendaraan berada dalam kondisi prima, kini giliran Anda menyiapkan kelengkapan pendukung seperti kunci-kunci, dongkrak, segitiga pengaman, ban serep, dan peralatan P3K. Periksa juga masa berlaku SIM dan STNK untuk menghindari masalah administrasi di perjalanan.

Bukan hanya itu, antisipasi pula berbagai hal yang bisa terjadi selama di perjalanan—seperti kerusakan mesin dan kerusakan bodi kendaraan karena berbagai penyebab, dengan perlindungan asuransi kendaraan. Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, Anda perlu menyiapkan perlindungan sebelum tertimpa kejadian yang tidak diinginkan.

Selamat jalan. Semoga perjalanan mudik Lebaran Anda berlangsung aman dan menyenangkan. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda