Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Pentingnya Aktivitas Fisik Selama Kehamilan | Pasarpolis Blog

Pentingnya Aktivitas Fisik Selama Kehamilan

 by pasarpolis |  2015-06-03 15:13:34

 

Kebanyakan wanita merasa malas untuk melakukan aktivitas fisik ketika hamil, padahal jika calon ibu kurang gerak selama masa kehamilan dapat mengakibatkan peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

Peningkatan berat badan yang berlebihan saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti obesitas setelah melahirkan, tekanan darah tinggi dan preeklamsia, yaitu kandungan protein yang berlebihan di dalam urin. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko obesitas pada bayi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kebanyakan wanita hamil, mencapai 75%, tidak cukup bergerak untuk mencegah risiko berat badan berlebihan. Seharusnya wanita hamil menjalani program latihan selama 30 menit perhari. Selain itu, wanita hamil diharuskan aktif sepanjang hari untuk menjaga berat badan.

Christina Campbell, professor ilmu makanan dan nutrisi di Iowa State University, bersama timnya memantau kadar aktivitas dan jumlah kalori yang dibakar oleh wanita hamil. Mereka menyimpulkan, bahwa wanita hamil yang tidak berolahraga spesifik namun aktif sepanjang hari dan selalu bergerak, lebih banyak membakar kalori dibandingkan wanita hamil yang hanya melakukan olahraga 30 menit perhari.

Jadi, jika Anda hamil sebaiknya lakukan olahraga secara rutin atau beraktivitas sepanjang hari. Selama kehamilan Anda  dapat melakukan olahraga sekaligus melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu, mengepel, memasak, dan mencuci. Sehingga kebugaran tetap terjaga dan menghindarkan Anda dari obesitas atau kegemukan saat hamil.

Selain melakukan pekerjaan rumah tangga, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit, menari, pilates, yoga, aerobic atau zumba, kegel, sepeda statis, dan renang. Melakukan olahraga ringan tersebut dapat menghindarkan Anda dari kegemukan dan dapat mempermudah proses kelahiran.

Lalu, apa saja persiapan Anda menjelang hari kelahiran?

Hal pertama yang perlu Anda siapkan tentu saja mental. Namun, disamping itu Anda juga harus memikirkan biaya persalinan dan pasca persalinan. Dengan persalinan normal, tidak banyak biaya yang dibutuhkan. Tapi jika Anda tidak dapat melakukan persalinan normal, biaya yang dibutuhkan pasti akan membengkak. Untuk itu daftarkan diri Anda sebagai tertanggung asuransi kesehatan. Dengan asuransi kesehatan Anda tidak perlu lagi merisaukan biaya persalinan.

(Baca Juga : Cegah Kecemasan Anda Dengan Miliki Asuransi Kesehatan)

PasarPolis menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan untuk persiapan persalinan Anda. Kunjungi website PasarPolis untuk membandingkan, memilih, dan membeli produk asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda