Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Pengertian Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya | Pasarpolis Blog

Pengertian Asuransi Kesehatan Beserta Manfaatnya

 by pasarpolis |  2015-12-14 03:22:00

Sebaiknya Anda mencegah penyakit degeneratif sejak dini. Salah satu cara mencegah penyakit ini adalah dengan membiasakan diri untuk menjalankan pola hidup sehat, menghindari rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga. Selain hal tersebut, Anda juga bisa melindungi diri dengan produk asuransi kesehatan. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan?

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis produk asuransi yang ditawarkan untuk memberikan proteksi kepada tertanggung dengan cara menjamin biaya kesehatan atau perawatan di rumah sakit. Saat ini, hampir seluruh perusahaan asuransi di Indonesia telah menyediakan produk asuransi kesehatan.

Kini, produk asuransi kesehatan tidak hanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi sosial saja, tapi juga diselenggarakan oleh perusahaan asuransi jiwa dan perusahaan asuransi umum. Asuransi kesehatan memberikan jaminan biaya rumah sakit termasuk perawatan yang tergolong dalam rawat inap dan rawat jalan.

Pertanggungan untuk rawat iniap, umumnya meliputi biaya sewa kamar di rumah sakit selama masa perawatan, biaya layanan dokter, biaya obat-obatan, biaya laboratorium atau penunjang diagnostik, serta biaya pembedahan. Biaya kamar yang dijamin juga bisa disesuaikan dengan nilai premi asuransi yang dibayarkan tiap bulannya.

Sedangkan untuk rawat jalan, biaya yang akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi meliputi biaya dokter, diagnosis dan laboratorium, serta biaya obat-obatan. Pada umumnya setiap produk asuransi memberlakukan besaran biaya berdasarkan limit maksimum masing-masing komponen per kunjungan atau per tahun dan frekuensi maksimum kunjungan dalam satu tahun.

Selain dibagi menjadi pertanggungan rawat inap dan rawat jalan, asuransi kesehatan juga dibagi berdasarkan penggunanya, yakni asuransi kumpulan dan asuransi inividu. Pembagian asuransi berdasarkan jenis kepemilikan ini, memberikan benefit dan cara pembayaran premi yang berbeda.

Asuransi kumpulan atau asuransi kolektif merupakan jenis asuransi kesehatan yang diperuntukkan bagi perusahaan agar dapat memberikan jaminan kesehatan kepada para karyawan atau pegawainya. Para karyawan yang menjadi tertanggung, secara otomatis akan menjadi anggota dari asuransi kumpulan dan tidak akan membayarkan premi secara langsung, karena pembayaran preminya ditanggung bersama dan dipotong melalui gaji yang dibayarkan setiap bulannya. Perlindungan yang diberikan, karena polisnya hanya dimiliki oleh satu orang, yakni atas nama perusahaan, dengan benefitnya lebih dari satu, maka tentu saja manfaat yang diberikan tidak begitu besar seperti yang didapatkan oleh pemilik polis asuransi kesehatan individu.

Sementara itu, asuransi kesehatan individu adalah jenis produk asuransi kesehatan yang bisa dimiliki oleh satu orang nasabah untuk menanggung dirinya sendiri. Asuransi individu ini akan memberikan manfaat atau benefit maksimal, sesuai dengan premi dan perluasan pertanggungan, kepada pemegang polis atau tertanggung. Karena dimiliki oleh satu orang dengan benefit untuk satu orang pula, serta cakupan perlindungannya yang luas, maka beban premi yang harus dibayarkan juga lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi kesehatan kumpulan.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Setelah mengenal pengertian, serta pembagian asuransi berdasarkan jenis pertanggungan dan kepemilikan, selanjutnya akan dibahas manfaat asuransi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya.

  1. Terdiri dari 4 jenis manfaat perawatan atau program, yakni manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat rawat inap (inpatient), manfaat persalinan manfaat perawatan gigi. Keempat manfaat tersebut akan menangung biaya jasa dokter, pembelian obat-obatan, rawat inap, serta tindakan operasi.
  2. Manfaat rawat inap atau inpatient mencakup fasilitas pertanggungan biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya persalinan, serta biaya darurat (emergency service).
  3. Manfaat perawatan gigi, meliputi pelimpahan biaya untuk pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks hingga pemasangan gigi palsu.
  4. Manfaat rawat jalan atau outpatient meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat yang menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Dalam manfaat rawat jalan, terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya.

Jenis-jenis asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Pembagian ini, berdasarkan pengelola dana hingga peserta yang ditanggung. Berikut jenis-jenis asuransi kesehatan berdasarkan cakupan masing-masing.

  • Berdasarkan pengelola atau kepemilikan perusahaan asuransi

Berdasarkan pengelola atau kepemilikan perusahaan, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua, yakni pemerintah dan swasta.

Asuransi kesehatan yang pengelola dananya dimiliki oleh pemerintah, umumnya memiliki keuntungan berupa biaya kesehatan lebih mudah diawasi. Sayangnya, keuntungan ini tidak dibarengi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik, sehingga seringkali pelayanannya kurang begitu maksimal.

Sedangkan asuransi kesehatan yang dikelola swasta, umumnya memberikan mutu dari pelayanan yang terbilang cukup bagus dan memuaskan. Meskipun begitu, asuransi kesehatan swasta biaya kesehatan tidak selalu dapat diawasi secara baik.

(Baca juga : Premi Asuransi Kesehatan Manulife, Terjangkau Namun Berikan Layanan Prima )

  • Berdasarkan keanggotaan

Seperti halnya pengelolaan perusahaan, pembagian asuransi berdasarkan keangotaan juga dibagi menjadi dua jenis, yakni wajib dan sukarela.

Asuransi kesehatan wajib berlaku ketika seseorang ‘dipaksa’ untuk membeli dan memiliki asuransi kesehatan. Hal ini umumnya terjadi pada perusahaan atau pabrik yang memberlakukan asuransi kesehatan kumpulan. Polis dari asuransi ini dipegang oleh perusahaan dan dibeli untuk menjamin kesehatan para karyawan atau pegawainya. Pembayaran premi biasanya tidak dilakukan secara langsung, melainkan melalui potong gaji.

Sedangkan asuransi kesehatan sukarela, sering disebut sebagai asuransi individu merupakan asuransi yang polisnya dimiliki perseorangan tanpa terikat dengan badan apapun, serta atas kemauannya sendiri. Dalam asuransi jenis ini, siapapun bisa memilikinya sesuai dengan keinginannya sendiri atau dengan kata lain tanpa paksaan.

  • Berdasarkan jumlah dana yang ditanggung

Jumlah dana yang ditanggung dalam suatu asuransi kesehatan, dapat berupa penanggungan secara keseluruhan maupun penanggunan terhadap biaya kesehatan yang tinggi saja.

Jika penanggungan secara keseluruhan pihak asuransi akan menanggung seluruh biaya perawatan nasabah, pada penanggungan terhadap biaya kesehatan yang tinggi saja, perusahaan asuransi hanya akan meananggung biaya yang jumlahnya besar. Pada penanggungan terhadap biaya kesehatan yang tinggi saja, perawatan dengan dana kecil, akan menjadi tanggungan nasabah, bukan tanggungan perusahaan asuransi.

  • Berdasarkan proses pencairan klaim

Dalam dunia perasuransian, dikenal dua proses pencairan klaim, yakni reimbursement dan cashless.

Reimbursement merupakan suatu cara pembayaran segala biaya yang dibebankan kepada tertanggung menggunakan dana pribadi terlebih dahulu. Dana yang digunakan ini nantinya dilaporkan pada perusahaan asuransi untuk dicairkan. Dengan kata lain, reimburesement adalah penggunaan dana pribadi terlebih dahulu sebelum nantinya dana tersebut akan diganti oleh dana dari perusahaan asuransi.

Sedangkan cashless merupakan suatu cara pengajuan ganti rugi dengan langsung memberikan kartu keanggotaan sebuah perusahaan asuransi kepada rumah sakit yang sudah menjadi rekanan atau mitra. Sistem ini memungkinkan nasabah atau pemegang polis untuk melakukan proses pembayaran hanya dengan dengan menyerahkan kartu keanggotaan itu saja. Namun, pada umumnya, cakupan  perlindungan sistem cashless tidak seluas sistem reimbursement.

Setelah mengetahui penegertian, manfaat, dan jenis asuransi kesehatan, Anda bisa mulai memilah dan memilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda