Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Penderita Obesitas, Perlu Hindari Berlari | Pasarpolis Blog

Penderita Obesitas, Perlu Hindari Berlari

 by pasarpolis |  2015-06-03 15:11:09

 

Olahraga lari memang merupakan aktivitas fisik yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Selain mudah, lari juga dapat melatih semua otot tubuh dan efektif dalam membakar kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak semua orang diizinkan untuk melakukan olahraga ini. Terutama mereka yang menderita obesitas, sebaiknya tidak memasukkan olahraga ini kedalam pilihannya.

Hario Tilarso, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, menjelaskan ketika lari berat badan akan membebani persendian, sehingga menimbulkan risiko cedera. Hal ini disebabkan oleh berat badan yang sepenuhnya ditopang oleh lutut.

"Kalau orang kegemukan tidak dianjurkan olahraga lari. Risikonya, bisa bikin lutut cedera," jelasnya.

Ketika berlari, lutut akan menopang hingga 5 kali lipat berat tubuh. Contohnya, jika seseorang dengan berat tubuh 100 kg berlari, ia akan membebani lututnya 300 hingga 500 kg.

Hario menyarankan, sebelum melakukan olahraga tertentu, sebaiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai olahraga yang cocok dengan kondisi tubuh kita, terlebih lagi bagi orang-orang yang memiliki masalah kesehatan serius, seperti penderita jantung. Menurutnya, orang yang menderita obesitas sebaiknya memilih olahraga ringan seperti bersepeda atau berenang.

Meskipun lari mampu membakar kalori dengan cepat, sekitar 500-800 kilokalori, namun bagi penderita obesitas, lari tidak bisa dijadikan sebagai alternative untuk menurunkan berat badan. Pada dasarnya, penurunan berat badan tidak hanya dipengaruhi oleh olahraga, tapi juga pola makan sehari-hari.

Hario menambahkan, olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari, karena waktu tersebut sesuai dengan jam sikardian tubuh. Sedangkan malam hari dipersiapkan untuk tubuh beristirahat setelah melakukan aktivitas seharian.

Olahraga yang tidak tepat dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung orang yang mengalami kegemukan. Selain itu, juga dapat menimbulkan nyeri dada, sesak napas, pusing, dan nyeri pada bagian kaki. Maka jika Anda mengalami kegemukan atau obesitas, sebiknya pilihlah olarhraga ringan terlebih dahulu, selain mudah dilakukan, olahraga ringan juga aman bagi kondisi tubuh Anda.

(Baca Juga : Apakah Orang Kaya Perlu Pakai BPJS?)

Selain memilih olahraga yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dengan memiliki asuransi kesehatan yang tepat. Dengan asuransi kesehatan, kondisi kesehatan dan keuangan Anda lebih terjamin. PasarPolis menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan yang dapat dibandingkan dan dipilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan mengunjungi website PasarPolis Anda dapat menemukan produk asuransi murah dan tepat untuk Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda