Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Pelajari Hal Berikut Sebelum Miliki Asuransi Banjir | Pasarpolis Blog

Pelajari Hal Berikut Sebelum Miliki Asuransi Banjir

 by pasarpolis |  2015-04-07 09:01:17

 

Selain bahaya longsor, ketika musim penghujan mulai tiba, banjir merupakan momok yang ditakuti banyak orang. Hal itu disebabkan bencana berupa luapan air itu tidak dapat diprediksi kapan datangnya dan sampai sekarang masih belum ada program yang dirasa benar-benar tepat untuk menanggulanginya.

Ketika banjir melanda, khususnya bagi orang-orang di perkotaan, pastinya tidak hanya rumah atau properti mereka saja yang akan terkena imbas, kendaraan pun juga tak luput terkena dampak dari bencana tersebut. Oleh karenanya, tidak sedikit yang mencoba melakukan upaya preventif dengan ikut asuransi properti
(Baca Juga : 4 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Anggaran)

Tips Atasi Banjir yang Perlu Di Ketahui

Namun, apakah hanya dengan mengikuti asuransi properti maka semua hal akan tercover ?

Tips#1: Periksa Dengan Teliti

Tidak banyak perusahaan asuransi baik yang ada di Indonesia atau negara lain yang sudah mengikutsertakan perlindungan akan bencana banjir. Imbas dari bencana ini merupakan komplemen dalam klausal asuransi.

Contohnya saja di Kanada. Hampir semua perusahaan asuransi di negara tersebut tidak menyebutkan dan tidak memasukkan opsi perlindungan terhadap banjir. Hal ini disebabkan karena produk asuransi banjir ini tidak begitu prospek dan hanya akan diminati oleh orang-orang yang tempat tinggalnya sering atau berada di zona banjir saja. (Baca Juga : Kiat Agar Asuransi Bisa ‘Lindungi’ Kendaraan dari Begal)

Di Indonesia sendiri, berbagai macam perusahaan asuransi juga memiliki produk dan kebijakan yang berbeda-beda untuk hal ini. Oleh karenanya, disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu dengan seksama dan cermat, apakah asuransi yang diikuti sudah mencantumkan akan melindungi properti dan segala hal terhadap banjir atau tidak. Apabila tidak, maka akan menjadi satu hal yang sia-sia bagi Anda ketika melayangkan klaim ke perusahaan yang bersangkutan.

Tips#2: Ketahui dan Pahami Setiap Klausal Perjanjian

Selain wajib memeriksa secara teliti, Anda juga wajib mengetahui dan memahami setiap klausal perjanjian awal sebelum menandatangani kontrak. Hal tersebut dikarenakan, walaupun dalam penjelasan kontrak asuransi sudah tercantum ada covering untuk bencana banjir, bukan berarti segalanya akan selesai setelah Anda membubuhkan tanda tangan. Dengan kata lain, ada ketentuan yang berlaku dalam hal perlindungan terhadap bahaya bencana banjir ini.

Contohnya saja dalam hal perlindungan terhadap kendaraan. Dalam asuransi untuk kendaraan, ada yang disebut dengan Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk). Untuk TLO, premi yang dibayarkan tergolong murah atau sekitar 1 persen dari harga mobil yang diasuransikan pertahun dan pemilik polis asuransi akan mendapatkan ganti rugi sebesar (sekitar) 75 persen dari harga mobil jika terkena kerusakan. Sedangkan untuk All Risk, ada jaminan perlindungan secara penuh dari pihak asuransi terhadap kendaraan yang diasuransikan.

Namun khususnya untuk yang All Risk, ada beberata kategori yang menyebabkan berbedanya tingkat pembayaran polis, seperti Third Party Liability (TPL), Personal Accident (PA), Medical Expenses, Endorsement Huru Hara sampai dengan bencana alam, yang termasuk banjir di dalamnya.

Note#1: Mengenai Klaim Banjir

Sayangnya, khususnya untuk masalah bencana alam (banjir), klaim akan diterima apabila memang bencana tersebut datang tiba-tiba, seperti kendaraan pada akhirnya terendam di suatu tempat. Klaim akan ditolak apabila hal tersebut merupakan kesalahan dari pihak pemegang polis, contohnya menerjang banjir dan mengakibatkan kendaraan rusak. (Baca Juga : 4 Langkah Tepat Memilih Asuransi Rumah)

Oleh karenanya, sekitar tahun 2012 lalu, DPR RI mengesahkan Undang-Undang tentang Penanggulangan Bencana (UU PB). Setelah UU tersebut disahkan, The Indonesia Economic Intelligence (IEI) bersama Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menggelar seminar “Mengupas UU Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Asuransi."

Dari seminar tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perlunya ada kesinambungan dan kerjasama antara masyarakat, negara dan pihak asuransi ketika terjadi bencana. Karena sering terjadi ketika terjadi bencana antara pemerintah atau pihak asuransi atau juga masyarakat secara individu akan terbebani biaya yang sangat banyak dan tak terduga saat bencana melanda.

Note#2: Peraturan asuransi dari OJK terkait dengan bencana banjir

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 31 Desember 2013 juga turut mengeluarkan peraturan yang mengatur asuransi yang terkait dengan bencana banjir, Surat Edaran (SE) Nomor 06/D.05/2013. Dalam hal ini OJK memandang bahwa harus ada pengaturan yang tepat terkait bencana alam, khususnya banjir.

Dalam aturan tersebut, OJK membagi pengaturan berdasarkan 2 zona wilayah, yaitu wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan wilayah di luar DKI, Banten dan Jawa Barat. Tidak hanya itu, terdapat juga pembagian 4 zona tambahan yang dibedakan berdasarkan tingkat ketinggian banjir yang pernah terjadi.

Berdasarkan surat edaran tersebut, OJK juga mengatur penetapan tariff premi batas atas dan bawah. Tarif premi batas atas berfungsi untuk melindungi kepentingan masyararakat dari pengenaan premi yang berlebihan (over-pricing) dan untuk premi batas bawah bertujuan untuk mencegah tariff premi yang tidak memadai sehingga ketika terjadi klaim, perusahaan asuransi sulit untuk melakukan pembayaran. (Baca Juga : Pelajari Hal Berikut Sebelum Miliki Asuransi Banjir)

Selain itu, OJK juga berharap agar pihak asuransi memberikan toleransi pelaporan klaim asuransi kendaraan kepada pelanggan mereka dengan didasari kondisi di lapangan dan tidak mempersulit pelaporan apabila data atau dokumen yang harus disertakan hilang karena bencana. OJK juga akan melakukan pengawasan secara penuh dalam hal ini.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda