Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Pekerjaan Anda Berisiko Tinggi? Ini Solusinya | Pasarpolis Blog

Pekerjaan Anda Berisiko Tinggi? Ini Solusinya

 by pasarpolis |  2016-05-12 07:28:52

Setiap profesi memiliki risikonya sendiri-sendiri. Tapi ada beberapa profesi pekerjaan yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan bidang pekerjaan lain sehingga perlu proteksi perlindungan diri.

Salah satu profesi yang memiliki risiko kecelakaan bahkan kehilangan nyawa yang tinggi adalah jurnalis kriminal atau perang. Salah satu contohnya adalah  penembakan tragis terhadap reporter dan juru kameranya di Virginia, AS.

Profesi di bidang pertambangan, juga tak kalah berisiko kecelakaan tinggi. Eksplorasi minyak di tepi pantai atau di tengah laut,  pertambangan di bawah tanah atau di tengah hutan, bisa mengundang celaka. Bisa jadi dikarenakan lalai prosedur keselamatan atau faktor alam. Pada akhir Januari kemarin, contohnya, ada tiga orang pekerja tambang batubara yang tewas tertimbun longsoran tanah di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan.

Tingginya Resiko Kecelakaan Kerja

Data dari International Labour Organization (ILO) mencatat, setiap hari terjadi sekitar 6,000 kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban fatal di seluruh dunia. Di Indonesia, ada 20 kasus kecelakaan dialami para buruh dari setiap 100 ribu tenaga kerja, dan 30 persennya terjadi di sektor kontruksi.

Fatar, 37 tahun, adalah seorang pekerja off shore. Pengalaman yang terjadi pada rekan-rekan seprofesinya membuatnya sadar bahwa memiliki asuransi proteksi diri dari kecelakaan sangatlah penting. Apalagi, dia telah berkeluarga dengan dua orang anak.

"Kantor memang sudah memberikan asuransi kecelakaan kerja. Tapi, memiliki asuransi sendiri juga tak kalah penting," kata Fatar. Ia menceritakan pengalaman dua orang temannya yang mengalami kecelakaan hingga mendapat cacat tubuh permanen dan terpaksa berhenti bekerja. Teman pertama hanya mengandalkan asuransi yang diberikan oleh kantor, sedang teman yang kedua juga memiliki asuransi pribadi.

"Teman pertama, anak-anaknya bersekolah di tempat yang bonafid, dan dengan ditingkahi harga-harga kebutuhan yang terus merambat naik, mulai pusing memikirkan cara memanjangkan uang pertanggungan kantor sampai nanti semua anaknya bisa kuliah. Mau mulai berbisnis dari sisa uang itu? Dia sendiri tak bisa bekerja sedangkan istrinya juga tidak punya pengalaman kerja sama sekali. Bisnis juga perlu modal yang tidak sedikit," urainya.

Lain dengan teman kedua, selain mendapat uang pertanggungan dari kantor, ia juga mendapat dana dari asuransi proteksi diri. "Kondisi keuangannya lebih lega. Dia bisa membangun rumah kos yang layak dari dua pertanggungan yang dimilikinya. Bisnisnya itu bisa untuk terus menjamin kebutuhan keluarganya. Pengalaman mereka membuat saya lantas membeli polis asuransi proteksi diri. Jangan sampai anak putus sekolah atau terpaksa pindah dari sekolah bonafid unggulan ke bukan unggulan. Nanti bisa berdampak pada kejiwaan mereka," kata Fatar lagi.

Resiko Akibat Kecelakaan Kerja

Dari daftar yang dirilis Occupational Safety and Health Administration (OSHA), OSHA menilai ada 15,8 fatalitas atau kecelakaan yang berakibat fatal per 100 ribu pekerja pada tahun 2011. Oleh karena itu, asuransi sangat penting untuk melindungi Anda dan keluarga Anda  dari berbagai kemungkinan risiko di saat Anda terjun bekerja di bidang profesi yang rawan kecelakaan. Entah itu sebagai pilot, pekerja tambang, tenaga medis, atau jurnalis.

Asuransi proteksi diri memberikan manfaat risiko kematian, cacat tetap dan biaya perawatan/pengobatan akibat kecelakaan. Biasanya juga, surat proteksi diri yang dikeluarkan perusahaan asuransi untuk dipegang oleh pihak tertanggung, berlaku di mana saja di seluruh dunia. Ini poin yang penting. Artinya, walau kecelakaan terjadi tidak di tempat kerja, Anda dan keluarga tetap bisa merasakan uang manfaat dari asuransi proteksi diri.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda