Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
OJK Wacanakan Naikkan Batas RBC, DPR Nilai Terlalu Mendadak | Pasarpolis Blog

OJK Wacanakan Naikkan Batas RBC, DPR Nilai Terlalu Mendadak

 by pasarpolis |  2015-05-27 14:46:53


Dikarenakan entitas utama dalam konglomerasi memiliki konsekuensi yang tinggi karena juga harus menanggung risiko anak usahanya, maka Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menggodok wacana untuk menaikkan batas rasio kecukupan modal perusahaan asuransi yang ditunjuk menjadi entitas utama dalam konglomerasi. Selain itu, dikarenakan kemampuan perusahaan yang menjadi entitas utama konglomerasi berbeda-beda, maka harus ada perhitungan sendiri akan hal tersebut.

Menurut Kepala Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani, untuk menambah liabilitas dan cadangan entitas utama dalam konglomerasi, maka rasio kecukupan modal atau risk based capital (RBC) juga harus naik.

Selama ini, salah satu syarat RBC minimal untuk perusahaan asuransi adalah sebesar 120%, maka persentase tersebut harus ditambah apabila seluruh entitas utama dalam konglomerasinya sudah mendekati batasan.

Saat ini, dia mengatakan sejumlah konglomerasi keuangan tengah memproses penetapan entitas utama dalam konglomerasi itu dan masing-masing konglomerasi sedang masuk dalam tahap uji coba untuk menentukan siapa yang tepat dan layak menjadi entitas utama.

Namun seiring dengan wacana penaikan batas RBC, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai bahwa hal tersebut dirasa terlalu mendadak dan seharusnya dilakukan secara bertahap untuk menjaga perlindingan para pemegang polis.

Pengkajian ulang tersebut dimaksudkan agar semua pihak termasuk para pemegang polis tetap mengetahui secara transparan bahwa perusahaan asuransi yang bersangkutan itu sehat dan semua risiko yang dipertanggungkan tetap dapat ditanggulangi secara normal. Dan, wacana kenaikan RBC tersebut harus menyesuaikan kemampuan dari industri. Dikarenakan masih bertajuk wacana, pihak DPR mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada usulan pembahasan penaikan RBC dalam agenda pembahasan.

Kembali ke masalah wacana kenaikan RBC oleh OJK tersebut, menurut Firdaus, sampai sekarang ini baru Sinarmas MSIG Life yang sudah menetapkan perusahaan asuransi sebagai entitas utama dalam konglomerasi tersebut.

Beberapa grup yang teridentifikasi sebagai konglomerasi keuangan adalah Grup Mandiri, Grup BNI, Grup BRI, Gmp Mega, Grup Bukopin, Grup BII, Grup DBS, Grup CitiBank, Grup Panin, Grup Permata, Grup BCA, Grup Sinar Mas, Grup CIMB Niaga dan Grup MNC.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda