Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
OJK Ungkap Minat Tinggi Masyarakat Terhadap Asuransi Mikro | Pasarpolis Blog

OJK Ungkap Minat Tinggi Masyarakat Terhadap Asuransi Mikro

 by pasarpolis |  2015-05-25 07:44:09

 

Di awal tahun 2014 memang telah diluncurkan produk baru asuransi yakni asuransi mikro. Setelah diperkenalkan ke masyarakat, asuransi mikro ini langsung menarik minat banyak orang, yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan produk tersebut, demikian diungkapkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jenis asuransi mikro sendiri beragam, mulai dari asuransi kredit mikro hingga asuransi kematian.

(Baca Juga : Kiat Memilih Perusahaan Asuransi Yang Baik)

Disebutkan oleh Dumoly Freddy Pardede selaku Deputi Komisioner OJK Bidang Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II, hingga periode Juli 2014 saja, sudah ada 27 perusahaan asuransi yang menyediakan jasa produk mikro. Dari 27 perusahaan tersebut, 13 perusahaan berfokus pada asuransi jiwa, sementara 14 lainnya mengarahkan fokus pada asuransi kerugian.

Dan, terhitung sejak awal tahun hingga bulan September 2014, sudah ada total peserta sekitar 5,8 juta orang di seluruh Indonesia. Dalam waktu yang sama, total pengumpulan premi dan kontribusi y seluruh nasabah tersebut mencapai angka Rp 1,22 triliun. Sedangkan pengajuan total klaim baru sebesar Rp 71,56 miliar. Asuransi mikro inipun masih terpusat di Pulau Jawa.

Salah satu asuransi mikro yang banyak diminati adalah siPeci atau singkatan dari Asuransi Penuh Cinta, yang bisa diklaim untuk kematian baik karena kecelakaan maupun sebab alami. Selain SiPeci, ada pula Warisanku yang merupakan asuransi kecelakaan dan Rumahku yakni asuransi tinggal.

Ada juga Stop Usaha bagi para pengusaha, di mana asuransi ini bisa diklaim jika usaha mengalami bangkrut akibat bencana alam, misalnya gempa, gunung meletus, atau tsunami. Bersifat fleksibel, asuransi mikro juga ada yang menggunakan sistem syariah. SiBijak adalah asuransi mikro syariah memberikan fasilitas berupa santunan pemakaman serta keperluan penguburan lainnya.

Asuransi Mikro

Hingga kini, makin banyak perusahaan asuransi yang memberikan produk asuransi mikro untuk masyarakat. Sektor komunikasi juga masuk dalam cakupan asuransi mikro. Perluasan asuransi mikro sendiri telah dilakukan di Surabaya melalui peluncuran resmi pada Oktober lalu.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda