Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Mobil Terjebak di Rel Kereta Api? Lakukan Hal Ini! | Pasarpolis Blog

Mobil Terjebak di Rel Kereta Api? Lakukan Hal Ini!

 by pasarpolis |  2015-06-11 04:04:08

 

Pernahkah Anda mendengar terjadi sebuah kecelakaan naas saat mobil yang tengah melintas di atas rel kereta api mendadak tak bisa bergerak dan karenanya kendaraan tersebut langsung tergilas oleh kereta api?

Fenomena seperti ini sangat sering terjadi dan membuat momok tersendiri bagi para pengendara mobil yang melintasinya. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan mesin mobil mendadak macet?

Penyebab mesin mobil macet di lintasan kereta

Pada kendaraan bermotor, bagian starter mesin digerakkan oleh dynamo. Nah, dynamo ini menggunakan prinsip meddan magnet untuk menggerakkan mesin mobil atau motor yang sistem kerjanya akan terganggu oleh impedansi yang dihasilkan oleh rel kereta api.

Impedansi ini muncul karena adanya pergesekan roda kereta api dan rel (kemagnetan dan GGL induksi listrik). Impedansi tersebut bisa mengakibatkan mesin mobil atau motor sulit menyala kembali.

Kejadian seperti ini terutama berpengaruh pada kendaraan yag berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga tidak menutup kemungkinan mengalami kejadian serupa. Itulah mengapa mesin mobil akan mendadak susah untuk dioperasikan.

Kejadian semacam ini biasanya terjadi ketika kereta api masih berjarak 1,5 Km dari lintasan di mana kendaraan bermotor tersebut mati mendadak.

Tindakan yang harus dilakukan

Dalam keadaan seperti ini, mayoritas pengguna kendaraan pasti akan merasakan panik luar biasa. Solusinya, bunyikanlah suara klakson berulang-ulang. Bunyi klakson yang tinggi tersebut akan berperan untuk memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet sekitarnya.

Namun, bila cara ini tak kunjung berhasil, Anda harus segera ke luar dari mobil dan mendorong kendaraan untuk lepas dari jalur rel kereta api. Bila setelah upaya maksimal, kendaraan tak kunjung juga bergeser sementara kereta api sudah semakin dekat, maka dengan terpaksa Anda harus merelakannya.

(Baca Juga : Cara Sederhana Atasi Mobil Matic Mogok di Jalan)

Tentu kerugian semacam ini sangat tak diinginkan oleh siapapun. Oleh karena itu, cegah kerugian besar Anda saat mudik nanti, bila sewaktu-waktu memang terjadi kecelakaan, dengan bergabung bersama asuransi mobil.

Pihak asuransi akan memberikan pertanggungan kerugian yang sesuai dengan polis yang sudah disepakati. Anda pun bisa melakukan cek harga dengan mudah melalui situs pasarpolis.com.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda