Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Mobil ‘Sehat’, Berkendara Jadi Lebih Tenang | Pasarpolis Blog

Mobil ‘Sehat’, Berkendara Jadi Lebih Tenang

 by pasarpolis |  2015-06-05 07:38:31

Mobil yang ideal adalah mobil yang mampu beroperasi secara lancar tanpa gangguan. Untuk mencegah gangguan pada komponen mobil, biasanya para driver melakukan pengecekan sebelum mobil tersebut digunakan. Pengecekan yang umum dilakukan adalah pengecekan oli, kondisi ban mobil. Namun beberapa driver lupa untuk mengecek komponen penting seperti power steering mobil mereka.

Power steering adalah sebuah komponen sistem kemudi yang membantu meringankan kerja roda kemudi saat membelokkan arah mobil. Sebenarnya beberapa mobil belum dilengkapi oleh komponen ini, akibatnya saat seorang driver ingin berbelok harus sedikit kesusahan karena untuk menggerak roda yang tengah melaju cukup kencang terasa sedikit lebih berat.

Disanalah letak fungsi power steering, ia bertugas meringankan poros putaran roda kemudi sehingga saat berbelok hanya membutuhkan sedikit putaran saja. Selain itu komponen satu ini juga mencegah kerusakan felg mobil yang terlalu dipaksa untuk berbelok.

Proses pengecekan power steering pun sangat penting, karena akan percuma apabila Anda sudah memiliki komponen tersebut tetapi kerja roda kemudi Anda tetap saja berat. Biasanya kerusakan yang terjadi pada power steering adalah power steering kaku dan berat atau juga bocor. Jika sudah terjadi kerusakan segeralah mengganti komponen tersebut, apabila tidak segera diganti makan kerusakan bisa berlanjut pada komponen lainnya.

Pada saat penggantian power steering sangat dianjurkan untuk menggunakan komponen baru bukan yang bekas. Meskipun harga power steering bekas lebih murah namun mungkin saja ada kerusakan yang Anda tidak ketahui. Dan bisa saja akan menjadi pembengkakkan dana di masa yang akan datang karena harus mengganti kembali komponen tersebut.

Lebih baik membeli komponen asli, meski harganya lebih mahal tetapi keamanan dan kualitas komponen bisa dijamin. Selain itu juga ada garansi untuk kerusakan komponen asli dan Anda bisa mengajukan komponen baru apabila komponen asli yang Anda beli mengalami kecacatan produk.

Namun ada cara lain agar Anda bisa meminimalisir kerusakan power steering, yaitu :

  • Saat mobil dalam kondisi mati jangan memutar atau menggerakan roda kemudi
  • Saat melewati tikungan usahakan mobil berbelok dalam kondisi memiliki kecepatan, bukan berhenti
  • Usahakan tidak membelokan roda kemudi sampai batas akhir kemampuan putar roda kemudi.
  • Gunakan pelumas power steering yang original
Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda