Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Merawat Mesin Mobil Yang Benar | Pasarpolis Blog

Merawat Mesin Mobil Yang Benar

 by pasarpolis |  2015-12-22 04:33:34

Cara perawatan mesin mobil ini bisa kita lakukan melalui perawatan dasarnya, yang dimulai dengan dasar tune-up. Maka dari itu, kita perlu kabel pengapian, busi, rotor, dan topi distributor. Selain itu jangan lupa menjaga mesin mobil Anda agar selalu dalam kondisi yang baik dengan mengganti oli mobil setiap mencapai kisaran 3000 hingga 5000 mil. Karena apabila tidak segera diganti, maka mesin mobil Anda akan mengeluarkan suara mesin yang kasar. Selain itu mesin juga akan mudah panas, sehingga kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu. Pada saat mengganti oli, jangan lupa untuk membersihkan filter olinya. Karena, tidak akan ada manfaatnya bila Anda menjalankan minyak yang bersih, tetapi masih melewati filter oli yang kotor. Itu merupakan cara perawatan mesin mobil yang sudah umum dilakukan, bahkan saat Anda menservis mobil Anda secara otomatis montir akan memeriksa hal tersebut. Tetapi terkadang ada pemeriksaan yang terlewatkan, diantaranya adalah memeriksa tingkatan cairan. Yang perlu kita lakukan adalah dengan memeriksa rem, power steering, anti beku, mesin cuci pelarut, dan juga cairan transmisi.

Bagaimana cara kita memeriksa keberadaan cairan tersebut. Yang harus Anda ketahui adalah beberapa hal berikut ini:

  • Oli Mesin: Anda bisa memeriksa ketinggian dari oli yang berada di dalam mesin mobil. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memeriksa dari stik oli yang berada pada tutup tempat oli di mesin mobil Anda. Idealnya adalah oli berada diantara tanda LOW dan HIGH pada stik oli tersebut. Jika tanda oli berada mendekati LOW sebaiknya Anda memeriksa lagi jadwal service atau ganti oli mobil Anda. Selain itu Anda juga memeriksa apakah ada kemungkinan terjadi kebocoran oli.
  • Air Radiator: Selalu periksa air yang berada di radiator mobil Anda. Sebaiknya Anda melihat langsung melalui tutup radiator. Yang harus Anda ingat adalah jangan sekali-sekali Anda membuka tutup radiator saat mesin mobil menyala atau mesin mobil dalam keadaan panas. Sebaiknya dilakukan saat mesin mobil belum dihidupkan.
  • Minyak Rem: Posisi minyak rem harus berada pada tanda antara LOW dan HIGH. Jika minyak rem berada pada LOW jangan langsung ditambah minyak rem. Turunnya tanda minyak rem tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena menipisnya brake pad atau kampas rem.
  • Oli Power Steering: Tentu saja Anda sudah memahami apa itu powes steering. Jika minyak power steering habis maka akan menyebabkan kemudi menjadi berat saat dijalankan. Tanda yang paling jelas dan bisa Anda rasakan adalah adanya bunyi pada pompa saat Anda berbelok.

Cara perawatan mesin mobil ringan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan posting kabel dan baterai. Dan itu bisa Anda lakukan sambil membersihkan mobil Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda