Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Menghindari Cedera di Pusat Kebugaran | Pasarpolis Blog

Menghindari Cedera di Pusat Kebugaran

 by pasarpolis |  2016-05-25 06:23:57

'Kecelakaan' yang berakibat cedera fisik bisa terjadi di mana saja, termasuk di pusat kebugaran. Pahami aturan main berlatih di gym agar tidak terjadi 'bencana' di kemudian hari.  

Berlatih di pusat kebugaran mungkin bukan hal yang baru bagi Anda. Tapi, tidak banyak yang paham bagaimana berlatih yang tepat di sana. Anda masih ingat kasus yang menimpa Devi Ayuningtyas? Perempuan muda ini menulis surat terbuka di berbagai media dan media sosial yang menceritakan cedera yang dialaminya saat berlatih di sebuah pusat kebugaran didampingi pelatih pribadi. Sekadar flash back, di surat tersebut Devi menceritakan bahwa setelah lima kali berlatih boxing, dia mendapat cedera serius berupa tempurung kaki kanannya bergeser sehingga menimbulkan sakit yang amat sangat.

Akibat cedera di pusat kebugaran tersebut, Devi sampai harus berpindah-pindah dokter di tiga rumah sakit dan menjalani tindakan penyedotan cairan di lutut hingga operasi pengangkatan dua serpihan tulang sendi yang pecah di dalam lutut. Dokter juga menyatakan bahwa tulang rawan Devi hancur dan hingga saat ini belum ada cara untuk mengobatinya.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan Devi untuk serangkaian pemeriksaan dan operasi tersebut? Kita tidak tahu. Tapi dari situ kita belajar bahwa cedera bisa terjadi di mana saja. Bahkan di tempat di mana seharusnya Anda bertambah sehat, bukan sakit. Bahkan jika Anda didampingi oleh seorang pelatih.

Karena itu, ada baiknya jika Anda menyimak bagaimana cara bijak mengatasi  dan menghindari cedera di pusat kebugaran.

1. Berlatihlah sesuai kemampuan

Jangan tergoda melihat orang lain di sebelah Anda yang bisa mengangkat beban berat puluhan bahkan lebih dari 100 kilogram. Mungkin saja memang dia seorang atlet profesional yang sudah berlatih bertahun-tahun.  Jangan sampai Anda  mengalami cedera tangan akibat terlalu memaksakan target latihan karena tergoda rekan di sebelah Anda. Sesuaikan beban dengan kekuatan Anda.

2. Pastikan Anda melakukan pemanasan dan pendinginan

Otot Anda perlu dibangunkan perlahan-lahan dari posisi istirahatnya. Jika Anda melakukan gerakan intensitas tinggi secara tiba-tiba, tanpa lebih dulu melakukan peregangan atau pemanasan, berarti Anda menantang cedera datang. Cedera karena tidak pemanasan bisa menyangkut cedera tangan, cedera harmstring, cedera otot kaki, dada, leher dan lain sebagainya. Setelah latihan, lakukan lagi peregangan untuk mendinginkan dan mengurangi sakit otot karena latihan.

3. Malu bertanya sesat di jalan

Bertanya dan meminta bantuan orang lain yang lebih ahli mengenai teknik suatu gerakan atau cara pemakaian alat fitness adalah salah satu cara cerdas menghindari cedera di pusat kebugaran. Hal itu tidak akan membuat Anda terlihat lemah atau bodoh. Apalagi apabila Anda tergolong baru ke pusat kebugaran.

4. Selalu kenakan alas kaki

Pemakaian alas kaki selain mencegah kuman dan jamur penyebab gatal dan merah-merah,  juga mencegah terpeleset saat lantai basah dan akhirnya bias berujung ke cedera punggung, tangan kaki atau bahkan cedera di kepala.

5. Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)

Yang dimaksud dengan asuransi kecelakaan diri adalah asuransi yang memberikan santunan terhadap risiko kematian, cacat total, serta biaya pengobatan yang disebabkan oleh risiko yang datang secara tiba-tiba atau tidak terduga. Manfaat asuransi kecelakaan diri adalah dapat memberikan rasa aman bila terjadi risiko kecelakaan atau cedera, termasuk cedera di pusat kebugaran seperti yang dialami Devi dan tentu saja meringankan beban finansial.

Cedera berat, seperti contoh di atas, tentu membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Dengan asuransi kecelakaan, beban keuangan itu tentu akan ringan untuk ditanggung.

Baca Juga : Tubuh Tetap Bugar Ini Dia Tipsnya

Berbagai jaminan ditawarkan oleh asuransi ini. Baik jaminan ketika Anda sedang beraktivitas maupun tidak sedang beraktivitas, sedang bekerja, berkendara atau dalam perjalanan, beristirahat dan lain sebagainya selama 24 (dua puluh empat) jam.

Dengan asuransi kecelakaan, Anda akan memeroleh banyak manfaat untuk perlindungan dan keselamatan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda