Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Mengenali Asuransi Jiwa dan Lingkup Luasnya | Pasarpolis Blog

Mengenali Asuransi Jiwa dan Lingkup Luasnya

 by pasarpolis |  2015-06-05 07:22:51

Tidak ada orang yang dapat meramal masa depan, kapan dia akan sakit atau bahkan kapan dia akan meninggal dunia. Namun apabila jauh-jauh hari sudah mempersiapkan ‘bekal’ dan juga proteksi akan segala risiko, maka masalah pun akan berlalu begitu saja.

Terlepas dari seseorang tersebut memiliki kemampuan ekonomi yang kuat atau lemah, akan tetapi memiliki produk asuransi, khususnya asuransi jiwa, dirasa sangat penting karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan perlindungan finansial atas kemungkinan munculnya risiko di masa mendatang.

Secara umum, asuransi jiwa dibagi menjadi 4 macam yaitu, asuransi jiwa term-life atau berjangka, asuransi dwiguna atau endowment, asuransi seumur hidup atau whole life dan asuransi gabungan atau biasa disebut dengan nama unit-link.

Unit#1: Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Jenis asuransi satu ini memiliki fungsi maksimal dengan premi minimal. Maksudnya adalah seseorang yang membeli atau memiliki polis asuransi jiwa berjangka akan mendapatkan benefit maksimal, namun premi yang harus dibayarkan itu kecil.

Pada umumnya, asuransi term life memiliki durasi pertanggungan antara 1, 5, 10 atau juga sampai 20 tahun. Asuransi jenis ini dikatakan juga sebagai asuransi murni karena tidak ada unsur investasi di dalamnya dan hanya akan ada perlindungan saja.

Unit#2: Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Dikatakan dwiguna karena memang jenis asuransi satu ini memiliki manfaat ganda yaitu sisi proteksi dan pengembalian uang pertanggungan baik ketika pemegang polis masih hidup di masa akhir kontrak atau juga ketika saat meninggal dunia. Tentu saja karena ada pengembalian uang di akhir kontrak, maka jumlah atau nilai premi yang harus dibayarkna juga lebih besar dibandingkan dengan asuransi term life.

Orang-orang yang cocok dengan jenis asuransi ini antara lain calon pemegang polis yang memerlukan dana bagi pendidikan anak, seseorang yang ingin memiliki simpanan dana untuk masa depan atau juga orang yang ingin memiliki dana pensiun.

Unit#3: Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Jenis asuransi satu inilah yang banyak dipahami atau diketahui masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan memiliki polis asuransi jiwa whole life, maka seseorang akan mendapatkan proteksi maksimal selama dia masih hidup.

Perlindungan yang diberikan adalah maksimal selama 99 atau 100 tahun dengan perhitungan pembayaran nilai premi yang juga besar, sesuai dengan manfaatnya. Asuransi jenis ini juga akan mengembalikan uang pada saat akhir kontrak ditambah keuntungan tambahan yaitu peningkatan uang pertanggungan atau UP.

Unit#4: Asuransi Jiwa Unit-Link

Secara umum, asuransi unit-link ini hampir sama dengan asuransi whole life, hanya saja perbedaan antara keduanya terletak pada keuntungan yang akan didapatkan oleh pemegang polis. Di asurasi whole life, konsumen akan mendapatkan pengembalian uang di akhir kontrak plus UP, sedangkan di unit-link, pemegang polis selain akan mendapatkan pengembalian uang dan UP di akhir kontrak, mereka juga akan mendapatkan hasil dari investasi yang diterapkan dalam asuransi unit-link ini.

(Baca Juga : Cara Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat)

Keuntungan investasi yang digunakan oleh unit-link besarnya bervariasi mengikuti pasar keuangan. Dikarenakan hal tersebut, whole life dan unit-link dapat dikatakan sebagai asuransi jiwa dengan premi paling mahal.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda