Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Mengenal Lebih Jauh Tentang Asuransi Kesehatan Murni | Pasarpolis Blog

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asuransi Kesehatan Murni

 by pasarpolis |  2015-12-14 03:02:31

tidak sedikit yang sudah meluangkan waktu untuk berolahraga. Apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Anda juga masih harus memberikan proteksi terhadap sisi finansial jikalau penyakit tiba-tiba muncul, walaupun Anda merasa badan masih sehat dan bugar.

Hal ini disebabkan karena dengan melindungi sisi finansial, maka Anda termasuk peduli dengan diri sendiri termasuk orang-orang terdekat. Bayangkan saja, jika Anda tiba-tiba jatuh sakit dan penyakit yang diderita tergolong ‘berat,’ maka berapa biaya yang harus dikeluarkan, jika Anda tidak memiliki proteksi.

#1. Penjelasan terkait asuransi kesehatan murni

Oleh karenanya, memilih untuk membeli dan memiliki produk asuransi kesehatan adalah langkah yang tepat. Dalam asuransi kesehatan sendiri, ada beragam jenisnya yang salah satunya dikenal dengan nama asuransi kesehatan murni. Apakah itu asuransi kesehatan murni?

Asuransi kesehatan murni adalah suatu produk asuransi individu yang memberikan jaminan atau perlindungan terhadap sisi finansial akan terjadinya risiko masalah kesehatan seseorang. Asuransi kesehatan murni pada dasarnya memiliki manfaat klaim rawat inap, rawat jalan, dokter gigi dan juga melahirkan, akan tetapi setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan dan peraturan tersendiri terkait manfaat dari asuransi kesehatan murni ini.

Tentu saja karena mengambil kata “murni,” maka dapat dikatakan bahwa asuransi kesehatan murni adalah jenis produk asuransi yang benar-benar berkutat pada masalah kesehatan dan bukan sebagai alat investasi atau yang dapat dikatakan profitable. Akan tetapi terdapat beberapa kelebihan dalam menggunakan jasa asuransi kesehatan murni ini, yaitu salah satunya adalah program asuransi merupakan program berjangka yakni tahunan.

Jika Anda merasa nyaman atau cocok dengan produk asuransi kesehatan murni, maka Anda dapat meneruskannya sampai batas yang sesuai dan tertera dalam kontrak dan melakukan renew. Akan tetapi jika Anda tidak cocok, maka Anda dapat memberhentikan layanan asuransi pada saat masa berlakunya habis. Hal ini akan memberikan kesempatan pada Anda untuk dapat melihat dan menikmati layanan asuransi sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan program asuransi Anda.

Selain itu, asuransi kesehatan murni juga memiliki besaran premi yang lebih rendah dan fleksibel karena tidak memiliki unsur saving atau tabungan dalam program asuransi Anda.

#2. Perbedaan asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan investasi

Sebelum beranjak menuju perbandingan antara asuransi kesehatan murni dengan asuransi kesehatan investasi, ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan asuransi kesehatan investasi terlebih dahulu.

Dikarenakan membawa embel-embel investasi di dalamnya, maka dapat dikatakan bahwa asuransi kesehatan investasi adalah suatu produk asuransi yang selain bertujuan untuk melindungi sisi finansial sang tertanggung akan risiko terkena penyakit, asuransi kesehatan investasi juga sarana bagi Anda untuk menabung untuk hari tua atau masa depan dan memperoleh keuntungan dari program gabungan investasi.

Keunggulan lain selain menabung dari asuransi kesehatan investasi adalah durasinya yang cukup lama dan dapat memberikan manfaat asuransi kesehatan secara menyeluruh atau penuh. Hal ini tentu akan menjadi suaut nilai plus tersendiri bagi Anda yang menginginkan perlindungan dari sisi finansial dan kesehatan serta dapat menjadi sarana menabung dan berinvestasi. Program ini memang memberikan kelebihan yang berbeda dan sangat praktis dari cara penggunaannya.

(Baca juga : Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia )

Dari paparan penjelasan di atas, maka secara langsung dapat dikatakan bahwa perbedaan asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan investasi terletak pada sisi manfaatnya. Para pemegang polis asuransi kesehatan murni hanya akan memperoleh layanan perlindungan untuk sisi finansial akan risiko serangan penyakit saja, sedangkan asuransi kesehatan investasi memiliki 2 manfaat utama yaitu investasi itu sendiri dan benefit seperti yang dimiliki asuransi kesehatan murni.

 Selain itu program asuransi kesehatan dan investasi memiliki jangka waktu yang panjang sehingga Anda harus benar-benar tepat dalam memilih program asuransi untuk Anda dan keluarga. Tidak hanya itu saja, dari sisi besaran preminya, tentu saja asuransi kesehatan investasi lebih besar karena ada unsur savingnya.

Semakin berisiko atau ganasnya penyakit yang diderita, maka semakin tinggi pula besaran premi yang harus dibayarkan. Dan seperti halnya produk-produk asuransi lainnya, besaran premi juga tergantung dari umur sang tertanggung.

#3. Sisi negatif asuransi kesehatan murni

Selain Anda yang dapat memberhentikan kontrak atau tidak meneruskan penggunaan layanannya di akhir periode dan dikarenakan periode polis bersifat tahunan, pihak perusahaan asuransi pun juga memiliki hak yang sama, jika ternyata Anda melakukan kebohongan terkait pemberitan informasi terkait kesehatan.

Contohnya saja apabila Anda menderita penyakit kronis dan tidak melaporkannya ke pihak penanggung, maka perusahaan asuransi yang bersangkutan berhak untuk tidak memperpanjang kontrak polis asuransi kesehatan Anda.

#4. Asuransi kesehatan murni dari berbagai perusahaan asuransi

Tentu saja karena banyak diminati, tidak sedikit dari perusahaan asuransi di Indonesia yang membuat produk asuransi kesehatan murni dengan segudang manfaat tambahan dan juga harga premi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut beberapa perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi kesehatan murni.

  • PT AXA Financial Indonesia – Maestro Hospital Plan

PT AXA Financial Indonesia sebagai bagian dari AXA Group yang memiliki aset besar di seluruh dunia dan dengan jumlah nasabah lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia serta didukung oleh lebih dari 6.000 agen profesional, memiliki satu produk asuransi kesehatan murni yang dinamakan Maestro Hospital Plan.

Produk satu ini memiliki manfaat, yaitu;

  • Pengembalian premi sebesar 70% dari total premi yang sudah dibayarkan pada akhir kontrak dengan ada atau tidak ada claim.
  • Sang tertanggung utama akan mendapatkan potongan tarif sebesar 10% apabila mengajak atau mencantumkan anggota keluarga di dalam surat perjanjian polis.
  • Proses pengajuannya juga tergolong mudah karena tidak memerlukan medical check-up seperti yang diusung oleh banyak perusahaan asuransi lainnya.
  • Premi sangat murah atau sekitar Rp 85.000 per bulannya.
  • Manulife Indonesia – MiUltimate Healthcare (MUHC)

MiUltimate HealthCare atau MUHC ini merupakan produk asuransi kesehatan murni dari Manulife Indonesia yang memiliki manfaat rawat inap dengan menyediakan tambahan berupa rawat jalan, perawatan gigi dan melahirkan. Akan tetapi manfaat tersebut baru didapatkan apabila pemilik polis atau tertanggung membeli Metode Bayar Tahunan dan membelinya di awal polis berjalan.

(Baca juga : 4 Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi )

Selain itu, MUHC juga memiliki benefit lainnya, seperti;

  • Perlindungan kesehatan terhadap sang tertanggung atau pemilik polis hingga berusia 80 tahun atau ketika usia tanggungan anak berusia 25 tahun.
  • Memberikan potongan premi sebesar 5% jika pemilik polis mengikutsertakan atau mencantumkan anggota keluarga, minimal 3 orang.
  • Memberikan limit tahunan tambahan jika sang tertanggung menderita sakit kritis, seperti kanker, serangan jantung, gagal ginjal atau transplantasi organ.
  • Allianz – Allizya Care, Smarhealth Maxi Violet, SmartMed Premier

Ada 3 macam produk asuransi kesehatan murni yang dimiliki Allianz dan bukan merupakan manfaat tambahan atau rider. Produk asuransi tersebut ditujukan untuk individu dan keluarga dengan menggunakan sistem cashless.

Ketiga produk asuransi kesehatan murni tersebut, antara lain Allisya Care, Smarthealth Maxi Violet dan SmartMed Premier. Untuk Allisya Care dan Smarthealth Maxi Violet memiliki banyak kesamaan yang terkadang membuat calon tertanggung bingung membedakannya.

Disarankan sebelum membeli produk asuransi kesehatan murni untuk membelinya di lembaga asuransi terpercaya dan memiliki pengalaman yang lama, serta kredibilitasnya mencuat di mana-mana.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda