Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Mau Menghidupkan Mesin Motor Matik Dengan Kick Starter? Begini Langkah-Langkahnya | Pasarpolis Blog

Mau Menghidupkan Mesin Motor Matik Dengan Kick Starter? Begini Langkah-Langkahnya

 by pasarpolis |  2016-01-06 06:28:22

Buat kamu pemilik motor matik, kayak Honda Vario, Beat atau Scoopy eSP, pasti lebih milih pakai electric starter untuk menyalakan mesin daripada kick starter. Karena kan lebih mudah, tinggal pencet, motor langsung nyala deh. Hehe.

Cara Menghidupkan Motor Matic Dengan Kick Starter

Tapi ada saat-saat tertentu di mana kamu baiknya menyalakan motor menggunakan kick starter. Misalnya saat motormu sudah lama tidak dinyalakan. Dengan menggunakan kick starter, akan membuat oli yang sudah lama mengendap menjadi langsung bersirkulasi.

Nah, buat kamu yang belum ngerti cara kick starter yang distarter dengan menggunakan kaki, berikut langkah-langkahnya seperti dikutip dari Welovehonda.

  1. Gunakan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Fungsinya untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin. Dan pastikan juga Oli pada motor Anda tidak habis.
  2. Setelah itu tarik tuas Choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang,  untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.
  3. Setelah mesin hidup, tarik kembali tuas Choke ke posisi minim, agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan. dan panaskan mesin selama beberapa menit sebelum digunakan.

Setelah mengetahui cara menghidupkan motor matic dengan kick starter, Anda juga perlu mengetahui juga bagaimana cara untuk merawat motor matic Anda agar Anda tidak perlu lagi menghidupkan motor dengan kick starter. 

Cara Merawat Motor Matic Anti Mogok dan Awet

1. Panaskan mesin sebelum digunakan,

2. mengondisikan kecepatan gas saat mulai menjalankan motor, jangan menurunkan gas secara tiba-tiba saat motor dalam kondisi melaju kencang,

3. Jangan biarkan indikator bensin berada di zona merah, usahakan Anda mengisi sebelum mencapai titik merah,

4. Rutin ganti oli, idealnya oli diganti setiap 1000km pemakaian,

5. Periksa kondisi Aki, dan busi motor,

6. Periksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, bersihkan ruang transmisi secara rutin agar tidak berdebu,

7. Selalu perhatikan Roler dan ventbelt motor matic anda, jika roler dan ventbelt sudah dalam keadaan tidak layak pakai, Anda disarankan untuk menggantinya dengan yang baru secara orisinil.

Dengan menerapkan cara menghidupkan mesin motor matic dengan kick strater seperti ini, dan membaca tips agar motor matic kita tetap awet dan anti mogok  semoga motor matik kesayanganmu tetap awet ya!

sumber: http://bit.ly/1mF2ljl

photo source: http://bit.ly/22K7QOs

 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda