Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Masih Bingung dengan Pendaftaran BPJS Kesehatan? Simak Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Berikut! | Pasarpolis Blog

Masih Bingung dengan Pendaftaran BPJS Kesehatan? Simak Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Berikut!

 by pasarpolis |  2016-06-27 08:26:46

Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Berikut ulasan mengenai cara pendaftaran BPJS Kesehatan dan hal penting lainnya.

Apakah Anda sudah mendaftarkan diri untuk BPJS Kesehatan? Atau Anda bahkan bingung dengan sistem pendaftaran BPJS Kesehatan? Masih banyak masyarakat yang masih bingung dan belum tahu mengenai sistem pendaftaran BPJS Kesehatan. Bagaimanapun juga, setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 UU BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Jadi, Anda yang belum mendaftarkan diri untuk BPJS segeralah untuk memahami sistemnya dan mendaftarkan diri.

Cara daftar BPJS Kesehatan cukup mudah dan tanpa check-up medis. Pendaftaran pun bisa dilakukan via BPJS online dan pembayaran iurannya bisa dilakukan ke rekening bank yang sudah ditentukan. Lalu, bagaimana sih cara pendaftaran BPJS Kesehatan secara lengkap dan jelas? Simak ulasannya berikut!

Cara Pendaftaran BPJS Secara Online

  1. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), kartu NPWP, serta alamat email serta nomor handphone aktif untuk konfirmasi pendaftaran.
  2. Buka halaman web bpjs-kesehatan.go.id dari browser anda, bisa diakses melalu PC maupun mobile phones/tablet.
  3. Isi data yang telah disediakan yakni identitas yang mencakup data diri serta pilihan kelas yang ditawarkan, alamat lengkap, fasilitas kesehatan yang mencakup Faskes Tingkat I serta Faskes Gigi dengan pilihan instansi yang anda pilih sebagai tempat rujukan, serta yang terakhir khusus untuk Warga Negara Asing (WNA) yang ingin mendapatkan fasilitas BPJS.
  4. Pilih biaya iuran perbulan. Ada 3 pilihan dari kelas III hingga kelas I dengan rentang biaya dari 25.500 hingga 59.500 ribu rupiah perbulannya.
  5. Simpan data serta tunggu email notifikasi nomor registrasi di email anda. print lembar Virtual Accountnya
  6. Lakukan pembayaran di bank yang telah ditunjuk seperti BNI, BRI, serta Mandiri.
  7. Setelah menyerahkan uang serta Nomor Virtual pada Teller Bank nanti akan mendapat bukti pembayaran.
  8. Sekarang BPJS kesehatan anda sudah aktif, silahkan cek email akan ada balasan dari BPJS berupa E-ID Card Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yg bisa diprint sendiri serta valid, Atau
  9. Print kartu BPJS di kantor cabang BPJS terdekat. Ingat, tidak perlu mengambil nomor antrian lagi di Kantor BPJS, langsung saja ke bagian Print kartu BPJS Kesehatan nya, cukup memberikan semua data sebelumnya, form isiannya, Virtual account, serta bukti payment.

Cara Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Offline 

  1. Siapkan berkas yg dibutuhkan  yakni FC KTP, FC KK, pas foto 3×4 berwarna 2 lembar, serta formulir yg diisi di tempat pendaftaran. Formulir yg diisi memiliki format yg sama dengan formulir online.
  2. Datang ke kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial terdekat dan ambil nomor kode pendaftaran. Antisipasi antrian dengan mendatangi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sepagi mungkin.
  3. Setelah mendapatkan nomor kode pembayaran, setorlah sejumlah uang ke bank yg telah ditunjuk seperti BNI, BRI, dan Mandiri.
  4. Bawa bukti setoran ke kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan anda akan mendapatkan kartu anggota.

Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan

  1. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  2. Fotokopi KTP/ Paspor, masing-masing 1 lembar
  3. Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  4. Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang BPJS Kesehatan

  1. Daftar Sebaiknya Awal Bulan biar Tidak Rugi
  2. Faskes keterangan (IGD) maksudnya hanya melayani keadaan darurat, tidak melayani pengobatan
  3. Faskes keteragan (JST) maksudnya bekas kerjasama dengan Jamsostek, bisa melayani layanan BPJS Kesehatan keseluruhan
  4. Untuk Pendaftaran BPJS Online Kartu E-ID bisa diprint sendiri dan valid
  5. Pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, jika terlambat akan dikenai denda sebesar 2%
  6. Tidak ada perbedaan dalam pelayanan medis di kelas I, kelas II, maupun kelas III. Jenis obat, kualitas obat, penanganan medis, semuanya sama rata. yg berbeda hanya pelayanan non-medisnya, seperti kelas ruang inap. Kelas I dirawat di ruang inap kelas I, kelas II di ruang inap kelas II, kelas III di ruang inap kelas III
  7. Biaya Naik Kelas Kamar Rawat Inap, misal terdaftar kelas 1 (Misalnya Rp. 13 juta) ingin naik jadi kelas VIP (Misalnya Rp. 16juta), maka total biaya = harga VIP (Rp. 16 juta) dikurangi Tarif INA-CBGs (Rp.5 juta). Ini bukan harga VIP dikurangi harga kelas 1

Peraturan Tentang Denda BPJS Kesehatan

  1. Dalam hal keterlambatan pembayaran iuran Jaminan Kesehatan lebih dari 1 (satu) bulan sejak tanggal 10, penjaminan peserta diberhentikan sementara.
  2. Ketentuan denda keterlambatan pembayaran iuran dihapus
  3. Denda hanya berlaku bagi peserta yang memperoleh Pelayanan Rawat Inap dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, yakni sebesar 2,5% dari biaya pelayanan kesehatan Rawat inap di kali lama bulan tertunggak dengan ketentuan :
    • Jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan
    • Besar denda paling tinggi Rp. 30.000.000

Lalu, Bagaimana Jika Peserta Tidak Puas Terhadap Pelayanan BPJS Kesehatan?

Bila peserta tidak puas terhadap pelayanan jaminan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, maka peserta dapat menyampaikan pengaduan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan dan atau BPJS Kesehatan. Atau dapat langsung datang ke posko BPJS di kota dan desa. Ada juga hotline servis BPJS di nomor kontak 500-400. 

(Baca Juga : Mengenali Sisi Positif dan Negatif BPJS Kesehatan  )

Penjelasan di atas tentu membuat Anda semakin paham mengenai cara pendaftaran BPJS Kesehatan beserta hal-hal penting yang perlu Anda ketahui dari BPJS Kesehatan. Bagi Anda yang belum mendaftarkan diri, segeralah mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan!

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda