Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Manfaat-Manfaat Penting Lain dari BPJS Kesehatan yang Perlu Diketahui | Pasarpolis Blog

Manfaat-Manfaat Penting Lain dari BPJS Kesehatan yang Perlu Diketahui

 by pasarpolis |  2015-06-03 04:29:45

 

Walaupun sudah bukan hal yang baru lagi, namun tidak sedikit orang yang masih kebingungan untuk detail dari fungsi dan hal lain terkait dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS Kesehatan.

Secara umum, BPJS Kesehatan adalah jaminan kesehatan yang berlaku di Indonesia dan hanya untuk para anggota yang terdaftar saja dan memiliki fungsi dasar dari asuransi swasta pada umumnya. Sayangnya, ada beberapa hal-hal yang terdengar sepele namun penting dan tidak banyak diketahui orang.

Untuk itu, ada beberapa poin terkait BPJS Kesehatan yang perlu diketahui.

Poin#1: BPJS Kesehatan miliki cakupan perlindungan meluas ketika dalam kondisi darurat

Dalam kedaan darurat, seorang peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan di suatu rumah sakit yang sebenarnya tidak ada dalam klausul kerja samanya. Perluasan perlindungan dalam keadaan darurat ini berfungsi untuk mencegah peserta mengalami sakit yang parah dan dapat mengakibatkan cacat sampai dengan kematian.

Poin#2: BPJS Kesehatan dan pihak asuransi dapat bekerja sama

Apabila seorang peserta BPJS Kesehatan sudah memiliki polis asuransi kesehatan lain, ketika terjadi risiko atau musibah, pihak BPJS dan perusahaan asuransi yang bersangkutan dapat melakukan koordinasi dalam memberikan manfaat untuk menanggung risiko yang didapat peserta.

Poin#3: Terkait kandungan, kehamilan dan kelahiran

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang sedang mengandung dapat memperoleh manfaat dari BPJS Kesehatan berupa pelayanan tenaga medis dan juga mendapatkan fasilityas kesehatan tingkat pertama yang tercantum dalam kartu BPJS Kesehatan atau jejaringnya. Rujukan untuk mendapatkan fasilitas dan penanganan tenaga medis lanjutan diberikan apabila penanganan dan fasilitas pada tingkat pertama tidak dapat melakukan secara maksimal.

Dalam keadaan darurat, pelayanan ANC dan PNC dapat dilakukan di rumah sakit atau tempat medis mana saja, namun apabila keadaannya tidak darurat, maka fasilitas kesehatan pertama yang dapat dinikmati adalah yang ada di puskesmas, klinik atau dokter keluarga.

(Baca Juga : Ayo, Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini!)

Untuk masalah persalinan, peserta BPJS Kesehatan dapat melakukannya di tempat-tempat yang menyediakan fasilitas kesehatan pertama. Persalinan di sembarang tempat dapat dilakukan apabila dalam kondisi darurat, seperti pendaraan hebat, kejang pada kehamilan, ketuban pecah dini, gawat janin atau hal lain yang mengancam keselamatan jiwa ibu dan bayi.

Poin#4: Batas akhir pendaftaran BPJS Kesehatan

Sesuai dengan roadmap cakupan kepersertaan, pihak BPJS membuat regulasi bahwa sampai dengan tahun 2019 mendatang, seluruh masyarakat Indonesia akan menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka dapat dikatakan bahwa pendaftaran untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan akan terus berlanjut.

Pendaftaran sebagai peserta BPJS Kesehatan pun tidak hanya didasarkan pada jenis kelamin atau usia saja, bahkan bayi yang baru lahir atau warga Indonesia yang baru kembali dari luar negeri atau juga penduduk asing yang baru masuk ke Tanah Air pun berhak mendapatkan layanan jaminan dari BPJS Kesehatan.

Poin#5: Perbedaan BPJS Kesehatan dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Pada dasarnya, fungsi dari JKN dan BPJS Kesehatan adalah sama, pembeda keduanya hanyalah pada definisinya saja. JKN adalah nama program dari pemerintah untuk tujuan perlindungan dan kesejahteraan sosial, sedangkan BPJS Kesehatan lebih ke masalah jaminan kesehatan.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda