Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Manfaat Buah dan Makanan untuk Kesehatan Kulit | Pasarpolis Blog

Manfaat Buah dan Makanan untuk Kesehatan Kulit

 by pasarpolis |  2016-04-30 11:31:00

Faktor genetik dan kebiasaan atau gaya hidup memainkan peran penting dalam kesehatan kulit. Namun demikian, makanan yang tepat dapat membantu Anda melawan masalah kulit yang sering dialami setiap orang, seperti masalah jerawat serta tanda-tanda penuaan dini. Selain itu dengan mengonsumsi makanan sehat, Anda juga dapat meningkatkan kecantikan alami kulit.

Banyak yang mempercayai  buah-buahan, selain baik untuk dikonsumsi, juga memiliki manfaat bagi kulit. Tidak hanya dinikmati mentah begitu saja, bahkan buah seringkali digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk kecantikan serta perawatan kulit. Manfaat buah untuk kulit memang terbukti sejak lama. Tak heran , karena buah memang memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk kulit.

Makanan Yang Bermanfaat Bagi Kulit

Namun selain buah, beberapa makanan lain juga memiliki manfaat baik dalam melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari maupun polusi udara. Hal tersebut bisa kita dapatkan tentu jika mengolah dan mengonsumsinya dengan cara yang benar. Nah, berikut beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Buah-buahan tropis

Sejumlah buah-buahan tropis seperti jambu biji, nanas, pepaya, kiwi dan buah-buahan tropis lainnya kaya akan vitamin C yang akan membantu mempertahankan kulit Anda dari serangan radikal bebas yang berisiko merusak. Vitamin C adalah zat antioksidan kuat yang secara alami juga ditemukan dalam kulit.

Usahakan mengonsumsi buah-buahan tropis dan makanan yang mengandung vitamin C lainnya. Dengan begitu Anda sudah memberi asupan vitamin C pada kulit. Selain itu vitamin C juga membantu tubuh memproduksi kolagen, yaitu sebuah protein yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

Air

Ini memang bukan makanan. Tetapi air sangat penting ketika membicarakan kesehatan kulit. Air membantu membuang racun dari tubuh, memberikan nutrisi ke sel-sel tubuh dan menjaga organ-organ kita tetap berfungsi. Hal tersebut disebabkan karena sebagian besar tubuh kita merupakan cairan.

Perhatikan jumlah air yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Karena semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan, semakin besar pula kebutuhan tubuh akan asupan cairan. Namun air minum sebenarnya bukan satu-satunya cara untuk menjaga sel-sel kulit Anda terhidrasi.

Ikan laut dalam

Salmon, herring, mackerel, sarden, ikan teri dan rainbow trout, semuanya ini merupakan ikan yang mengandung lemak Omega-3. Lemak tersebut membantu membentengi membran sel kulit, melindunginya terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan juga mengurangi risiko kanker kulit.

Lemak sehat ini memungkinkan air dan nutrisi lain terserap ke dalam tubuh sekaligus menyingkirkan racun, juga dapat melawan peradangan di kulit. Namun perlu diperhatikan, hindari menggoreng ikan. Akan lebih baik jika Anda mengolah ikan dengan cara memanggang. Atau merebus.

Biji buah labu

Sumber makanan yang memiliki kandungan zink tinggi terdapat pada biji buah labu. Zink ini dapat melindungi membran sel tubuh Anda, membantu menjaga kolagen dan membantu menjaga serta mengembalikan peremajaan kulit.

Anda bisa menikmati biji buah labu yang sudah dikeringkan sebagai camilan. Atau tambahkan salah satu biji-bijian tersebut sebagai taburan di hidangan yang Anda olah. Untuk sarapan pagi, yogurt atau oatmeal dengan biji buah labu bisa menjadi pilihan sehat.

Wortel

Renyahnya wortel ternyata menyimpan manfaat yang menyenangkan bagi kulit Anda. Jika Anda ingin menjaga kulit tetap sehat dan cerah, adalah wortel jawabannya. Dengan banyaknya kandungan beta karoten merupakan antioksidan yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Nikmati wortel mentah dalam salad atau dengan saus rendah kalori. Atau panggang wortel untuk mengeluarkan rasa dan meningkatkan kandungan beta karoten. Makanan sehat ini akan membantu tubuh memperbaiki jaringan kulit dan melindunginya dari paparan sinar matahari yang merusak.

Olahan gandum

Antioksidan yang ramah kulit lainnya adalah mineral selenium. Dan kandungan ini ditemukan dalam pasta dan roti yang dibuat dari gandum utuh. Selenium membantu melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga elastisitas serta menjaga kesehatan kulit secara umum.

Sebenarnya ada suplemen selenium yang bisa langsung Anda konsumsi. Namun karena dosisnya dapat memberikan risiko pada tubuh, akan lebih baik jika Anda mendapatkan selenium harian Anda dari sumber makanan yang sehat.

Kacang almond

Jika Anda mencari salah satu sumber makanan terbaik dengan vitamin E, maka itu dari kacang almond. Anda bisa mengonsumsi kacang ini sebagai camilan atau tambahkan irisan almond panggang untuk salad, sereal maupun yogurt. Bahkan Anda bisa menaburinya di atas ikan ataupun ayam panggang.

Vitamin E dalam kacang almond dapat membantu menyehatkan kulit Anda. Selain itukacang almond dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berisiko merusak. Pastikan Anda memasukkan kacang almond ke dalam menu harian. Selain kacang almond, kacang lainnya juga baik untuk kulit.

Brokoli

Si hijau yang keriting ini juga tinggi akan kandungan antioksidan. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin C dan E. Bahkan vitamin C yang ada dalam brokoli dapat membantu tubuh dalam produksi kolagen. Inilah yang akan membuat kulit Anda sehat dan lentur. Sedangkan vitamin E melindungi membran sel kulit Anda dan menjaga terhadap kerusakan yang diakibatkan radiasi UV.

Dengan keadaan udara yang semakin tidak sehat, Anda tentu khawatir akan risiko kanker kulit. Sebelum Anda merasakan keluhan pada kulit, ada baiknya segera merencanakan asuransi kesehatan. Untuk layanan asuransi di Indonesia yang terpercaya, PasarPolis hadir memberikan kemudahan bagi Anda dengan pelayanan terbaik. Anda cukup mengakses website resminya di www.pasarpolis.com. Bersama PasarPolis, Anda tidak perlu cemas lagi. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda