Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Manfaat Asuransi untuk Atasi Kesenjangan BPJS | Pasarpolis Blog

Manfaat Asuransi untuk Atasi Kesenjangan BPJS

 by pasarpolis |  2015-05-28 10:28:45

Sama-sama memiliki BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) bukan menjadi jaminan Anda akan mendapatkan pelayanan yang sama. Contohnya saja, masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan mendapatkan pelayanan yang lebih memadai dibandingkan yang tinggal di daerah terpencil.

Sebagai contoh lain, menurut Laksono Trisnantoro seorang peneliti Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, satu rumah sakit saja yang berada di Jawa Tengah setiap bulannya menghabiskan dana JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) hingga puluhan rupiah. Sementara di NTT uang dalam jumlah tersebut digunakan untuk satu provinsi. Bandingkan perbedaanya, memiliki jarak yang bisa dibilang sangat jauh.

Oleh karena hal tersebut, terdapat kekhawatiran terhadap JKN milik daerah tertinggal yang kemungkinan saja dicatut dan diberikan ke daerah yang lebih maju. Hal ini juga akan membuat kualitas BPJS daerah tertinggal dan maju memiliki kesenjangan yang semakin besar dari sebelumnya.

Untuk menyiasati kesenjangan yang terjadi tersebut, Laksono memberikan saran untuk membuat sistem kompartmen yang terdiri dari berbagai kelompok. Kelompok penerima bantuan dan pekerja. Maksud dan tujuan di buat sistem kompartmen ini sebenarnya untuk memudahkan pelacakan habisnya subsidi kemana saja. Misalnya saja dana JKN habis digunakan untuk warga yang tidak mampu saja jangan sebaliknya.

Karena Indonesia memiliki daerah yang sangat luas tentu saja butuh penyesuaian untuk melakukan saran tersebut. Nah jika memang seperti itu kondisinya, Anda baik yang tinggal di perkotaan atau di pedesaan sangat membutuhkan proteksi diri untuk menghadapi ketidakmerataan fasilitas BPJS, perlu sekali untuk mendaftar asuransi kesehatan.

(Baca Juga : Masyarakat Keluhkan Naiknya Iuran BPJS Kesehatan)

Salah satu manfaat asuransi, khusunya kesehatan akan menanggung semua biaya yang dibutuhkan sewaktu melakukan perawatan, pemeriksaan, bahkan menginap di rumah sakit. Berbagai manfaat asuransi ini tentu saja akan melindungi Anda dan orang-orang tercinta dari segala penyakit yang memakan biaya besar dan bisa menimbulkan permasalahan finansial.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda