Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Kehidupan Anda | Pasarpolis Blog

Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Kehidupan Anda

 by pasarpolis |  2015-12-14 03:36:54

Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan Anda. Bukan hanya mempermudah proses pengobatan dan perawatan ketika sakit, asuransi kesehatan juga memberikan perlindungan bagi kondisi keuangan keluarga Anda. Ketika sakit menyerang, Anda tak perlu lagi kebingungan untuk mendapatkan dana sebagai biaya pengobatan karena telah ditanggung oleh asuransi. Disamping itu, masih terdapat manfaat atau benefit lainnya. Berikut uraiannya:

  • Seluruh kebutuhan selama pengobatan akan teratasi dengan baik

Asuransi kesehatan akan menanggung kelengkapan biaya untuk obat-obatan, layanan dokter, tindakan bedah, serta biaya rawat inap. Selain itu, asuransi kesehatan juga menyediakan program manfaat lain seperti rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi serta persalinan.

  • Manfaat rawat inap

Manfaat rawat inap (inpatient) akan memberikan beberapa fasilitas untuk peserta asuransi kesehatan yang meliputi biaya rumah sakit ketika rawat inap, laboratorium atau penunjang medis, biaya persalinan, serta biaya darurat (emergency service).

  • Mendapatkan manfaat perawatan gigi

Manfaat asuransi kesehatan berupa perawatan gigi, meliputi Adapun pelayanan perawatan yang meliputi pencegahan gigi dari kerusakan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, serta pemasangan gigi palsu.

  • Manfaat rawan jalan

Asuransi kesehatan memberikan kemudahan bagi Anda untuk menjalani rawat jalan. Manfaat yang diberikan, meliputi biaya konsultasi dengan dokter umum ataupun dokter spedialis, biaya untuk tindak pencegahan serta biaya untuk penggunaan resep, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Manfaat ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengobatan karena pertanggungan yang menyeluruh.

Manfaat tersebut, bisa Anda dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan. Namun, tiap perusahaan asuransi umumnya menawarkan berbagai program yang berbeda dengan manfaat yang berbeda pula. Begitu pula dengan nilai pertanggungan dan nilai premi yang harus dibayarkan tiap bulannya, juga bergantung pada program asuransi kesehatan yang Anda pilih.

#1. Sistem Klaim atau penggantian asuransi kesehatan

Dalam asuransi kesehatan, mengenal dua sistem klaim atau pertanggungan kerugian, yakni sistem penggantian (reimbursement) atau sistem provider (cashless).

  • Reimbuersement

Asuransi yang menggunakan sistem reimbursement, mengharuskan peserta asuransi membayar biaya rumah sakit menggunakan dana pribadi terlebih dahulu. Kemudian, peserta diharuskan mengajukan klaim atau meminta penggantian dengan menyiapkan berkas-berkas terkait pada perusahaan asuransi.

Sistem ini memberikan kebebasan  bagi Anda untuk berobat di rumah sakit manapun, namun dengan biaya pengobatan maksimal yang telah ditetapkan di awal kontrak. Untuk mengajukan klaim, peserta diwajibkan melengkapi surat administrasi agar proses penggantian dapat berjalan dengan lancar. Umumnya, pencairan dana klaim berkisar antara tujuh hari kerja.

(Baca juga : Yuk, Kenali dan Pahami Apa Itu Asuransi Kesehatan Karyawan! )

  • Provider

Sistem provider atau cashless, memungkinkan Anda untuk berobat tanpa harus menggunakan dana pribadi Anda. Sistem ini hanya menggunakan kartu keanggotaan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi untuk membayar biaya rumah sakit. Peserta asuransi hanya diminta untuk menunjukkan kartu asuransi mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun, hanya rumah sakit mitra perusahaan asuransi yang akan menerima sistem pembayaran cashless. Sehingga Anda hanya bisa berobat di beberapa rumah sakit tertentu jika ingin mendapatkan manfaat asuransi.

#2. Memilih Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat dan sistem klaim asuransi kesehatan, selanjutnya pilih produk asuransi kesehatan dengan cermat. Seleksi sebisa mungkin perusahaan asuransi yang memberikan penawaran terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Banyaknya perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, menuntut Anda untuk menentukan strategi dan langkah yang bijaksana sebelum membeli produk asuransi kesehatan. Berikut tips singkat yang bisa Anda gunakan untuk memilik produk asuransi kesehatan.

  • Cari tahu track record perusahaan asuransi

Sebelum memutuskan untuk membeli produk dari sebuah perusahaan asuransi, sebisa mungkin pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki track record yang baik. Track record yang baik merupakan salah satu tanda bahwa perusahaan tersebut bisa Anda percaya, serta memiliki pelayanan dan fasilitas yang prima. Untuk mengetahui track record sebuah perusahaan asuransi, Anda bisa menemukannya melalui internet maupun kantor cabang. Semakin maraknya asuransi yang dibarengi dengan perkembangan pesat teknologi, tentu sangat mudah untuk menemukan track record sebuah perusahaan.

  • Bandingkan nilai premi

Nilai premi sebuah asuransi kesehatan dengan manfaat yang sama, bisa saja berbeda. Oleh karena itu, Anda harus jeli untuk mencermati yang manakah yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Sebisa mungkin, pilih produk yang mampu memberikan jaminan dan banyak manfaat, meskipun nilai preminya sedikit mahal. Selama Anda bisa membayar biaya premi per bulannya, tentu tak masalah untuk memilih asuransi dengan fasilitas yang lengkap.

  • Pelajari palayanan yang ditawarkan perusahaan asuransi

Pastikan Anda memahami dengan baik layanan apa saja yang ditawarkan oleh sebuah produk asuransi kesehatan. Lihat juga apa saja keuntungannya bagi diri Anda. Untuk itu, sebaiknya baca secara mendetail pasal-pasal yang dicantumkan, karena beberapa perusahaan asuransi mencantumkan beberapa syarat yang memiliki makna bias atau kurang jelas.

  • Jangan lihat nilai premi

Beberapa orang, biasanya memilih untuk membeli asuransi dengan nilai premi yang tinggi karena menganggap bahwa premi yang tinggi akan memberikan fasilitas yang lebih baik. Sayangnya, dalam dunia asuransi, anggapan ini belum tentu sesuai dengan keadaan nyata. Sebaiknya, perhatikan dengan baik nilai ekonomis yang akan diberikan pada Anda sehingga asuransi kesehatan dapat bermanfaat ketika Anda memerlukan biaya pengobatan.

  • Menjadi peserta program kolektif

Dalam asuransi kesehatan terdapat asuransi individu dan asuransi kolektif. Sebaiknya, Anda memilih asuransi kesehatan dengan program ini karena memiliki beban premi yang jauh lebih murah. Umumnya, perusahaan akan mewajibkan karyawannya untuk mengikuti program ini, namun jika perusahaan tempat kerja anda tidak memberikan jaminan kesehatan secara kolekti, Anda bisa mendaftar kolektif dengan cara mengajak teman atau kerabat untuk ikut dalam program ini.

Asuransi kesehatan memiliki beragam manfaat dengan program dasar rawat inap yang diikuti dengan program tambahan termasuk manfaat rawat jalan, perawatan gigi, dan persalinan. Selain manfaat tersebut, Anda sebaiknya juga memilih jenis asuransi kesehatan murni agar perlindungan dan manfaat yang diberikan menyeluruh tanpa harus dibagi dengan manfaat lainnya.

Jika Anda masih kebingungan untuk menemukan asuransi kesehatan yang tepat dan sesuia dengan keinginan Anda, Anda bisa mengunjungi pasarpolis.com. Website PasarPolis ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai perusahaan, jenis, hingga nilai premi asuransi. Anda juga berkesempatan untuk melakukan konsultasi gratis dari tim PasarPolis.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda