Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Lebih dari 80% Penduduk Indonesia Tidak Memiliki Asuransi | Pasarpolis Blog

Lebih dari 80% Penduduk Indonesia Tidak Memiliki Asuransi

 by pasarpolis |  2015-12-02 03:19:26

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyebutkan bahwa hanya 43,7 juta penduduk Indonesia yang memiliki asuransi jiwa untuk melindunginya. Padahal, jumlah penduduk Indonesia mencapai 240 juta jiwa. Ini artinya 196,3 juta jiwa atau lebih dari 80 persen penduduk Indonesia tidak memiliki perlindungan jiwa. Dari data yang disampaikan AAJI tersebut, diketahui bahwa mayoritas pemilik asuransi jiwa berada di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Data yang disampaikan AAJI ini, berbanding lurus dengan hasil Survei Literasi Keuangan Indonesia yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hasil survey versi OJK tersebut, menunjukkan bahwa hanya 17,84 persen penduduk Indonesia yang mengatahui tentang produk asuransi dan telah memanfaatkanya. Lantas kemana 82,16 persen sisanya?

Padahal, memiliki asuransi merupakan salah satu bentuk investasi untuk masa depan, serta dapat melindungi kondisi perekonomian keluarga ketika hal buruk terjadi. Manfaat perlindungan dari asuransi memang tak selalu berupa uang berlimpah yang dapat Anda belanjakan. Tapi, produk asuransi apapun itu, dapat menjamin kesehatan dan keselamatan Anda, serta perlindungan jika terjadi kecelakaan atau pun peristiwa yang menyebabkan kerugian finansial.

Memiliki asuransi, juga berarti memudahkan Anda dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan pengeluaran mendadak akibat peristiwa yang merugikan. Bukan hanya investasi dan perlindungan yang dijanjikan oleh produk asuransi. Memiliki asuransi, juga akan membantu Anda mengatur keuangan tiap bulannya.

( Baca juga : 3 Jenis Asuransi Jiwa yang Wajib Anda Ketahui )

Karena diwajibkan untuk membayar premi, tentu saja Anda akan terbiasa menyisihkan uang dari penghasilan bulanan Anda. Kebiasaan ini, akan membantu Anda berhemat sehingga tidak merasa kekurangan ketika mendadak harga barang kebutuhan meningkat.

Anda mungkin akan merasa berat pada awalnya karena belum terbiasa melakukan. Tapi, manfaat yang Anda dapatkan di masa depan sangatlah banyak, termasuk perlindungan terhadap diri sendiri, keluarga, barang berharga serta kondisi finansial Anda.

Kondisi penduduk Indonesia yang saat ini sangat sedikit memiliki asuransi jiwa, diperkirakan perlahan akan berubah dan tumbuh sebesar 20 persen. Perkiraan ini, bukan asala saja, melainkan berdasarkan peningkatan total premi produksi baru yang mencapai 653 persen dan total asuransi individu yang meninggkat hingga 500 persen dalam 10 tahun terakhir.

Peningkatan tersebut merupakan salah satu hal positif, meskipun 45 persen diantaranya masih mengandalkan produk asuransi jiwa tradisional karena 55 persen sisanya telah menggunakan asuransi jiwa unitlink yang berbasis pada investasi.

Lantas, bagaimana dengan Anda dan keluarga? Apakah menjadi bagian dari pemilik asuransi jiwa atau malah termasuk dalam 80 persen penduduk Indonesia yang belum melindungi dirinya? Meskipun terlihat remeh, namun memiliki asuransi merupakan salah satu kunci untuk membuka masa depan cerah bagi anak-anak Anda.

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda