Situs ini membutuhkan Javascript. Silakan aktifkan Javascript untuk melanjutkan.
Pasarpolis Blog
Informasi dan tips seputar Asuransi Terlengkap
Konsentrasi Menurun, Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu-lintas | Pasarpolis Blog

Konsentrasi Menurun, Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Lalu-lintas

 by pasarpolis |  2016-06-01 10:54:38

Kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yang terbanyak adalah menurunnya konsentrasi lantaran mengantuk atau kelelahan.

 Tahun ini adalah tahun ke-4 bagi Fajar kehilangan anak bungsunya. Dia sendiri, sampai hari ini, terpaksa menggunakan kaki palsu sebagai ganti kaki kirinya yang harus diamputasi. Fajar adalah korban kecelakaan lalu lintas.

Bulan Puasa 2012, itulah saat kecelakaan mengerikan itu terjadi. Saat hendak mudik, dalam perjalanan panjang ke ujung Provinsi Jawa Tengah dengan mobil pribadi, mobil yang dikendarai Fajar oleng, menabrak beberapa mobil lain lalu terbalik. Saat itu, di dalam mobil ada istri dan anak bungsunya. Dua anaknya yang lain telah berangkat lebih dulu dengan kerabat. Walau sempat terluka parah, istri Fajar bisa pulih seperti sedia kala. Malang, nyawa anak bungsu tidak bisa diselamatkan dan Fajar sendiri harus menanggung cacat seumur hidup akibat kecelakaan lalu lintas. Kejadian yang dialami Fajar hanya salah satu dari ribuan kasus kecelakaan lalu lintas di negeri ini.

Jakarta Transportation Watch (JTW) mencatat ada tiga faktor penyebab kecelakaan lalu lintas kerap terjadi terutama pada musim mudik Lebaran dari tahun ke tahun. Ketiga faktor itu adalah; faktor manusia, kendaraan, kelaikan jalan.

Agar bisa terhindar dari risiko kecelakaan lalu-lintas akibat tiga faktor utama dibatas, berikut tip sederhana yang bisa Anda praktikkan:

1. Istirahat dan mengemudi bergantian

Kondisi puasa dan kurang tidur, kerap membuat pengemudi menjadi hilang kontrol atas kendaraan dan tidak awas pada situasi jalan raya. Konsentrasi menurun adalah penyebab utama kecelakaan lalu lintas.

Beristirahatlah saat Anda lelah di area istirahat yang sudah disediakan. Khusus untuk perjalanan jauh, ada baiknya Anda tidak menyetir sendirian. Bergantianlah mengemudi dengan kerabat Anda.

2. Periksa kelaikan kendaraan

Mulai dari ban, ketersediaan ban cadangan, peralatan servis mandiri, aki, air, karburator, rem, seat belt dan lain sebagainya. Pastikan semua dalam keadaan baik.

3. Pilih jalur aman

Konstruksi jalan tidak rata, karena sebagian jalan belum diaspal, marka, penerangan dan rambu lalu lintas kurang dan jika ada sudah berdebu, adalah kendala-kendala jalan yang menjadi tantangan pengemudi. Jalan berlubang, misalnya, rawan membuat kendaraan oleng terutama bagi sepeda motor.

Cari informasi mana jalur mudik yang kondisi jalannya tidak rusak atau tidak terlalu rusak, dengan penerangan yang baik dan marka yang lengkap serta jelas terlihat.

Manfaat Asuransi Kecelakaan Lalu-lintas

Fajar, istri dan anaknya sempat dirawat di rumah sakit. Berbagai jenis tindakan medis hingga operasi harus dijalani dan memakan biaya tidak sedikit. Asuransi kecelakaan dari pemerintah, tidak memberi manfaat. Pasalnya, Fajar dianggap menjadi penyebab atas kecelakaan yang menimpanya. Dalam UU No 34/1964 jo PP no 18/1965 disebutkan bahwa pengemudi yang menjadi penyebab kecelakaan tidak dijamin.

Tapi untungnya, Fajar dan anggota keluarganya memiliki asuransi kecelakaan swasta. Walhasil, biaya pengobatan mereka ditanggung oleh asuransi.

Dalam ketentuan polis standar yang dikeluarkan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dalam Lampiran SK No. 08/AAUI/2007, disebutkan bahwa yang dijamin dari asuransi kecelakaan adalah risiko kematian, cacat tetap, biaya perawatan dan atau pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh suatu kecelakaan.  Asuransi ini juga menanggung risiko akibat keracunan karena menghirup gas atau uap beracun yang tidak disengaja, terjangkiti virus atau kuman penyakit, hingga mati lemas atau tenggelam (aaui.or.id, 22 Juni 2015).

Untuk nilai pertanggungan asuransi kecelakaan dari swasta, besarnya nilai pertanggungan tergantung pada nilai premi yang dibayarkan dan uang pertanggungan yang disepakati. Dalam hal ini, jumlah tersebut tercantum dalam ketentuan polis yang sudah disepakati antara tertanggung dan perusahaan asuransi.

Dari paparan di atas, terlihat bahwa hampir semua jenis kecelakaan, ditanggung oleh asuransi. Memang ada pengecualian, namun tidak sebanyak poin yang ditanggung. Bacalah dengan saksama semua poin klausul yabg ada supaya tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari. 

Baca lainnya
Ikuti PasarPolis :

Dapatkan Asuransi Terbaik dari PasarPolis.com

Jaminan Pasarpolis

Banyak Pilihan
Kemudahan Membandingkan
Aman dan Terpercaya
Harga Terbaik
Bantuan Online

Terima kasih!
PasarPolis akan segera mengirimkan penawaran asuransi terbaik untuk Anda